Pos Indonesia Siap Bersaing Dalam Bisnis Logistik Dengan Layanan Inovatif


6 Produk Baru Inovatif PT Pos Indonesia


Persaingan bisnis logistik yang ketat pada saat ini, membuat PT Pos Indonesia (Persero) terus berbenah dalam melakukan layanan pengiriman barang. Yang terbaru, Badan Usaha Milik Negara PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan 6 produk inovatif sekaligus (11/10/2018).

Inovasi layanan ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan jasa Pos Indonesia untuk mengirim paket dan surat, sekaligus sebagai salah satu upaya perusahaan menghadapi Revolusi lndustri 4.0 dan gaya kaum milenial yang gemar menggunakan teknologi dalam setiap kegiatannya.

Pos Indonesia Siap Bersaing Dalam Bisnis Logistik Dengan Layanan Inovatif
Pelayanan di sebuah Kantor Pos

Menurut Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero), Charles Sitorus, setidaknya ada 6 produk baru yang diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Semua produk baru ini dapat diakses hanya dengan mengandalkan smartphone.

Produk-produk yang diluncurkan tersebut merupakan bagian dari sistem pembayaran online yang dikembangkan dan melibatkan agen pos.

Dilansir dari Merdeka.com, produk baru yang dikeluarkan perusahaan plat merah tersebut terdiri dari Contact Center Oranger, M-agenpos, Agenpos B2B Kurir, Agenpos B2B Jasa Keuangan, Layanan Kargo Ritel Udara di Agenpos, serta Top Up e-Money di Kantorpos.

Contact Center Oranger 


Layanan ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM serta masyarakat umum dengan memberikan layanan pengambilan barang (pick-up) gratis melalui call center 1500261. Pengambilan

Layanan ini akan mempermudah pengiriman barang masyarakat, pelapak online, hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena mereka tak perlu mengantar kiriman ke gerai pos. Layangan pengambilan barang ini dilakukan oleh pasukan O-Ranger.


Untuk saat ini baru dapat diakses di regional dalam pulau Jawa dan secara bertahap berlaku secara nasional.

Cara memanfaatkan Contact Center Oranger cukup mudah, yaitu dengan menghubungi 1500261. Pengirim cukup menyebutkan nama, nomor telepon, serta alamat/lokasi penjemputan, atau menyebutkan kode booking Pos Order Number (PON) dan lokasi penjemputan.

Kode booking melalui PON dapat diperoleh dengan registrasi di web PT Pos Indonesia.

M-Agenpos 


M-Agenpos merupakan aplikasi mobile berbasis android native yang dikembangkan untuk layanan payment yaitu pembayaran berbagai angsuran, antara lain PLN, telekomunikasi, PDAM, PBB, Tiket pesawat atau Kereta Api, premi asuransi dan finance.

Selain itu, M-Agenpos juga mencakup layanan wesel instan bayar, yakni pembayaran wesel instan kepada penerima weselpos.

Baca Juga:



Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat pengguna layanan Pos tidak harus datang ke outlet kantor pos, namun sebaliknya, Pos Indonesia melalui layanan M-Agenpos akan memberikan pelayanan dilokasi pelanggan berada.

Agenpos B2B Layanan Kurir 


Agenpos B2B (Business to Business) layanan kurir merupakan pengembangan agenpos dengan pola kerja sama antara POS dengan mitra berbadan usaha yang telah memiliki banyak channel yang terhubung secara online. Salah satunya adalah kerjasama antara PT Pos dengan PT Kioson Komersial Indonesia (Tbk).

Dalam hal ini mitra wajib menyediakan koneksi jaringan virtual (VPN) yang menghubungkan Host Mitra dengan Host PT Pos.

Sedangkan PT Pos menyediakan infrastruktur dan sistem aplikasi layanan jasa kurir menggunakan application programming interface (API) yang akan menghubungkan system mitra dengan sistem Pos.

Dengan pola B2B ini diperkirakan jumlah agenpos akan tumbuh dengan cepat dari 6.000 agenpos eksisting menjadi 45.000 agenpos. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, tentunya akan berdampak pada pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Agenpos B2B Jasa Keuangan 


Yaitu layanan jasa keuangan yang merupakan pengembangan layanan kemitraan Channel Pospay. Layanan ini sebenarnya sudah ada sejak 2002, namun disempurnakan kembali tahun ini dan telah bekerja sama dengan kurang lebih 380 Biller.

Pada awalnya aplikasi Pos Payment dikembangkan dengan platform In House Application dan dilayani melalui loket Kantorpos dan Agenpos berbasis desktop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan media pembayaran secara tunai.

Dengan perkembangan teknologi terutama aplikasi payment pada aplikasi smartphone dan tuntutan alternatif pembayaran selain lewat outlet PT Pos Indonesia, baik secara cash dan non cash, maka PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan kerjasama dengan mitra dengan pola 323.

Nantinya transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan B2B dengan metode tunai maupun non tunai lewat pembayaran di loket milik mitra.

Sedangkan pembayaran non tunai dapat dilakukan di aplikasi ponsel pintar, sms banking, hingga Anjungan Tunai Mandiri. Jadi bedanya dulu pembayaran dilakukan secara manual sekarang mobile.

Kargo Pos Ritel Udara (KRU) 


Layanan KRU sudah dilauchingkan pada bulan Oktober Tahun 2017 dan hingga saat ini tersedia di 58 Kantor Pos besar di Indonesia dan terus akan bertambah.

Kini Pos Indonesia kembali lakukan terobosan dengan memberi kesempatan kepada agenpos di seluruh Indonesia untuk dapat melayani jasa layanan produk Kargo Pos Ritel Udara.

Sehingga layanan produk Kargo Pos Ritel Udara ini dapat diakses dengan mudah dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat/pelaku bisnis yang akan mengirimkan barang dagangan atau barang Iainnya dalam partai besar.

Proses bisnis kargo pos dirancang secara efisien sehingga tarif yang dikenakan sangat kompetitlf dibandingkan kompetitor.

Produk Kargo Pos memberikan kemudahan bagi pelanggan karena adanya Iayanan pick up service dan delivery. Seluruh kiriman kargopos menggunakan sistem aplikasi sehingga dapat dilacak keberadaannya.

Itulah beberapa layanan inovatif terbaru dari PT Pos Indonesia yang memiliki keunggulan jaringan yang mencakup seluruh Indonesia.

Saat ini PT Pos Indonesia memiliki titik outlet layanan yang terdiri kantor Pos sebanyak 4.657 buah ditambah agen pos sekitar 3.500 agen. Lalu masih ada agen jasa keuangan sekitar 47.000. Sedangkan kerjasama antara PT Pos dan Kioson saat ini direncanakan ada 600 titik pos untuk pengambilan barang dari 35 ribu titik mitra UMKM.

Dengan jaringan demikian luasnya, PT Pos Indonesia yang sudah berdiri 270 tahun ini punya model yang bisa antarkan barang sampai ke ujung pelosok Indonesia.
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Peluang Usaha, PT Pos

Thanks for reading Pos Indonesia Siap Bersaing Dalam Bisnis Logistik Dengan Layanan Inovatif . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Pos Indonesia Siap Bersaing Dalam Bisnis Logistik Dengan Layanan Inovatif "

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.