Cara Kirim Paket Pos Dengan Aplikasi PON



Aplikasi PON Pos Indonesia - Kirim paket lewat kantor Pos semakin mudah dan cepat dengan aplikasi PON. Belum banyak yang tahu kan, apa itu PON PT Pos Indonesia dan bagaimana cara menggunakannya? 
Kirim paket Pos dengan aplikasi PON.


Apa Itu PON PT Pos Indonesia

PON atau Pos Order Number adalah aplikasi untuk pelanggan Pos Indonesia yang ingin melakukan pemesanan transaksi pengiriman surat atau paket sebelum mengeposkannya di Kantorpos. Ini semacam kode booking.

Sebelum mendatangi kantorpos, pengirim akan mengisi data paket yang akan dikirimkan di website PT Pos Indonesia. Setelah datanya benar dan lengkap, maka akan keluar sejumlah angka yang dikenal sebagai Kode Booking. Selanjutnya pengirim datang ke kantorpos untuk mengirimkan paket tersebut.

Pekerjaan petugas loket Kantorpos lebih cepat, karena hanya cukup mengentri kode PON-nya saja dan memeriksa kesesuaian antara data yang dientri oleh pelanggan dengan barang kirimannya. Dengan demikian waktu tunggu di loket Kantorpos akan lebih efisien.

Cara Kirim Paket Pos Dengan Kode Booking

Untuk mengirim paket pos dengan kode booking ini, sebelumnya pengirim harus melakukan pendaftaran dulu di website https://pon.posindonesia.co.id. Cari tombol Registrasi di laman tersebut, lalu isi form pendaftarannya secara lengkap dan benar.


Pendaftaran Pos Order Number (PON)
Isi data secara lengkap
Jangan lupa klik tanda centang pada kotak bertuliskan "Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan Ketentuan", lalu klik tombol Simpan.

Selanjutnya sistem akan mengirimkan pesan ke email yang digunakan mendaftar. Pengirim harus cek email untuk mendapatkan password yang dikirimkan. 

Setelah melakukan pendaftaran, maka pengirim tinggal login ke website  https://pon.posindonesia.co.id ketika akan mengirimkan paket dengan memasukkan email dan password tersebut.
Tampilan dalam aplikasi PON
Data-data pengiriman yang harus diinput meliputi :
- Nama, alamat pengirim dan nomor telepon/HP.
- Nama, alamat dan nomer telepon/HP penerima paket.
- Data paket meliputi : berat (dalam gram), dimensi paket (panjang x lebar x tinggi dalam cm), nilai barang, dan keterangan kiriman.

Setelah proses pengisian data pengiriman selesai, maka pengirim akan mendapatkan Kode Booking. Perlu diingat, kode booking tersebut bukan merupakan Resi Pengiriman Pos.

Berdasarkan kode booking ini nantinya petugas KantorPos akan melakukan verifikasi ulang data paket yang telah diinput pengirim. Petugas pos berhak mengubah data sesuai dengan kondisi aktual kiriman.

Misalnya apabila ada ketidaksesuaian berat kiriman atau ketidaksesuaian asal dan tujuan pengiriman, maka Petugas Loket Kantorpos berhak untuk melakukan koreksi sehingga tidak menutup kemungkinan Tarif Pengiriman ikut terkoreksi.

Jika data pengiriman sudah benar, petugas pos akan melakukan pencetakan resi sebagai bukti pengiriman.

Ke depannya para pengguna aplikasi yaitu para pelapak atau pelaku UMKM sebagai pengirim akan memperoleh point reward yang dapat ditukarkan sebagai gratis ongkir, voucher belanja, pulsa, dan lain-lain. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik mengirim paket lewat kantorpos dengan aplikasi PON.
loading...

Labels: PT Pos

Thanks for reading Cara Kirim Paket Pos Dengan Aplikasi PON. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Kirim Paket Pos Dengan Aplikasi PON"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.