Bedanya Paket Kargo Ritel Darat Dan Kargo Ritel Udara PT Pos Indonesia


Salah satu layanan unggulan PT Pos Indonesia adalah adanya layanan pengiriman paket besar atau kargo. Ada dua macam layanan ini, yaitu melalui darat yang disebut Kargo Pos Ritel Darat dan melalui udara yang disebut Kargo Pos Ritel Udara. Apa perbedaannya?

Perbedaan Antara Kargo Pos Ritel Darat dan Kargo Pos Ritel Udara


Antara Kargo Pos Ritel Darat dan Kargo Pos Ritel Udara
Peluncuran layanan Kargo Pos Ritel Darat (via Tribunnews.com) 

KargoPos Ritel Darat


Kargo pos ritel darat diluncurkan Agustus 2017, merupakan bentuk komitmen PT Pos Indonesia dalam melakukan transformasi bisnis. Dengan layanan kargo pos darat biaya logistik menjadi lebih efisien.

Kargo Pos Ritel Darat memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis dengan layanan Hub to hub, Hub to Door, Door to Hub, dan Door to Door, untuk jenis kiriman barang dagangan atau produk ritel lainnya dalam partai besar atau bulky.

Pihak PT Pos Indonesia merancang agar proses bisnis kargo pos darat ini efisien sehingga tarif yang dikenakan sangat murah dibandingkan dengan produk sejenis.

Berat barang yang bisa dikirim dengan layanan Kargo darat PT Pos minimal 30 kg sampai dengan 250 kg serta dilengkapi fitur layanan berupa asuransi dan packaging (pengemasan dilakukan pihak Pos).

Pelanggan juga diberikan kemudahan dengan adanya layanan pick up service dan delivery dan juga seluruh kiriman kargo pos menggunakan aplikasi sehingga dapat dilacak keberadaannya.

Dengan tagline "Murah-Mudah-Terpercaya" dan didukung jaringan 4.800 Kantor Pos ditambah 24.500 titik layanan dalam bentuk kantor pos serta 49.000 agen pos, pihak PT Pos optimis layanan kargo pos akan minati konsumen dan menjadi pilihan utama konsumen.

Untuk tahap awal Kargo Pos akan menyasar 20 kantor pos di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dan akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. 

Kargo Pos Ritel Udara



Baca Juga:


Kargo Pos Ritel Udara adalah layanan dari PT Pos Indonesia yang memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat bisnis dengan layanan hub to door untuk jenis kiriman General Kargo dan Special Kargo (seperti jenazah). Layanan Hub to door artinya pengiriman dari Kantor Pos ke alamat tujuan.

Saat ini Kargo Pos Ritel Udara hadir di 21 kota dengan 26 Kantorpos, dan akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar.

Bedanya Kargo Pos Ritel Darat dan Kargo Pos Ritel Udara


Antara Kargo Pos Ritel Darat dan Kargo Pos Ritel Udara pada dasarnya sama-sama melayani pengiriman barang dalam jumlah besar atau bulky. Namun ada juga beberapa perbedaannya.

1. Transportasi
Perbedaan pertama terletak pada transportasi yang digunakan. Kargo darat, seperti namanya, pengiriman lewat armada darat (truk box). Sedangkan kargo udara tentu saja pengiriman melalui pesawat.

2. Tarif
Karena beda alat transportasinya, tarif kargo udara tentu lebih mahal dari kargo darat.

Tarif baik kargo darat maupun kargo udara terdiri dari Tarif Dasar dan Tarif fitur layanan yang dipilih konsumen.

Tarif dihitung berdasarkan berat kiriman atau volumetric (Kubikasi), sesuai kondisi barang.

Untuk kargo udara, ukuran maksimal volumetrik yaitu Lebar 124 x Tinggi 181  cm, menyesuaikan ukuran bagasi pesawat.

3. Berat barang
Untuk kargo ritel darat berat barang antara 30-250 kg, sementara kargo ritel udara melayani paket barang antara 30-60 kg per koli. Jadi untuk kargo udara, jika berat barang lebih dari 60 kg, misalnya 70 kg, maka harus dijadikan 2 koli. Khusus untuk human remain (jenazah) sampai dari 150 kg.

Selain itu untuk kargo udarat, berat maksimal dari gabungan beberapa koli adalah 400 kg  per 1 Satuan Muatan Udara (SMU) dengan maksimum 15 koli/SMU.

4. Jenis barang
Jika kargo ritel darat hanya melayani pengiriman barang umum (general cargo), maka kargo ritel udara bisa melayani barang kiriman khusus (special kargo) seperti jenazah.

5. Layanan
Kargo ritel darat memberikan layanan yang lebih beragam, yaitu mencakup layanan asuransi, pick-up Service, packaging dan delivery. Sedangkan kargo ritel udara tidak memberikan layanan pick-up (penjemputan barang) alias pengirim harus datang ke kantor pos.

Dengan mengetahui perbedaan antara layanan Kargo Pos Ritel Darat dengan Kargo Pos Ritel Udara, maka pengguna bisa menentukan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, PT Pos

Thanks for reading Bedanya Paket Kargo Ritel Darat Dan Kargo Ritel Udara PT Pos Indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bedanya Paket Kargo Ritel Darat Dan Kargo Ritel Udara PT Pos Indonesia"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.