Peluang Usaha Menjadi Agen Pengiriman RPX, Ternyata Mudah Lo Persyaratannya


Booming bisnis online memang menggiurkan banyak pemain jasa logistik. Baik pemain lama maupun baru berlomba menyasar ceruk maraknya ecommerce di tanah air dengan berbagai tawaran menarik. Tak terkecuali bagi RPX Group.

Kue manis di pengiriman e-commerce membuat RPX Group tertarik untuk masuk dalam jasa pengiriman ekspres.

Peluang menjadi agen pengiriman RPX tanpa modal
(via https://www.instagram.com/rpx_id

Persyaratan Menjadi Agen Pengiriman RPX 


Selama ini RPX lebih dikenal sebagai pemegang lisensi FedEx sejak 1990-an yang lebih banyak bergerak dalam kerja sama antarperusahaan (B to B) yang menangani pasar ekspor dan impor.

Namun saat ini, RPX mulai mendiversifikasikan usahanya dan turut serta menjadi pemain logistik e-commerce. Meskipun belum banyak dikenal sebagai pemain e-commerce, namun RPX memiliki keandalannya dalam proses ekspor impor dan infrastruktur seluruh rangkaian pengiriman, hal ini menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan logistik lain.

Menurut Vice President RPX Express, Eko Marhendro Nugroho, kelebihan RPX dibandingkan dengan jasa pengiriman ekspres lain adalah keandalannya sebagai pemilik end to end logistics.

"Saya yakin tidak banyak yang bisa melakukan ini, mulai dari impor ekspor oleh kami yang melakukan, pergudangan bandara juga oleh kita sendiri, kemudian tracking system atau logistiknya, warehousing oleh kami, distribusinya ke daerah-daerah juga oleh kami yang melakukan," jelasnya.

Selain itu, adaptasinya dengan digitalisasi juga memudahkan pengguna bertransaksi dengan perusahaan yang awal mulanya menjadi pemegang lisensi FedEx di Indonesia tersebut.



Dilansir Bisnis.com, RPX Group menargetkan dapat membuka layanan sebanyak 30.000 gerai e-commerce dan one stop logistics (OSL) di seluruh Indonesia pada 2023. Sedangkan target untuk 2019 ini adalah 1.000 outlet di seluruh Indonesia.

Selain itu, RPX tengah mengembangkan moda transportasi laut guna melayani ekspor dan impor selain memperkuat transportasi udara yang sudah dimilikinya. RPX sudah memiliki jaringan 225 negara di seluruh dunia karena pengalamannya 34 tahun melayani ekspor dan impor bagi FedEx.

RPX Grup memperkenalkan layanan yang diberikan oleh perusahaannya sebagai one stop logistics (OSL) yang melayani kiriman paket last mile, middle mile, serta first mile.

Konsep One Stop Logistics menawarkan kemudahan bagi mereka pada sektor bisnis ataupun perseorangan melalui 8 layanan terintegrasi meliputi e-commerce, logistics warehouse, international express, freight forwarding, custom clearance, domestic express, warehouse transit, dan trucking.

Dengan meningkatnya permintaan untuk pengiriman dokumen dan paket di Indonesia, RPX memutuskan membentuk lebih banyak agen melalui program RPX Authorized Ship Center (Drop-Off Counter).

Dalam hal ini RPX memberikan kesempatan pada masyarakat untuk bergabung menjadi agennya dengan persyaratan yang mudah, yaitu tanpa biaya alias gratis. 

Kerjasama antara RPX dan mitra dalam bentuk counter drop-off, memungkinkan mitra untuk menjual layanan ekspress door to door domestik dan internasional. Agen RPX bisa memberikan layanan satu atap untuk proses bea cukai laut dan udara untuk pengiriman domestik dan internasional.

Dikutip dari situs resmi RPX, berikut ini persyaratan dan ketentuan menjadi agen konter RPX :

Persyaratan Agen RPX


Baca Juga:


- Memiliki badan hukum yaitu Persekutuan Komanditer (CV) atau Perseroan Terbatas (PT).
- Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan (Akte Pendirian Perusahaan) yang disahkan oleh Kementerian Kehakiman, beserta perubahannya (jika ada).
- Fotokopi Izin Usaha Perusahaan (SIUP).
- Fotokopi Pernyataan Nomor Registrasi Pajak (NPWP) Perusahaan.
- Gambar peta lokasi loket.
- Kirimkan surat yang menyatakan bahwa Perusahaan bukan pesaing atau dalam usaha patungan dengan pihak lain mana pun yang memiliki bisnis serupa dengan RPX.
- Setuju dengan syarat & ketentuan dan peraturan dengan menandatangani perjanjian operasional.
- Membayar biaya ASC.
- Membayar uang jaminan sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah).
- Memberikan standar ruang penghitung minimum 3 x 3 meter.
- Konter harus dilengkapi dengan meja konter, meja & kursi, AC (AC), saluran telepon & faks, komputer dengan akses internet, pita pengukur dan skala berat dengan kapasitas penskalaan minimum 15 (lima belas) kilogram.
- Menyediakan minimal 1 (satu) staf loket di konter dan dia telah lulus pada pelatihan Penerimaan Paket yang dilakukan oleh Departemen Pelatihan RPX.
- Bertanggung jawab untuk memasang kotak neon RPX Domestik & FedEx dan membayar pajak iklan kepada otoritas lokalnya.
- Lokasi loket harus lulus survei dan disetujui oleh tim RPX ASC.

Keuntungan Menjadi Agen RPG 


Agen RPX mendapatkan :
- Pelatihan disertifikasi oleh Departemen Pelatihan RPX.
- Bahan persediaan dan promo gratis seperti kemasan (amplop & kotak), air waybill (AWB), kotak neon, spanduk, brosur, daftar harga, rambu pintu (buka / tutup), poster, ambil satu kotak, seragam untuk staf loket, dll.
- Lokasi loket akan terdaftar di situs web RPX (www.rpxholding.com) sebagai bagian dari jaringan Grup RPX.
- Status pengiriman dapat dilacak melalui sistem pelacakan di situs RPX (www.rpxholding.com) untuk pengiriman domestik dan situs web FedEx (www.fedex.com \ id) untuk pengiriman internasional.
- Mendapatan diskon penjualan dari daftar harga untuk menjual Prioritas Internasional, Paket MidDay, Paket Sameday, dan layanan Paket NextDay.
- Mendapatkan komisi penjualan dari total biaya pengiriman untuk menjual Paket Handcarry, Chartered Cargo, dan Consol Cargo service.
- Mendapatkan biaya penanganan untuk pengiriman drop-off menggunakan nomor akun pelanggan sendiri atau tagihan penerima atau tagihan jenis pengiriman pihak ketiga (ketiga).


Persyaratan Outlet RPX


Untuk syarat buka outlet RPX sebagai berikut :
- Luas rumah/ruko minimal 2 m
- Akses lokasi minimal roda 2.
- Memiliki akses internet minimal HP 
- Memiliki timbangan dan meteran 
- Memiliki saldo RPX MyCash pada aplikasi RPX Mobile sejumlah Rp150.000

Sesuai dengan informasi yang admin Bisnis Kurir dapatkan, untuk membuka outlet RPX tidak ada biaya alias gratis. Namun mitra wajib memiliki saldo RPX MyCash (semacam e-wallet) 150 ribu pada aplikasi RPX Mobile. Nantinya saldo tersebut dapat digunakan untuk transaksi.

Untuk saat ini pembukaan outlet RPX masih terbatas untuk wilayah kota Bandung saja, namun ke depannya akan terbuka untuk seluruh Indonesia. Sedangkan kesempatan untuk pembukaan agen, RPX memiliki daftar sejumlah kota besar yang ditargetkan menjadi agen resmi RPX, seperti Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Manado dan lain-lain.

Perbedaan antara agen dan outlet di RPX sepertinya untuk membedakan mitra berbadan hukum untuk agen, dan mitra perorangan untuk outlet. Dari segi persyaratan, jelas untuk agen dituntut memiliki persyaratan administrasi yang lebih lengkap.

Untuk calon mitra yang tertarik bergabung menjadi agen maupun outlet RPX, dapat menghubungi pihak RPX mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui saluran berikut :

Info kemitraan RPX :
Telepon : (021)-75911800
Whatsapp (Chat only) 08111500779
Email : customerservice@rpxholding.com



Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Peluang Usaha, RPX

Thanks for reading Peluang Usaha Menjadi Agen Pengiriman RPX, Ternyata Mudah Lo Persyaratannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Peluang Usaha Menjadi Agen Pengiriman RPX, Ternyata Mudah Lo Persyaratannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.