Cara Input Resi Lion Parcel Dari Seller Bukalapak


Per 1 November 2018, Lion Parcel resmi hadir di Bukalapak. Bagi para agen atau Pos (point of sales) Lion Parcel, masuknya Lion Parcel di Bukalapak berarti juga menambah rejeki. Hal ini tak lepas dari banyaknya seller Bukalapak yang tersebar di penjuru Indonesia.

Cara Input Resi Lion Parcel Dari Seller Bukalapak
Pengiriman Lion Parcel kini tersedia di Bukalapak.

Disisi lain, mungkin banyak para agen Lion Parcel yang masih bingung dengan cara menginput resi dari seller Bukalapak, terutama bagi agen yang baru bergabung. Ini dimungkinkan karena cara menginput data pengiriman paket Lion Parcel dari Bukalapak berbeda dengan paket yang bukan dari Bukalapak.

Jika agen salah menginput menggunakan aplikasi booking Lion Parcel untuk umum, maka ada kerugian yang ditanggung baik agen yang bersangkutan maupun pihak Lion Parcel sendiri.

Kerugian yang jelas di pihak agen, tidak mendapatkan fee dari paket tersebut dari Bukalapak. Sebaliknya jika agen melakukan booking diluar menu apps booking Lion Parcel, saldo yang sudah terpakai tidak dapat dikembalikan 100%.

Sedangkan bagi seller maupun customer/pembeli dari Bukalapak tidak bisa melakukan tracking atas paket tersebut. Wajar saja karena resi yang dikeluarkan sistem Lion Parcel tidak mengacu pada Kode Booking Bukalapak akibat kesalahan input resi. Sehingga paket tidak terdeteksi oleh sistem Bukalapak.

Lebih lanjut, jika resi tidak terdeteksi atau tidak valid, maka pencairan pembayaran kepada seller bisa dipending oleh Bukalapak. Bahkan terancam tidak terbayar jika sampai batas waktu tertentu tidak ada respon dari seller perihal resi yang tak terdeteksi tersebut.

Jika resi tidak terdeteksi, sistem Bukalapak akan menganggap resi yang diinput seller salah dan mengingatkan Seller agar memperbaiki dengan resi yang benar/valid. Jika ini diindahkan, seller akan dianggap tidak mengirimkan barang, dan transaksi akan dibatalkan serta uang dikembalikan ke pembeli.

Sedangkan kerugian dari pihak Lion Parcel, tidak bisa melakukan penagihan kepada pihak Bukalapak, karena resi tidak valid dalam sistem Bukalapak, meskipun paket tersebut terkirim.

Melihat rangkaian kerugian akibat kesalahan agen yang tidak menginput paket Bukalapak melalui menu aplikasi booking Lion Parcel, sudah semestinya agen Lion Parcel tidak melakukan kesalahan yang fatal tersebut.

Lalu bagaimana cara input paket Bukalapak melalui menu apps booking Lion Parcel yang benar ?

Cara Input Paket Bukalapak Di Apps Booking Lion Parcel 


Seperti biasanya, pertama-tama buka sistem booking Lion Parcel. Setelah berada di panel sistem Lion Parcel, klik menu Booking, maka akan muncul beberapa menu, yaitu New Booking, Manual STT Booking dan Apps Booking.

Gunakan menu Apps Booking untuk memproses paket yang berasal dari seller Bukalapak.

Penggunaan ketiga menu tersebut adalah sebagai berikut :
- New Booking untuk memproses paket via udara bagi pelanggan umum (bukan seller Bukalapak).
- Manual STT Booking untuk memproses paket ekonomis via darat.
- Apps Booking untuk memproses paket khusus bagi seller Bukalapak (dan bukan tak mungkin ke depan juga untuk seller di marketplace lain yang bekerjasama dengan Lion Parcel).

Baca Juga:

Setelah agen mengklik menu Apps Booking maka muncul tampil sebagai berikut, dimana agen harus memasukkan Kode Booking dari Bukalapak dikolom yang tersedia.

Masukkan Kode Booking / Order ID dari Bukalapak.

Setelah Kode Booking dari Bukalapak dimasukkan, lalu klik Submit. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Masukkan kota tujuan sesuai sistem Lion Parcel.

Muncul halaman yang telah berisi data paket, antara lain keterangan nama pengirim, alamat dan nomer telepon Seller Bukalapak. Juga nama pengirim, alamat dan nomer telepon customer/pembeli Bukalapak.

Namun ada kolom yang wajib diisi oleh agen. Yaitu kolom tujuan paket, diisi kota tujuan sesuai sistem Lion Parcel.

Berikutnya, seperti juga dalam booking paket untuk umum, agen juga harus memasukkan keterangan ukuran fisik paket, yang meliputi panjang, lebar dan tingginya, serta berat riil paket. Lalu klik Gross Weight.

Setelah data lengkap, maka klik tombol Hitung Total.

Disini ada perbedaan dengan booking paket untuk umum. Pada proses booking paket dari seller Bukalapak, tidak keluar angka ongkos kirim. Hal ini karena seller Bukalapak yang mengirim dengan pengiriman Lion Parcel tidak perlu membayar ongkos kirim ke agen.

Ongkos kirim yang dibayar pembeli "ditahan" sistem Bukalapak, dan nantinya akan dibayarkan langsung ke pihak Lion Parcel sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Lalu bagaimana dengan komisi untuk agen? Jangan bingung meskipun agen tidak menerima uang sebagai ongkir dari Seller Bukalapak, karena komisi untuk paket tersebut langsung masuk dalam deposit agen.

Untuk memastikannya, setelah booking paket Bukalapak tsb selesai, silakan cek di menu "FPR Report". Komisi agen langsung masuk. Ini berarti Lion Parcel nalangin dulu fee untuk agen karena khan ongkir dari Bukalapak baru diterima Lion Parcel sesudah paket terkirim.

Jika proses booking berjalan lancar maka akan muncul tampilan berikut. Untuk mencetak resi paket tersebut, tinggal klik print.

Untuk mencetak resi paket, klik menu print.

Dengan mengikuti cara-cara tersebut diatas, sekarang agen Lion Parcel tidak perlu was-was lagi saat menginput resi paket dari Seller Bukalapak. Untuk menggunakan menu apps Booking Lion Parcel, yang penting agen Lion Parcel harus memastikan bahkan paket tersebut berasal dari Seller Bukalapak.

Biasanya para seller di marketplace, termasuk di Bukalapak, mencantumkan label marketplace pada label alamat pengiriman. Untuk memastikan, agen bisa menanyakan ke pengirim.

Agen harus membedakan antara paket yang dikirim seller Bukalapak yang berasal dari pembeli Bukalapak dengan paket yang dikirim seller yang punya lapak di Bukalapak yang dibeli oleh pembeli umum (non Bukalapak). Yang terakhir ini, kalau pun dikirim lewat Lion Parcel adalah paket umum yang diinput dengan menu New Booking.

Yang jelas, paket dari seller dan buyer Bukalapak yang dikirim lewat Lion Parcel harus memiliki Kode Booking.

Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Lion Parcel

Thanks for reading Cara Input Resi Lion Parcel Dari Seller Bukalapak. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Input Resi Lion Parcel Dari Seller Bukalapak"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.