Ini Alasan Mengapa Anda Seharusnya Berbisnis Online


Potensi Bisnis Online Di Indonesia - Belanja online kini menjadi tren yang kian berkembang pesat di Indonesia. Kemajuan teknologi telah melahirkan sebuah terobosan dalam berbisnis. Dalam beberapa tahun terakhir ini masyarakat Indonesia semakin akrab dengan istilah Bisnis Online. Hal ini sejalan dengan makin bertambahnya jumlah pengguna intenet di Indonesia.


Kelebihan bisnis online dibandingkan bisnis konvensional.

Sesuai dengan hasil survei Nielsen Indonesia (2014), konsumen Indonesia mulai menyukai belanja online seiring dengan meningkatnya penetrasi Internet di Indonesia.(sumber

Menurut data APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia), sampai 2014 jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai sebanyak 88,1 juta sekaligus mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. (sumber) Sedikit beda, versi lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. (sumber)

Menurut data terbaru APJII, sepanjang 2017 lebih dari 50% atau sekitar 143 juta penduduk Indonesia telah terhubung jaringan internet. (sumber) Atau ada kenaikan sekitar 55 juta pengguna internet di Indonesia dalam waktu 3 tahun. Jumlah ini niscaya akan terus bertambah dari waktu ke waktu sejalan dengan makin terjangkaunya harga smartphone. 

Berdasarkan survei Baidu 2014, 59,9 pengguna Internet di Indonesia mengakses dunia maya itu melalui ponsel pintar atau smartphone. Sedangkan menurut data Google sepanjang 2017 jumlah Indonesia yang mengakses internet lewat smartphone meningkat menjadi 86%, dari sebelumnya di tahun 2013 sebanyak 37%. (sumber)

Disisi lain jumlah masyarakat yang terlibat dalam aktivitas bisnis online, baik sebagai pelaku/penjual maupun pembeli, juga terus meningkat.

Menurut data survei APJII, pada 2014 terdapat 27% pengguna internet Indonesia yang pernah berbelanja online.

Survei Google 2014, menunjukkan 1 dari 2 orang yang punya akses online namun belum pernah berbelanja online mengaku akan mencobanya dalam 12 bulan mendatang. Ini menunjukkan tingginya minat masyarakat berbelanja online.

Menurut Head of e-commerce Google, Henky Prihatna (2017), pembeli online di Indonesia pada 2015 hanya sebanyak 18 juta. Namun, angka ini diprediksi akan meningkat sebesar 21% per tahunnya. Dengan pertumbuhan seperti itu, maka pada 2025 akan terdapat 119 juta pembeli online (sumber)

Sementara untuk e-commerce atau bisnis online, Google memprediksi e-commerce di Indonesia mampu bertumbuh menjadi US$ 46 miliar di 2025 dari sebelumnya di 2015 hanya sebesar $ 1,7 miliar. Angka ini dicapai dengan pertumbuhan 39% per tahun, sehingga di 2015 Indonesia akan menguasai hingga 52% pasar e-commerce di Asia Tenggara.

Menurut data APJII (2015), sebanyak 82,2 juta orang menggunakan Internet untuk belanja secara online, 45,3 juta orang terjun ke bisnis personal, dan 15 juta orang menggunakan Internet untuk keperluan lainnya. (sumber

Maka tak salah jika disebutkan bahwa pengguna internet Indonesia termasuk senang berbelanja online. Data-data yang disampaikan tersebut menunjukkan bahwa potensi bisnis online di Indonesia sangat besar.

Tidak heran jika situs belanja online semakin menjamur dengan berbagai bentuk platform, mulai dari forum jual beli, market place, toko online, aplikasi pesan singkat sampai memanfaatkan media sosial. 

Tanpa harus melihat data statistik pun, bisnis online memang menjadi kebutuhan jaman Now. Bisnis online menjawab keterbatasan ruang dan waktu yang menjadi kendala dalam bisnis konvensional.

Bisnis online bisa berkembang dan akan menjadi tren ke depan karena pada dasarnya menguntungkan baik seller (penjual) maupun buyer (pembeli). Ini kata kunci utama mengapa bisnis model online bisa berkembang begitu pesat dan banyak disukai semua orang.

Bagi pembeli atau konsumen, keberadaan produk yang dijajakan lewat internet membuat mudah mendapatkannya tanpa harus mendatangi toko, bahkan membeli produk yang dijual di lokasi yang sangat jauh dari lokasinya pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa harus keluar rumah.

Bagi warga yang tinggal di kota besar, waktu senggang menjadi harga yang mahal. Setiap hari mereka bergulat dengan situasi sosial yang rutin, seperti kemacetan yang akut, jarak antara satu tempat ke tempat lain yang jauh dan butuh waktu lama untuk mencapainya. Belum masalah kerawanan yang mengintai diluar rumah. Sebagian besar waktunya habis di jalanan dan tempat kerja. Dalam situasi ini, belanja secara online menjawab masalah sehari-hari mereka.

Sebaliknya bagi mereka yang tinggal di kota kecil, kesulitan memperoleh barang yang diinginkan karena umumnya belum tersedia di tempat mereka. Pertokoan modern yang menjual barang-barang trend terbaru biasanya letaknya di kota besar, sedangkan lokasi di desa umumnya jauh dari kota. Dengan belanja secara online, hambatan lokasi menjadi terselesaikan. Apalagi saat ini penetrasi internet sudah banyak menjangkau daerah pedesaan, terutama di Jawa.

Keuntungan Dan Kelebihan Bisnis Online Dibanding Bisnis Konvensional


Bagi penjual, dengan menjalankan bisnis secara online bisa menjangkau pasar yang sangat luas, tidak sebatas pembeli lokal seperti pada bisnis offline. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan bisnis online dibandingkan bisnis konvensional, seperti berikut : 

1. Modal kerja dan biaya operasional yang relatif rendah.
Dibandingkan dengan bisnis konvensional, maka bisnis online :
- Hanya membutuhkan koneksi internet, hosting  sebagai tempat penyimpanan data-data website kita, dan domain.
- Tidak perlu ruang/kantor khusus untuk bekerja.
- Tidak perlu menyewa tempat/toko.
- Tidak ada ongkos pemeliharaan gedung
Tidak perlu menggaji pegawai
- Tidak perlu ongkos transportasi ke tempat kerja.

2. Jam kerja yang tidak terikat
Berbeda dengan bisnis konvensional yang memiliki jam kerja dan waktu kerja yang   yang terjadwal, maka bisnis oline memiliki fleksibilitas dan kebebasan dalam bekerja.  Kita bisa memilih dan menentukan kapan dan berapa lama kita akan bekerja dalam sehari.

3. Tempat kerja yang flexibel
Tidak hanya di rumah, di mana pun kita bisa mengelola bisnis online sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sepanjang dapat terhubung dengan internet. Bahkan di tempat tidur pun kita bisa melakukan bisnis online.

4. Pangsa pasar yang Luas
Dengan media internet yang menghapus batas ruang dan waktu, maka bisnis kita dapat diakses dan dikenal di seluruh dunia. Dengan makin meningkatnya jumlah pengguna di seluruh dunia, maka kemungkinan semakin luas pula pasar yang dapat di jangkau.
 
5. Tidak perlu kena macet dalam perjalanan
Dengan berbisnis  dan menghasilkan uang dari internet, maka kita tidak perlu keluar rumah untuk bekerja dan tidak sampai terjebak dalam kemacetan di jalanan yang bisa membuat stres.

6. Bisa menjalankan beberapa bisnis sekaligus
Karena berbisnis online relatif murah dan tidak perlu dijaga secara fisik dan diawasi secara khusus, kita bisa bebas menjalankan beberapa jenis usaha sekaligus. Misalnya sambil menawarkan jasa pembuatan toko online, kita juga bisa memasang iklan PPC di blog, dan menawarkan bisnis affiliasi.

Kamu bisa berjualan secara online sambil merangkap menjadi agen jasa pengiriman. Tidak harus secara khusus membuka kantor agen, atau menyewa ruang, kamu bisa memanfaatkan ruang kecil di rumahmu untuk meletakkan sebuah meja dan 2 buah kursi sebagai 

7. Dapat Mendekatkan Kita dengan Keluaga
Dengan menjalankan bisnis di internet, maka kita tidak perlu keluar rumah. Pekerjaan dapat dilakukan di rumah, sehingga tetap dekat dan akrab dengan keluarga. Karena faktor ini, banyak wanita yang terjun berbisnis online. Sambil bekerja mereka tetap dapat berinteraksi dengan anggota keluarga setiap saat.

8. Menjadi Bos
Dengan menjalankan bisnis online, kita tidak terikat oleh siapapun, sebab kita menjadi pemilik sekaligus pimpinan dari usaha kita. Kita tidak diatur oleh jadwal kerja dan perintah orang lain, tapi kita sendiri yang merumuskan jadwal kerja dan strategi untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis kita.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, paling tidak ada 8 alasan mengapa orang - termasuk Anda - sebaiknya melakukan bisnis online. Sebetulnya kalau mau diteruskan, bisa ditambahkan alasan lain mengapa bisnis online itu menarik, yaitu dengan menerapkan konsep reseller maupun dropship, dimana Anda tidak harus memiliki atau menyediakan sendiri barang yang akan dijual.

Bahkan ada jenis bisnis online yang bisa dijalankan relatif tanpa modal sekalipun. Ini berarti tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencoba menjalankan bisnis online. Modal utama dan yang terpenting adalah kemauan kuat.

Sebagai rangkuman, bisnis online menjadi sebuah keniscayaan yang menawarkan peluang sekaligus tantangan yang besar dengan semakin banyaknya para pelakunya. Bisnis online bisa berkembang pesat karena didukung kemajuan teknologi internet dan akses yang semakin masif dan piranti gadget yang kian murah. Berbagai kemudahan dan keuntungan yang berbisnis maupun berbelanja secara online melalui internet menjadikan bisnis online sebagai pilihan yang menarik untuk dijalankan oleh siapapun.
loading...

Labels: Bisnis Online

Thanks for reading Ini Alasan Mengapa Anda Seharusnya Berbisnis Online. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini Alasan Mengapa Anda Seharusnya Berbisnis Online"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online