Mengenal Layanan Grab Terbaru : GrabExpress Car Dan Grab Nalangin


GrabExpress - Selain dikenal sebagai penyedia transportasi online, Grab juga merambah ke ranah kurir, pemesanan makanan, hingga financial technology (fintech). Aplikasi Grab head to head dengan Go-Jek dalam memenangkan persaingan sebagai penyedia transportasi online nomor satu di Indonesia.

Mengenal GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin
Peluncuran fitur baru GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin
(via CnnIndonesia.com)

Per 1 Desember 2018, aplikasi Grab sudah diunduh sebanyak lebih dari 2,4 juta kali di Play Store. Angka ini lebih besar dari pencapaian Go-Jek yang berada di angka 1,87 juta kali unduhan.

Tak heran pihak Grab mengklaim sebagai aplikasi konsumen nomor satu di Asia Tenggara, sebagaimana dilansir dari CnnIndonesi.com (30/11/2018). Menurut Grab, satu di satu dari empat ponsel pintar di negara tempatnya beroperasi terpasang aplikasi Grab.

Grab juga menjadi satu-satunya perusahaan start-up yang memiliki enam sertifikasi fintech di sejumlah negara tempatnya beroperasi di Asia Tenggara.

Pada Agustus 2018 Grab kembali mendapat suntikan dana dari 5 investor global sebesar US$2 miliar (sekitar Rp29 triliun), sehingga valuasi Grab saat ini diperkirakan mencapai lebih dari US$11 miliar.

Dana segar tersebut akan dialokasikan untuk menggenjot layanan Grab Food dan GrabExpress di kota-kota baru di Indonesia, termasuk untuk peningkatan teknologi. (sumber)

Grab Food merupakan layanan pesan-antar makanan, sedangkan GrabExpress adalah layanan kurir ekspres dalam kota berbasis aplikasi. Grab Express memungkinkan seseorang mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain dan diterima di hari yang sama.

Pihak Grab merasa perlu ekspansi untuk mendongkrak performa kedua layanan tersebut. Pasalnya, meski layanan transportasi Grab sudah hadir di 135 kota di Indonesia, untuk Grab Food dan Grab Express baru hadir di 28 kota.

Pihak Grab bertekad melakukan ekspansi untuk kedua layanan tersebut, dengan target Grab bisa menjadi aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Untuk mengakomodasi tujuan tersebut, GrabExpress meluncurkan dua fitur anyar, GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin. Memiliki sejumlah kelebihan sebagai daya tariknya, fitur baru ini ditujukan untuk mendukung para wirausahawan mikro dalam menjalankan bisnisnya. Seperti apa wujudnya?



GrabExpress Car


Sebelumnya GrabExpress yang merupakan layanan kurir logistik berbasis aplikasi itu hanya menggunakan motor oleh mitra Grab Bike untuk pengantaran barang. 

Kendalanya, untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak atau berukuran besar, tidak memungkinkan dibawa dengan motor.

Sekarang dengan fitur GrabExpress Car, pengguna bisa memilih opsi pengiriman menggunakan mobil oleh mitra Grab Car yang memungkinkan pengiriman barang dalam ukuran besar atau berat. Dengan mobil dipastikan   pengiriman lebih aman, baik untuk barangnya maupun pengemudinya.

Bagi pengguna GrabExpress yang merupakan pelaku UMKM, fitur ini tentu saja memudahkan untuk mengirim pesanan barang ke rumah pelanggan.


Berikut keuntungan menggunakan layanan GrabExpress Car :

- Kapasitas angkut lebih besar
Layanan ini mampu mengirimkan barang lebih banyak dengan kapasitas besar hingga 150 kilogram dalam sekali pemesanan. Pihak Grab akan memberdayakan mobil six seater untuk layanan ini setiap harinya.

- Kirim ke banyak tujuan
Dengan fitur multi stop, memungkinkan pengguna dapat mengirimkan lebih banyak barang hingga ke lima tempat berbeda dalam satu kali pemesanan.

Baca Juga:


- Pengiriman instan
Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan pada hari yang sama dengan ketersediaan armada GrabCar yang memadai.

- Jaminan keamanan
Kirim barang dengan GrabExpress Car lebih aman dan tidak bikin pengirim was-was karena adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.

Pengiriman dengan GrabExpress dijamin dengan asuransi, baik asuransi barangnya maupun asuransi bagi mitra mereka. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan.

Saat mitra Grab mengambil barang ia akan mengambil foto barang, begitu juga setelah sampai di tempat tujuan, mitra akan mengambil foto sebagai bukti bahwa paket sudah diterima. Bukti tersebut secara otomatis terkirim ke email orang yang memesan GrabExpress.

Adanya fitur Live delivery tracking Fitur baru dalam layanan ini memungkinkan pengirim memantau pergerakan kendaraan yang mengangkut barang secara real time. Jadi pengirim bisa memantau sudah sampai mana barang kirimannya dibawa.

- Tarif lebih hemat
Tarif antarbarang GrabExpress Car mulai dari Rp 16 ribu untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta ada potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru. Tarif ini terbilang hemat karena dihitung berdasarkan jarak, bukan berat barang.

GrabExpress Nalangin


GrabExpress Nalangin adalah layanan pembelian secara Cash on Delivery (COD) dengan armada motor. Fitur ini memungkinkan pengguna yang dalam hal ini para wirausahawan mikro untuk mengirimkan produk ke pembeli, di mana biaya pembelian produk dapat ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi.

Inovasi layanan GrabExpress Nalangin lahir berdasarkan fakta bahwa banyak orang Indonesia yang terbiasa belanja online lebih memilih pembayaran Cash On Delivery (COD) daripada membayar melalui kartu kredit maupun transfer bank.

GrabExpress Nalangin hadir sebagai solusi Grab kepada merchant yang konsumennya kesulitan dalam melakukan pembayaran kartu kredit atau ATM. 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang GrabExpress Nalangin di tahap uji coba :
- Layanan GrabExpress Nalangin ini hanya untuk merchant. Di tahap awal, layanan ini baru tersedia bagi pelanggan area Jakarta.
- GrabExpress Nalangin ditujukan bagi merchant yang aktif melakukan pengiriman dalam tiga bulan terakhir.
- Jumlah nominal yang bisa ditalangi maksimal sebesar Rp 200 ribu.
- Jarak pengiriman produk ke lokasi tujuan maksimum radius 30 kilometer di wilayah Jakarta.
- Untuk menjadi merchant GrabExpress Nalangin, wirausahawan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran lewat email ke grabexpress.admin.id@grabtaxi.com.


Berikut cara menggunakan layanan GrabExpress Nalangin yang berbasis COD ini :

  1. Pengguna bisa membuka aplikasi Grab dan memilih menu 'Pengantaran'.
  2. Pastikan informasi tentang pengirim dan penerima yakni alamat pengambilan, nama dan nomor telepon dan pengiriman tepat dan sesuai.
  3. Pengguna dapat langsung mengakses daftar kontak dalam aplikasi Grab. Grab telah memastikan bahwa pembagian akses kontak ini aman dan terjamin kerahasiaannya.
  4. Setelah itu, lengkapi alamat, nama dan nomor telepon penerima pengiriman atau geser pin sesuai dengan alamat. Pilih jenis layanan "GrabExpress Nalangin".
  5. Pilih "Pilihan" dan masukan besaran pembayaran dan tekan "Konfirmasi dan Pesan" untuk memesan. Aplikasi kemudian akan melakukan pencarian pengemudi.
  6. Setelah pesanan diterima, informasi dan detail pengemudi akan muncul. Pelanggan dapat memantau lokasi pengemudi secara langsung.
  7. Pengemudi akan mengambil pesanan di alamat pengambilan dan membayarkan jumlah yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Pengemudi kemudian akan mengantarkan barang ke alamat tujuan.
  8. Pembeli akan menerima produk dan membayarkan biaya pembelian produk dan biaya pengiriman secara tunai kepada mitra pengemudi.

Baik GrabExpress Car maupun GrabExpress Nalangin baru tersedia di wilayah Jabodetabek. Namun bukan tidak mungkin secara bertahap layanan ini dikembangkan secara nasional jika respon dari pengguna sangat baik.

Grab menghadirkan dua inovasi baru GrabExpress tersebut untuk memberikan fleksibilitas layanan pengiriman barang yang semakin mudah, cepat, dan nyaman sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Untuk paket kecil, pengguna bisa menggunakan GrabExpress Nalangin, sedangkan untuk kiriman barang banyak dan besar, GrabExpress Car bisa menjadi pilihan. 

Grab mengklaim fitur baru Grab Express akan memberikan produktivitas tinggi bagi UMKM karena bisa meningkatkan dan mengoptimalkan penghasilan.

Disisi lain layanan baru GrabExpress ini juga bisa menambah penghasilan bagi mitra pengemudi Grab, baik driver Grab Car untuk layanan GrabExpress Car maupun mitra pengendara Grab Bike untuk layanan GrabExpress Nalangin. Sebuah win-win solution yang cerdas pastinya.
Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Kurir Aplikasi

Thanks for reading Mengenal Layanan Grab Terbaru : GrabExpress Car Dan Grab Nalangin. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Layanan Grab Terbaru : GrabExpress Car Dan Grab Nalangin"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.