Enaknya Sambil Jalan-Jalan Dapat Uang Dengan Aplikasi TIPS


Aplikasi TIPS - Sudah tahu kan arti peribahasa, sambil menyelam minum air. Nah, sekarang ada peribahasa baru, sambil jalan-jalan dapat uang jajan. Siapa tidak mau? Betul Khan? Inilah peluang yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan aplikasi TIPS.
Enaknya Sambil Jalan-Jalan Dapat Uang Dengan Aplikasi TIPS
Jalan-jalan sambil dapat duit dari TIPS, siapa mau?

Berdasarkan data BPS 2016, setiap penumpang penerbangan domestik memiliki jatah bagasi 15 kg-20 kg. Namun faktanya, penggunaan ruang bagasi penumpang penerbangan domestik hanya mencapai 42%. Artinya ada sekitar 58% ruang bagasi penumpang yang tidak terpakai alias mubasir.

Ini karena biasanya penumpang domestik lebih memilih membawa barang ke dalam pesawat karena dianggap lebih praktis dan tidak mau berlama menunggu barang bagasi datang.

Disisi lain, pertumbuhan nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 78% per tahun, sehingga memunculkan kebutuhan jasa pengiriman sekitar 80 juta paket per bulan. Angka tersebut tertinggi di dunia saat ini.

Kondisi ini menginspirasi PT TIPS Inovasi Indonesia untuk memanfaatkan jatah bagasi penumpang yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama. Hal ini dilihat sebagai peluang bisnis yang menarik.

Yes, sebuah alternatif baru dalam pengiriman barang antar kota yang dapat tiba di hari yang sama (same day delivery service) bagi masyarakat Indonesia.

Konsep bisnis model crowd shipping dengan keamanan berlapis oleh pihak otoritas bandara ini diklaim merupakan model bisnis yang pertama kali ada di dunia.

Untuk memuluskan rencananya, pihak PT TIPS mengandeng PT Citilink Indonesia yang merupakan LCC (Low Cost Carrier) dengan OTP (On-time Performance) terbaik di Indonesia untuk memastikan akurasi waktu pengiriman.

TIPS juga bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura II (Persero), PT. Angkasa Pura Logistik dan PT. Angkasa Pura Kargo untuk memastikan keamanan dari barang-barang yang akan dikirimkan, sehingga penumpang dapat merasa nyaman dengan keamanan barang yang terjamin.

Dengan konsep berbagi bagasi ini secara tidak langsung membuat biaya penerbangan bagi penumpang menjadi lebih terjangkau. Karena dengan “menjual” jatah bagasi untuk membawa barang/paket orang lain, si penumpang mendapatkan insentif yang menarik. Baik cash maupun dalam bentuk lain.

Sebagai contoh, penumpang yang berhasil 'menjual' bagasinya bisa menukar insentif yang diperolehnya dengan tiket Citilink. Selama promo, TIPS menghargai 1 Kg Rp 10 ribu.

Misalnya ada orang yang mau menitipkan barang 20 kg, maka ia akan menerima sampai Rp 200 ribu. Nanti setelah sudah cukup saldonya, bisa ditukar dengan tiket pesawat Citilink. Menarik bukan?

Cara Kerja TIPS


TIPS adalah platform digital yang memanfaatkan jatah bagasi yang tidak terpakai milik penumpang pesawat untuk mengirimkan barang antar kota di Indonesia.

Konsep dasar TIPS secara sederhana adalah 'Titipin Penumpang Saja' yang bertujuan memaksimalkan jatah bagasi penumpang pesawat untuk mengirimkan paket antar kota di Indonesia.

Penumpang pesawat bisa mendapatkan insentif tunai dengan berbagi jatah bagasi yang tidak terpakai. Dan pengirim dapat mengirimkan paket dengan tarif yang sangat kompetitif.  

Jadi ada dua pihak yang saling diuntungkan. Satu sisi, ada orang yang akan bepergian naik dengan pesawat yang ingin memberdayakan jatah bagasi yang tidak terpakai dengan menggunakan aplikasi TIPS. Disebut Tipster.

Disisi lain, ada orang yang ingin mengirimkan barang ke kota lain agar bisa sampai pada hari yang sama melalui aplikasi TIPS.

Sebagai langkah awal, pengguna harus mendownload aplikasi TIPS di piranti berbasis Android dan iOS. Namun untuk sementara TIPS baru tersedia di Google Play Store.



Aplikasi TIPS di Android.
Aplikasi TIPS di Android

Selanjutnya buka aplikasi TIPS dan daftarkan identitasmu. Yang dibutuhkan hanya data nama, email dan nomor handphone.  Pengguna TIPS wajib menggunakan nama sesuai dengan identitas diri (KTP), untuk dicocokan dengan data penumpang pesawat.

Tampilan awal aplikais TIPS
Setelah login, maka kamu akan menemukan tampilan dashboard TIPS seperti berikut ini. Tergantung kebutuhanmu, jika kamu ingin menjadi Tipster, artinya ingin berbagi jatah bagasi yang tak terpakai untuk digunakan membawa barang/paket orang lain,  maka tinggal klik tombol Antar.

Sedangkan jika kamu ingin mengirimkan barang, maka tinggal tekan tombol Kirim.



Untuk penumpang yang akan "menjual" jatah bagasi yang tak terpakai atau TIPSTER:

•        Daftarkan penerbangan Anda melalui aplikasi. Klik tombol Antar, masukkan data penerbangan kamu berupa :
- Nama lengkap
- Kode Booking
- Tanggal penerbangan
- Airport/bandara keberangkatan.
- Jumlah kg bagasi yang ingin kamu manfaatkan untuk TIPS.

Untuk saat ini baru ada tiga Airport yang tersedia di aplikasi, yaitu Soekarno-Hatta International Jakarta, Ngurah Rai Bali dan Juanda Surabaya. Kedepan jumlah airport ini tentu akan bertambah.

Saat ini baru tersedia 3 airport.

•        Tunggu notifikasi akan ketersediaan paket kiriman. Setelah mendapatkan notifikasi dari TIPS mengenai ketersediaan barang, lakukan konfirmasi kesediaan membawa barang.

Datang lebih awal, 3 jam sebelum jadwal penerbangan Anda, kunjungi counter TIPS di terminal keberangkatan, tunjukkan notifikasi TIPS dalam aplikasi Anda untuk mengambil barang.


4. Bawa barang TIPS ke counter check in penerbangan Anda. Foto luggage tag barang TIPS melalui aplikasi TIPS.

•        Ambil paket kiriman dari TIPS di bandara keberangkatan dan lakukan check-in. Jangan lupa foto luggage tag paket kiriman dan upload di aplikasi TIPS. Demi kenyaman dan keamanan kamu, setiap barang/paket yang akan dikirim sudah melalui proses pemeriksaan berlapis untuk menjamin keamanan paket kiriman yang dititipkan dalam TIPS.

•        Lakukan penerbangan ke kota tujuan.

•        Setelah tiba di bandara tujuan, kunjungi konter TIPS di Terminal Kedatangan. Serahkan paket/luggage tag kiriman kepada petugas TIPS.

•        Dapatkan insentif/pembayaran tunai. Kamu bisa meninggalkan bandara dan silakan menunggu konfirmasi masuknya insentif TIPS ke dalam TIPS Credit kamu di aplikasi.

Besaran insentif TIPS tergantung kepada rute penerbangan berdasarkan satuan berat barang dengan pembulatan ke atas tiap kilogram. Berat minimal barang TIPS adalah 1 kg.

Alur kerja sebagai TIPSTER via http://tips.co.id/


Bagi Pengirim Paket TIPS

•        Daftarkan paket kiriman melalui aplikasi. Klik tombol KIRIM, lalu isi data barang yang akan dikirim. Misalnya kamu akan mengirim barang dari Surabaya ke Jakarta dengan berat paket sebesar 3 kg. Ternyata biayanya hanya Rp 45 ribu. Terhitung sangat murah untuk jasa pengiriman sampai ke tempat tujuan di hari yang sama. 

Maksimal berat barang yang dapat dikirim adalah 20 kg.

Paket 3 kg dari Surabaya ke Jakarta hanya 3kg.

Selanjutnya masukkan data pengirim, seperti nama, alamat dan kode pos.


•        Paket akan dijemput oleh TIPS. Setelah proses input data di aplikasi selesai, tinggal tunggu petugas TIPS mengambil paket di alamat pengirim.

•        Lakukan pembayaran pengiriman. Tersedia aneka metode pembayaran.

•        Telusuri status pengiriman melalui aplikasi.

Alur kerja sebagai Pengirim via http://tips.co.id
Pengirim paket TIPS wajib mematuhi ketentuan pengiriman. TIPS tidak melayani pengiriman barang-barang sebagai berikut:

1. Material korosif : Merkuri (terdapat dalam thermometer), asam sulfat, alkali  dan aki kendaraan.
2. Bahan Peledak: Semua tipe granat, detonator, sumbu, alat peledak;
3. Gas bertekanan (tidak dan yang mudah terbakar, atau yang beracun): Propana, butana, aerosol iritan kimiawi.
4. Cairan mudah terbakar: Bahan bakar, cat, thinner, perekat (lem), cairan pemantik api, methanol.
5. Benda padat mudah terbakar: kembang api, petasan, suar;
6. Zat oksidasi: bubuk pemutih, peroksida.
7. Material radioaktif.
8. Bahan kimia/zat beracun: arsenik, sianida, pembasmi hama/serangga, produk biologis yang berbahaya.
9. Koper dengan instalasi perangkat alarm, atau dilengkapi baterai lithium dan/atau material piroteknik.
10. Kendaraan kecil yang menggunakan baterai litium seperti airwheel, solowheel, hoverboard, mini-segway, balance wheel.
11. Alat pelumpuh: Pistol pengejut, alat kejut listrik, tongkat pukul listrik, termasuk alat pelumpuh untuk hewan.
12. Semprotan bela diri: Gas airmata dan semprotan asam fosfor
13. Senjata api dan amunisi
14. Rokok elektronik
15. Pemantik dan korek api

Nah, demikian mudah cara menggunakan aplikasi TIPS untuk mendapatkan insentif bagi penumpang pesawat maupun bagi kamu yang ingin mengirim paket sehari sampai melalui TIPS.

Bagi pengirim paket yang membutuhkan kiriman sampai di hari sama dengan biaya murah dan orang bepergian naik pesawat yang membutuhkan insentif, maka aplikasi TIPS adalah win-win solution.
Loading...

Labels: Aplikasi, Jasa Pengiriman, TIPS

Thanks for reading Enaknya Sambil Jalan-Jalan Dapat Uang Dengan Aplikasi TIPS. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Enaknya Sambil Jalan-Jalan Dapat Uang Dengan Aplikasi TIPS"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.