Alasan Logis Mengapa Generasi Milenial Harus Investasi Saham


Pentingnya Investasi Saham Untuk Generasi Milenial 


Alasan mengapa generasi milenial harus investasi saham.
Generasi milenial harus menyiapkan masa depannya sedini mungkin.
Salah satunya dengan investasi saham (via Aturportomu.com)

Tahun 2018 banyak beredar berita yang menyatakan bahwa mayoritas generasi milenial tidak bisa membeli rumah. Silahkan kamu cek sendiri beritanya, banyak kok. Lalu apa sebabnya? Apakah karena harga rumah terlalu besar? Ataukah pendapatan generasi milenial yang kecil? Atau ada sebab lain?

Dalam pandangan saya, yang utama adalah karena generasi milenial tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Coba kita lihat seberapa pesat tempat nongkrong menjamur di berbagai sudut kota, seberapa tinggi peningkatan belanja online, seberapa tinggi peningkatan keramaian di tempat wisata bahkan makin banyak bermunculan tempat wisata baru. 

Hal ini setidaknya menunjukkan bahwa ada banyak pos pengeluaran yang memicu generasi milenial untuk menerapkan gaya hidup “nikmati saat ini”.

Dengan kondisi demikian, otomatis tidak akan ada pos pengeluaran untuk masa depan. Tak hanya rumah sebenarnya, katakanlah kebutuhan dana pensiun, dana untuk pendidikan anak, dana untuk kesehatan keluarga, mungkin akan dipikirkan nanti-nanti saja. 

Padahal resiko seseorang tidak dapat lagi bekerja atau mendapatkan pemasukan bisa kapan saja datang. Di sisi lain biaya kebutuhan hidup setiap tahun cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Jika tidak disiapkan sekarang, lalu kapan lagi?

Oleh karena itu generasi milenial, di masa yang masih sangat produktif, harus bisa mengelola keuangannya dengan baik agar tidak hidup susah di kemudian hari. Dan salah satu caranya adalah dengan investasi.

Investasi pada saat ini bukan perkara modal besar atau untuk kalangan atas saja kok, kamu juga bisa dengan modal yang ada saat ini. Banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari deposito, emas, reksadana, P2P lending, hingga saham.

Saham sebagai salah satu cara investasi


Beberapa dari kamu pasti masih awam dengan yang namanya saham, padahal investasi saham bisa menjadi salah satu cara untuk kamu mendapatkan tujuan keuangan yang diinginkan. Tenang saja, investasi saham saat ini tidak hanya identik dengan kalangan orang bermodal besar. Maka dari itu, mari kita mengenal saham lebih dekat agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Apa itu investasi saham?
Secara umum saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Kalau kamu masih belum paham, saya contohkan:

Temanmu Jono mau bikin perusahaan, butuh modal 800 juta dan dia menawarkan ke kamu untuk menjadi salah satu pemodalnya. Kamu setuju dan memberikan modal 200 juta. 

Kamu dapat sertifikat yang menunjukkan bukti kepemilikan. Dan katakanlah ada orang lain yang juga jadi pemodalnya. Sehingga komposisinya jadi begini:

Pemilik modal
Jumlah modal
Prosentase modal
Jono (Pendiri Perusahaan)
400.000.000
50%
Kamu
200.000.000
25%
Temannya Jono 2
100.000.000
12,5%
Temannya Jono 3
100.000.000
12,5%

Nah, ketika nanti perusahaan Jono mendapatkan keuntungan, maka akan ada pembagian hasil usaha kepada para pemilik modal. Semisal, keuntungan di tahun pertama yang akan dibagi sebesar 10 juta. Maka kamu akan mendapatkan bagi hasil sebesar 25% x 10 juta = 2.500.000.

Ilustrasi singkatnya begitu.

Nah, saat ini sudah ada lebih dari 600 perusahaan yang sahamnya bisa dibeli di Bursa Efek Indonesia. Jadi kamu bisa menjadi salah satu pemilik modal di perusahaan tsb dan bisa mendapatkan keuntungan.

Lalu apa menariknya investasi saham?

Dari segi keuntungan, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan 2 model. 

Yang pertama adalah kamu bisa mendapatkan dividen atau bagi hasil, seperti yang saya sampaikan dicontoh tadi. Yang kedua kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menjual saham yang kamu miliki. 

Untuk keuntungan dividen kamu pasti sudah paham kan ya. Nah selanjutnya tentang menjual saham atau yang biasa dikenal dengan capital gain.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan capital gain karena saham bisa diperjual belikan melalui perantara BEI. Kenapa orang lain mau membeli saham yang kita miliki? Karena mereka juga ingin mendapatkan dividen dari perusahaan tsb dan mereka juga yakin bahwa dalam beberapa waktu kedepan harga saham itu akan naik.

Berapakah potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari saham? Apa menariknya saham daripada instrumen investasi lain? Berikut ini akan saya bandingkan.

Aspek yang saya tampilkan disini adalah keuntungan dan modal. Saya tidak ingin membandingkan banyak aspek karena keterbatasan waktu untuk mencari.


Baca Juga:



Instrumen
Keuntungan
Modal
Emas
Harga emas 1gr pada 1 januari 2018 adalah Rp. 635.000 dan pada 27 desember 2018 adalah Rp. 667.000. Kenaikan dalam 1 tahun adalah 5%.
Dan kenaikan tertinggi di tahun 2018 adalah di harga Rp. 686.000 (8%).
Minimal 1 gram yaitu Rp. 635.000 (januari 2018).
Deposito
Bunga deposito jangka waktu 1 tahun di BRI adalah 5,5%.
Penempatan awal minimal Rp. 10.000.000. Jika melalui internet banking minimal Rp. 5.000.000.
Reksadana
Simas Syariah Unggulan mencetak 34,09% dalam 1 tahun. (data list reksadana di indopremier)
Pembelian awal minimum adalah Rp. 100.000 (tidak terikat waktu pembelian).
Saham
Saham INKP pada Januari 2018 adalah Rp. 4.850 dan pada Desember 2018 adalah Rp. 11.550. Maka kenaikan dalam 1 tahun adalah 138%.
Kenaikan tertinggi pada bulan Juni adalah Rp. 20.253 (318%).
Untuk 1 lot saham INKP pada Januari 2018 adalah Rp. 485.000.



























Ok, kita bisa membuat peringkat tingkat keuntungan :
1.Saham 138%, bahkan sempat menyentuh 318%!
2.Reksadana 34,09%
3.Emas 5%, dan sempat menyentuh 8%
4.Deposito 5,5%

Dengan sama-sama punya jangka waktu 1 tahun, terlihat bahwa keuntungan di investasi saham lebih besar daripada yang lain. Dan, kamu bisa memulainya dengan modal yang kecil, tergantung kamu mau membeli saham dengan harga berapa.

Bukan hal yang mustahil bukan jika dengan investasi saham, yang kamu mulai sekarang, akan bisa mewujudkan harapan kamu untuk beli rumah ataupun untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang lainnya.

Mudahnya Berinvestasi Saham


Selain dari segi keuntungan yang lebih besar daripada instrumen investasi lain, investasi saham juga tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang kok. Coba kita lihat bagaimana mudahnya berinvestasi saham.

1.Kamu bisa mendaftar secara online
Ya, kamu tidak perlu pergi ke kantor sekuritas untuk membuka rekening saham, kamu cukup membuka smartphone dan mendownload aplikasi lalu mengisi formulir. Setelah itu beberapa sekuritas melakukan verifikasi identitas melalui video call, namun ada juga yang mengharuskan nasabahnya untuk mengirim berkas-berkas yang dibutuhkan.

2.Bisa memantau pergerakan pasar realtime
Ketika kamu ingin membeli saham tertentu, kamu bisa melihatnya di aplikasi: berapa harga sekarang, bagaimana kinerja perusahaan, apa saja berita terkait perusahaan itu, dsb. Dengan begitu kamu bisa memutuskan beli saham maupun menjual saham dengan pertimbangan yang tepat.

3.Mudah dalam jual dan beli
Dengan berkembangnya teknologi, kamu bisa membeli saham hanya dengan menggunakan aplikasi. Bukti penyertaan modal akan kamu terima melalui email, tidak perlu sertifikat yang dikirim ke rumah. Begitupun dengan menjualnya, cukup pencet sana pencet sini kamu sudah bisa menjual saham.
Kamu tidak perlu beranjak dari tempat dudukmu dan kamu sudah bisa melakukan beli dan jual saham dengan mudah.

4.Banyak pilihan saham
Kamu bisa menyesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Ada lebih dari 600 emiten saham yang bisa kamu beli. Jika modalmu terbatas maka bisa membeli saham yang harganya terjangkau. Tapi tetap harus melihat juga kualitas perusahaannya. Dan kamu tidak perlu pergi ke perusahaan itu untuk menilainya, cukup melihatnya di aplikasi atau website.

5.Dapat diwariskan dengan mudah
Saham dapat diwariskan lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan meninggalkan warisan apa untuk keluarga. Tidak berwujud tapi mempunyai nilai yang besar. Kamu tinggal hubungi pihak sekuritas untuk mencatatkan nama anggota keluarga sebagai pihak waris.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah mulai tertarik investasi saham?

Nggak susah kan? Belum terlambat kok untuk kamu memulainya. Semakin cepat kamu memulai, semakin besar juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berinvestasi saham. Ayo wujudkan tujuan keuangan kamu dengan berinvestasi saham.

Kalau kamu mau mempelajari lebih dalam tentang investasi saham, silahkan kamu berkunjung ke www.aturportomu.com. Kamu akan mendapatkan wawasan seputar investasi saham yang disusun secara terpadu sehingga memberikan pemahaman yang menyeluruh. 

Di Aturportomu juga ada lho panduan untuk memilih saham yang potensial untuk kamu, bahkan hanya dengan teknik sederhana bisa mendapatkan return 11% dalam waktu tidak sampai 1 bulan. Ayo milenial mulailah berinvestasi saham, dan rasakan manfaatnya!

(Pram DM, Graphic Desainer, trader, mengelola blog Aturportomu.com)
Loading...

Labels: Bisnis Keuangan, Saham

Thanks for reading Alasan Logis Mengapa Generasi Milenial Harus Investasi Saham . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Alasan Logis Mengapa Generasi Milenial Harus Investasi Saham "

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.