Mengenal Bisnis Affiliasi Dan Cara Menjalankannya


Apa Itu Bisnis Afiliasi – Dijaman yang modern ini kita dituntut untuk menjadi manusia yang mandiri. Membludaknya jumlah manusia di dunia terutama di Indonesia mengakibatkan sulitnya lapangan pekerjaan untuk ditemukan. Dan bisnis afiliasi kini menjadi bisnis yang banyak diminati oleh kaum muda terutama para pengguna internet. 

Mengenal Bisnis Affiliasi Dan Cara Menjalankannya
Ilustrasi bisnis afiliasi 

Apa Itu Bisnis Afiliasi


Salah satu cara termudah mendapatkan uang dari internet adalah mengikuti bisnis afiliasi. Mungkin bagi orang awam sedikit asing dengan kata ini. Ya, Affiliasi merupakan sebuah bisnis perdagangan yang menerapkan sistem komisi. Jadi, semakin banyak barang dagangan yang kita jual, maka semakin banyak juga komisi yang kita dapatkan. Jika di dunia nyata bisa disebut sebagai sales.

Yang perlu kamu lakukan hanya mendaftarkan diri pada situs yang menerapkan sistem afiliasi. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan link afiliasi. Nah, tugas kamu sebagai affiliate (orang yang mengikuti program afiliasi) adalah menyebarkan sebanyak mungkin link afiliasi tersebut melalui berbagai saluran internet. 

Hanya dengan membagi dan menyebarkan link afiliasi, kamu mendapatkan komisi sejumlah tertentu, ketika orang melakukan transaksi atau pembelian melalui link kamu.

Pada awalnya bisnis afiliasi ini lebih populer dilakukan oleh situs perusahaan luar negeri, seperti Amazon, Click Bank, dll. yang membayar dalam bentuk dollar - khususnya USD, sehingga banyak orang yang tertarik karena pertimbangan nilai uangnya yang menggiurkan. Tapi saat ini konsep afiliasi ini sudah banyak diterapkan oleh berbagai situs e-commerce dalam negeri, baik oleh perusahaan maupun perorangan. 

Antara program afiliasi dan program reseller, kadang dicampuradukkan. Sebab ada yang menawarkan afiliasi, namun mensyaratkan affiliatenya melakukan pembelian produk lebih dahulu. Hal ini tidak masalah jika kamu tertarik dengan produknya. Berbeda jika kamu terpaksa membeli produk tersebut karena semata tergiur komisi yang dijanjikan. 

Jika produknya kurang bermanfaat atau lebih mahal dari produk sejenis yang juga menawarkan afiliasi, tentunya kamu harus berpikir ulang untung-ruginya. Kamu harus punya alasan logis kenapa lebih memilih afiliasi A daripada afiliasi B untuk produk sejenis.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan bisnis affiliasi ini, diantaranya :
-  Tidak perlu modal
- Tidak perlu memiliki barang yang diperjual belikan
- Gratis
- Tidak terikat dengan siapapun atau bebas

Dengan banyaknya keuntungan yang kita dapatkan, tidak heran jika bisnis affiliasi ini sangat digemari oleh terutama para kaum pelajar atau mahasiswa yang bisa digunakan sebagai sampingan untuk menambah uang jajan. 

Dalam konsep internet marketing, model bisnis afiliasi ini memang menguntungkan baik bagi pemilik maupun affiliatenya. Si pemilik produk/jasa tidak perlu bersusah payah memasang iklan yang mahal untuk memperkenalkan produknya, tidak perlu membayar gaji sales untuk mengajak orang membeli. Tapi cukup menawarkan peluang afiliasi bagi para affiliate yang berminat. 

Para affiliate inilah yang jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang yang akan melakukan pemasaran dan promosi dengan menyebarkan link afiliasi. Affiliate akan memperoleh komisi sejumlah tertentu yang telah disepakati ketika ada orang bergabung atau berbelanja produk/jasa yang ditawarkan. Jadi pihak pemilik produk/jasa hanya membagi komisi atas produk/jasa yang terjual saja.

Mencari program bisnis afiliasi sangat mudah dan banyak pilihannya. Caranya gampang. Cari saja di web browser Anda, ketikkan kata"program afiliasi", maka akan muncul banyak sekali penawaran program afiliasi yang bisa Anda pilih. Enaknya lagi, hampir semuanya gratis. Mungkin Anda yang akan bingung menentukan mana program afiliasi yang cocok untuk Anda. Sebab semuanya menarik dan menjanjikan penghasilan yang lumayan, tentu jika berhasil menjalankannya.

Memang banyak jenis afiliasi yang ditawarkan, tapi kamu tidak perlu terbawa nafsu untuk mengikuti semuanya. Alasannya sederhana, tidak semua produk afiliasi mudah dipasarkan, atau cocok dengan minat dan kemampuanmu.

Meskipun mudah mencari bisnis afiliasi online, tidak berarti mudah mendapatkan uang dari bisnis afiliasi. Semua bisa ikut bisnis yang dijalankan dengan sistem afiliasi, tapi tidak semua bisa sukses. Kamu bisa mempromosikan produk afiliasi di akun pribadi di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lainnya, atau menyebarkan link afiliasi sebanyak mungkin di saluran lain, tapi ini tidak menjamin banyak yang tertarik membelinya.

Mungkin ada teman atau follower yang berminat, tapi belum tentu berlanjut pembelian. Jangan terkecoh melihat teman yang sukses berbisnis afiliasi, tanpa mengetahui faktor apa yang dimilikinya yang membuatnya sukses, dan apakah kamu termasuk dalam kategori itu.

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini, sama seperti bisnis lainnya, perlu usaha, strategi dan pengetahuan tentang cara menjualnya. Disini diperlukan pengetahuan tentang internet marketing yang memadai. Hal ini bisa kita pelajari di internet dengan kata kunci "apa itu internet marketing". Untuk mencapai sukses, jangan enggan dan ragu belajar.

Cara Menjalankan Bisnis Afiliasi


Nah, setelah mengetahui gambaran apa itu bisnis afiliasi, sampai disini kamu mungkin mulai bertanya – tanya Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliasi ini. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menjalankan bisnis ini bisa jadi tanpa modal seperserpun, berikut caranya :

1. Memilih Web Affiliasi

Cara yang pertama adalah anda memilih web affiliasi. Ada banyak beberapa situs jual beli yang menyediakan sistem affiliasi di sistem dagangnnya. Diantaranya lazada, amazon, jvzoo, clickbank dan banyak lainnya.

Setelah menentukan situsnya, kemudian anda mendaftarkan diri menjali affiliasi di web tersebut dan ikuti langkah pendaftarannya.

2. Buat Web Affiliasi

Yang kedua membuat web affiliasi kamu sendiri. Untuk menjalankan bisnis afiliasi memang tidak harus memiliki blog/web. Ada banyak cara untuk promosi online. Tapi memang lebih baik lagi jika kamu memiliki blog pribadi, karena ini salah satu cara terbaik membuat calon konsumen tertarik dengan produk/jasa yang kamu tawarkan. Terlebih jika niche blog kamu sesuai dengan produk tersebut, peluang terjadinya pembelian lebih besar lagi.

Umumnya persyaratan menjadi affiliate memiliki blog, karena mungkin blog dianggap sebagai sarana terbaik untuk memasarkan produk affiliasi. Dengan punya blog, kamu bebas berkreasi mempromosikan link afiliasimu, baik lewat artikel promo maupun dengan memasang banner.

Untuk membuat blog/web, kamu bisa membuatnya secara gratisan. Jika tanpa modal kamu bisa membuatnya melalui blogspot.com atau wordpress.com, namun jika kamu ingin sedikit berinvestasi dalam bisnis ini bisa menggunakan wordpress.org atau platform web lain yang memerlukan biaya untuk membeli hosting, domain dan theme website.

Jika dibandingkan dengan dua platfrom tersebut, secara umum tentu lebih bagus dan powerfull yang berbayar yakni wordpress.org. Tetapi, jika anda rajin dan cermat dalam optimasi di mesin percari bisa jadi yang menggunakan blogspot tidak kalah baik dengan yang berbayar.

3. Pasang Banner Produk di Website Anda

Cara yang terahir yakni menarik pelanggan untuk membeli ataupun berkunjung ke web afiliasi kamu. Caranya yakni dengan memasang banner dari produk yang ingin kamu jualkan. Lalu cara mendapat bannernya dimana ?, link banner akan didapat saat kamu melakukan pendaftaran disalah satu website affiliasi. Jika ada yang mengklik banner tersebut dan mengunjungi web affiliasi serta membeli produk tersebut dari sini kamu akan mendapatkan komisi tertentu. 

Selain memasang banner, lebih powerful jika kamu membuat artikel review atas produk/jasa yang kamu tawarkan. Cara ini membuat pembaca  blog/web kamu mempunyai informasi yang lebih lengkap tentang produk/jasa tersebut. Pemahaman atas keunggulan atau keuntungan menggunakan suatu produk tertentu bisa memperbesar peluang terjadinya transaksi.

Dilihat sekilas, mungkin konsep bisnis afiliasi ini cukup mudah. Tetapi jika anda sudah terjun langsung maka akan dirasa gampang – gampang sulit. Pasalnya jika website kita masih baru dan belum memiliki cukup banyak pengunjung tetap, tidak mudah untuk mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk yang kita tawarkan. Namun, sebaliknya jika web sudah ramai pengunjung uang atau dollar akan terus mengalir ke dompet kita.

Kesimpulan Bisnis Afiliasi

Apakah dengan menjalankan Bisnis Affiliasi ini Kita Cepat Kaya ? Tentu  saja tidak ada jaminan siapapun yang menjalankan bisnis affiliasi akan sukses secara instan. Pasalnya semua bisnis haruslah dirintis dengan awal perjuangan serta semangat diperlukan disini. Seperti halnya mie instant saja harus direbus dulu agar bisa dimakan. Begitu juga dengan menjalankan bisnis. Jatuh bangun kadang diperlukan untuk menuju kesuksesan.

Sebagai tips akhir, meskipun bisnis afiliasi ini merupakan cara gratisan mendapatkan uang dari internet, bukan berarti kita sembarangan mengambil tawaran yang ada. Sebaiknya sesuaikan tawaran afiliasi dengan niche blog kamu agar sinkron. Misalnya jika blog kamu tentang info wisata, kamu bisa memanfaatkan peluang afiliasi dari situs perjalanan yang menawarkan reservasi hotel atau tiket pesawat. 

Demikian ulasan mengenai Bisnis Affiliasi dan cara menjalankannya, semoga dapat membantu serta menjadi jalan kesuksesan bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis affiliasi sebagai affiliate marketing.
Loading...

Labels: Affiliasi, Bisnis Online

Thanks for reading Mengenal Bisnis Affiliasi Dan Cara Menjalankannya. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Bisnis Affiliasi Dan Cara Menjalankannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.