Begini Cara Kirim Jenazah Menggunakan Pesawat Udara


Mungkin masih banyak yang belum tahu, bukan hanya paket, jenazah juga bisa dikirim lewat pesawat udara. Para pengguna jasa seperti rumah sakit maupun masyarakat umum bisa mengirimkan jenazah pasien dan keluarganya menggunakan layanan cargo pesawat.

Pengiriman jenazah lewat pesawat (via Detik.com)

Di Indonesia pengiriman jenazah melalui pesawat memang masih terbatas, tapi di luar negeri hal ini sudah lumrah. Menurut data, setiap tahun tak kurang dari sekitar 50.000 jenazah dibawa oleh pesawat terbang. Bandara Amsterdam Schiphol saja memproses sekitar 2.000 jenazah setahun, bahkan memiliki kamar mayat sendiri.

Transportasi udara dipilih oleh sejumlah keluarga yang berduka atau beberapa lembaga untuk membawa jenazah manusia dari satu tempat ke lokasi lain karena faktor kecepatannya.

Cara Kirim Jenazah Lewat Pesawat


Di Indonesia, pengiriman jenazah dengan pesawat sering dikeluhkan pengguna terkait mahalnya tarif yang dipatok pihak agen atau penyedia jasa yang mencapai puluhan hingga ratusan juta. Hal ini biasanya terjadi karena melalui pihak lain alias calo. Padahal jika langsung melalui agen jasa resmi tarifnya bisa jauh lebih murah.

Proses pengurusan pengiriman jenazah memang berbeda dengan pengiriman paket barang. Karena ada sejumlah persyaratan penanganan dan termasuk dokumen pelengkap.

Karena itu banyak warga masyarakat yang tidak tahu dan tengah berduka mudah mempercayai orang yang bertindak sebagai calo. Apalagi tidak semua kota di Indonesia memiliki bandara, sehingga ini menjadi faktor kesulitan lain dalam mengirim jenazah lewat udara. Padahal pengiriman ini sangat urgen dan pastinya membutuhkan layanan penerbangan yang segera mungkin.

Berikut info cara kirim jenazah melalui pesawat udara.

Kirim Jenazah Lewat Garuda Indonesia


Tidak hanya mengirim barang regular saja, dengan menggunakan jasa Garuda Indonesia Cargo, pengguna jasa seperti rumah sakit maupun masyarakat juga bisa mengirimkan jenazah pasien dan keluarganya.

Garuda Indonesia Cargo memiliki tiga kategori pengiriman sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim, yaitu General Cargo untuk segala jenis barang berupa alat rumah tangga, sparepart, peralatan teknik dan lain sebagainya. 

Kedua, kategori Perishable Cargo untuk paket berupa makanan, bahan makanan, buah-buahan, sayur-sayuran termasuk hewan peliharaan maupun hewan untuk konsumsi seperti seafood. Untuk hewan konsumsi maupun hewan peliharaan ada syarat dan ketentuan, diantaranya dilengkapi surat karantina dari instansi terkait untuk memastikan hewan yang dikirim tidak mengandung virus.

Ketiga, kategori Human Remains bagi pihak rumah sakit maupun orang yang ingin mengirimkan jenazah dengan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Dengan menggunakan Garuda Indonesia Cargo kategori Human Remains, pengguna jasa bisa mengirim jenazah ke berbagai daerah, domestik maupun internasional dengan pesawat Garuda Indonesia.

Berikut beberapa syarat untuk mengirimkan jenazah menggunakan layanan dari Garuda Indonesia Cargo:

1. Surat keterangan kematian dari pihak kepolisian.
2. Surat keterangan jenazah yang diformalin dari rumah sakit atau rumah duka (harus ada keterangan kematian).
3. Fotokopi kartu identitas berupa KTP milik jenazah dan juga milik escorter atau pendamping.
4. Surat dari badan karantina kesehatan.
5. Menggunakan peti jenazah standar dari rumah sakit.

Biaya Pengiriman Jenazah Lewat Garuda

Garuda Indonesia menetapkan biaya pengiriman jenazah baik untuk tujuan domestik maupun internasional adalah 200% dari ongkos kirim normal. Untuk mengetahui harga pengiriman kargo terbaru, Anda dapat menghubungi Contact Center Garuda Indonesia Cargo di 0804 1 909090 dan 021-23519090 serta menghubungi Cargo Service Center (CSC).

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai prosedur pengiriman jenazah, baik yang utuh, kerangka jenazah atau abu, Anda dapat membuka link berikut:


Pengiriman Jenazah Melalui Bandara Soekarno-Hatta


Baca Juga:


Di Indonesia baru Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki fasilitas khusus menangani pengiriman jenazah. Sejak April 2016 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) membuka layanan satu atap untuk pengiriman atau penerimaan jenazah melalui pesawat udara.

Layanan ini dikenal dengan Human Remain Services, letaknya berada di terminal kargo, Bandara Soekarno-Hatta. Fasilitas ini bertujuan mempermudah masyarakat yang ingin sesegera mungkin memakamkan sanak keluarga di kampung halaman.

Cara mengirim jenazah melalui Bandara Soekarno-Hatta :

- Datang ke Human Remains Service Bandara Soekarno-Hatta
- Mengisi dokumen seperti surat kematian dan surat embalming (formalin) dari rumah sakit.
- Selanjutnya jenazah akan diproses sampai masuk pesawat.
- Pengantar tinggal membeli tiket pesawat untuk dirinya sendiri di maskapai.

Dalam operasionalnya, AP II bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengurusi pengurusan jenazah mulai dari ambulans, ruang tunggu sampai pengurusan dokumen.

Pihak mitra memberikan pelayanan bagi pengguna jasa mulai dari penyediaan ambulance, ruang tunggu, packaging dan ruang persemayaman sementara (Coffin Room) yang memungkinkan keluarga pengantar dan penjemput bisa melakukan doa atau acara seremonial pelepasan atau penjemputan jenasah.

Selain itu juga disiapkan packaging cargo untuk peti jenasah yang cukup tinggi standar pelayanannya, termasuk ruang persemayaman sementara kalau-kalau ada keluarga yang ingin menunggu atau mendoakan jenazah. Mitra juga bisa membantu pengurusan dokumen-dokumen dan cek jadwal penerbangan.

Biaya pengiriman jenazah lewat bandara ini terdiri dua hal, yaitu biaya pengurusan jenazah dan biaya pengiriman jenazah. 

Biaya penanganan jenazah meliputi biaya jasa gudang, bongkar muat, biaya pengantar jenazah, ruang persemayaman sementara, pengurusan dokumen sampai packaging. Dilansir dari Detik.com, biaya yang dikenakan untuk penanganan satu jenazah di angka Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta. Ini angka tahun 2016 lalu, saat ini tentu akan akan penyesuaian. 

Biaya tersebut berlaku untuk keberangkatan dari dalam negeri atau kedatangan. Sedangkan untuk biaya pengurusan jenazah dari dan ke luar negeri, ada tambahan sekitar Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. Ini karena ada biaya untuk custom Bea Cukai dan Imigrasi.

Sedangkan ongkos pengiriman jenazah sangat tergantung tujuan penerbangan yang dibagi dalam beberapa zona. Zona 1 meliputi Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Surabaya. Zona 2 adalah Sumatera meliputi Jambi, Tanjung Karang, Tanjung Pinang sampai Palembang. Sedangkan Zona 3 meliputi Pontianak, Pekanbaru, Batam.

Untuk memudahkan penghitungan, pihak AP II dan Human Remain Services sudah menerapkan tarif paket, yang mencakup biaya penanganan dan biaya pengiriman. Misalnya untuk pengiriman ke Zona 1 biayanya adalah Rp 6 juta standar tahun 2016, saat ini tentu sudah ada penyesuaian.

Pengiriman Jenazah Melalui Agen


Cara lain mengirim jenazah adalah melalui agen atau yayasan rumah duka yang berkoordinasi dengan human remain service. Beberapa agen pengiriman jenazah diantaranya adalah :

1. Trans Mulia Utama

Layanan jasa pengiriman jenazah ini berkantor di Perumahan Duta Kranji Jln.Cendrawasih 1A Blok B No.41L Bekasi, Jawa Barat. Antara lain melayani pengiriman jenazah dalam dan luar negeri, jasa formalin, persewaan ambulance jenazah.

Untuk menggunakan jasanya, Anda bisa menghubungi via telepon di (021) 8945-2802, via ponsel 087889027000, 082111730011. Atau mendapatkan informasi melalui websitenya :  http://ekspedisijenazah.com.

2. CV. Ambulance Daya & Cargo Jenazah

CV. Ambulance Daya & Cargo Jenazah berdiri sejak tahun 1992 dan berlokasi di Makasar, Sulawesi Selatan. Perusahaan ini tidak hanya melayani pengiriman jenazah melalui udara, tapi juga lewat laut dan darat.

Dikutip dari websitenya, www.ambulancedaya.com, fasilitas yang dimiliki antara lain show room peti jenazah standar, ukiran jepara dan peti import, perlengkapan jenazah muslim dan non muslim, tempat khusus pemulasan jenazah, serta menyediakan jas, selayor, papan nisan, dan suntik formalin.

Untuk menggunakan jasanya, silakan menghubungi  di Telepon (0411) 510888 atau HP 081 343592129, 085234560177.

Kirim Jenazah Lewat Lion Parcel


Selain Garuda Indonesia, maskapai dalam negeri yang melayani pengiriman jenazah dan abu jenazah adalah Lion Air melalui Lion Parcel. Bisa jadi inilah satu-satunya jasa pengiriman paket yang juga menerima kiriman jenazah.

Namun layanan pengiriman jenazah melalui Lion Parcel ini hanya untuk servis Port To Port, yaitu pengiriman dari bandara ke bandara

Demikian informasi berbagai cara mengirimkan jenazah melalui udara dengan pesawat terbang, semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkannya.
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Jasa Pengiriman

Thanks for reading Begini Cara Kirim Jenazah Menggunakan Pesawat Udara. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Kirim Jenazah Menggunakan Pesawat Udara"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.