Mengenal Lalamove, Start Up Jasa Logistik On-Demand


Apa Itu Lalamove ?

Lalamove adalah sebuah perusahaan logistik sesuai permintaan (on-demand) yang berdiri sejak 2013 dan berkantor pusat di Hongkong, mulai beroperasi di Jadetabek sejak sekitar bulan Mei 2018.

Mengenal Lalamove, Start Up Jasa Logistik On-Demand
Layanan kurir mobil on-demand Lalamove (via Antaranews.com)

Mereka dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan pengiriman on-demand yang menjadi jembatan penting bagi usaha kecil hingga menengah utamanya industri makanan dan minuman, pakaian dan elektronik.

Pendiri Lalamove, Sing Chow, yang terinspirasi oleh Uber, berusaha menghadirkan layanan yang memungkinkan pemilik UKM untuk memesan van atau truk untuk mengantar barang ke para pembeli (last mile).

Lalamove telah hadir di seratus kota, yang mayoritas berada di Cina, dengan nama Huolala. Selain itu, mereka juga telah beroperasi di Singapura, Bangkok, Manila, Taipei, dan Indonesia. Lalamove mempunyai lebih dari dua juta mitra pengemudi, dan lima belas juta pengguna terdaftar.

Lalamove memanfaatkan kemampuan web dan teknologi mobile web guna menyediakan layanan pengiriman pada hari yang sama bagi UKM yang membutuhkan layanan pengiriman on-demand secara cepat.

Klien utama Lalamove Indonesia  saat ini adalah pebisnis e-commerce dengan lebih dari 15.000 pengguna. Hingga September 2018, tren kebutuhan pengiriman on demand makin meningkat di Jakarta dan selalu diimbangi perseroan untuk melakukan perekrutan ribuan pengemudi.

Di Indonesia, Lalamove pun akan bersaing dengan layanan logistik sejenis yang sudah dulu eksis seperti GO-BOX, Deliveree, NinjaXpress, hingga Etobee.


Cara Kirim Barang Dengan Lalamove


Untuk menggunakan layanan Lalamove, pertama-tama pengguna harus mengunduh aplikasi Lalamove dari Google Playstore dan App Store.

Setelah aplikasi terinstal di ponsel, pengguna membuat akun Lalamove. Disini yang diperlukan data seperti nama pengguna, nomor ponsel yang aktif dan email.



Untuk mengirimkan barang, pengguna memilih jenis kendaraan untuk melakukan pengiriman barang dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga armada yang bisa dipilih, yaitu sepeda motor, minibus/SUV (seperti Avanza), dan mobil van.

Baca Juga:


Jenis barang yang bisa dikirim lewat Lalamove mulai dari dokumen hingga perabotan yang besar atau barang-barang komersial.




Setelah menentukan jenis armada yang digunakan, pengguna menentukan lokasi penjemputan barang dan tujuan pengiriman.

Jika tujuan pengiriman barang lebih satu tempat, tinggal menambahkan pemberhentian ekstra. Untuk saat ini Lalamove dapat mengirim kemanapun di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.



Berdasarkan jarak pengiriman tersebut, akan muncul biaya kirim sebelum pengguna melakukan konfirmasi pengiriman. Pengguna bisa segera melakukan pemesanan segera atau jadwalkan pesanan.

Setelah driver Movelala datang mengambil barang, pengguna bisa melacak pengiriman secara real time. Lalamove beroperasi selama 24/7, sehingga pengguna dapat mengirimkan dan menerima barang kapan pun.


Ongkir Kirim Lalamove


Sesuai dengan info di web resmi Lalamove, untuk pengiriman barang dengan sepeda motor berat maksimal 20 kg dan batas ukuran (PxLxT) 40 x 40 x 50 cm, dengan perhitungan jarak dasar sejauh 5 km dan biaya minimal Rp 16 ribu. Dan tarif setelah 5 km dihitung Rp 2.250/km.

Jika berat barang yang akan dikirim lebih dari 100 kg, sebaiknya pengguna memilih armada mobil/minibus dengan berat barang maksimal 350 kg atau batas ukuran (PxLxT) 175x100x 85 cm. Biaya minimal Rp 16.500 dengan jarak dasar 8 km, dan untuk jarak selebihnya dihitung Rp 5 ribu/km.

Sedangkan jika berat barang maksimal 600 kg atau batas ukuran 210x15x120 cm, pengguna bisa memilih armada pengangkutan van. Untuk jarak dasar 15 km dikenakan biaya minimal Rp 145 rbu, dan jarak selebihnya dihitung Rp 8 ribu/km.

Untuk memberikan bantuan pada pengguna, layanan konsumen Lalamove online setiap hari dari jam 7 pagi sampai dengan jam 6 malam. Pengguna bisa menghubungi melalui Layanan e-mail : support.jakarta@lalamove.com atau Layanan Hotline di (021) 5010 6688.

Selain melalui aplikasi, pengguna juga dapat melakukan pemesanan melalui website di link aplikasi web Lalamove.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin menambah penghasilan bisa bergabung sebagai Mitra Pengemudi Lalamove, dengan mengisi formulir di website resmi Lalamove. 
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Kurir Aplikasi, Lalamove

Thanks for reading Mengenal Lalamove, Start Up Jasa Logistik On-Demand. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Lalamove, Start Up Jasa Logistik On-Demand"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.