Ada Alfatrex, Belanja di Alfamart Bisa Sambil Kirim Paket


Alfatrex Alfamart - Dimana ada Indomaret, disitu ada Alfamart. Persaingan antara keduanya tak berhenti di bisnis intinya supermarket, tapi sekarang merambah ke bisnis jasa pengiriman.

Seakan tak mau kalah dan ketinggalan dari Indomaret yang terlebih dahulu meluncurkan jasa pengiriman I-paket, jaringan toko swalayan Alfamart ikut meramaikan persaingan bisnis logistik dengan meluncurkan Alfatrex di The Pallas, Jakarta (7/5/2018).

Ada Alfatrex, belanja di Alfamart bisa sambil kirim paket.
Sekarang, dimana ada Alfamart, ada Alfatrex (via sindonews.com)
Alfatrex sendiri merupakan sebuah jasa logistik untuk mendukung dan memaksimalkan 13.500 toko yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Bedanya, I-paket hasil dari kolaborasi Indomaret dengan RPX, perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat. Sedangkan Alfatrex merupakan anak usaha dari Alfamart sendiri.

Inovasi yang dihadirkan Alfamart di tengah industri retail Indonesia ini adalah komitmen dalam menyediakan layanan pengiriman yang terpercaya, sesuai dengan kebutuhan pelanggan, cepat dan tepat.

Selain itu, Alfamart terus berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh kalangan masyarakat dengan mengeluarkan layanan baru, berupa Alfamart Digital Bussiness sebagai pilihan masyarakat baik sebagai konsumen akhir maupun sebagai individu yang berwirausaha dalam memudahkan segala urusannya, bahkan melalui genggaman tangan saja.

“Transformasi digital yang sedang berkembang pesat sangat terasa saat ini adalah karena bertambahnya pemain (bisnis jual beli online atau e-commerce) di Indonesia. Hal ini berdampak positif terhadap industri jasa pengiriman barang,” papar Bambang Setyawan Djojo, Director of International Business and Technology Alfamart, saat launching Alfatrex, seperti dilansir dari laman Industry.co.id.

Alfatrex memiliki empat pelayanan dasar, yakni Same Day Service (SDS) yang merupakan produk dimana kurang dari 15 jam paket akan diantar ke tempat tujuan, Next Day Service (NDS), layanan pengantaran paket ke tempat tujuan kurang dari 48 jam, Reguler Service (RGS) produk layanan pengiriman yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan tarif terjangkau dan Economy Service (ECS) pengiriman paket dalam jumlah besar.

Selain itu, terdapat variasi layanan yang dapat kirim dari toko Alfamart ke toko Alfamart lain (store to store) ke seluruh jaringan Alfamart. Lalu, pelayanan door to door, store to door, dan door to store. Sehingga secara keseluruhan ada 9 layanan pengiriman Alfatrex, sebagai berikut :

  1. RGSDD (Regular Service Door to Door)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket ke seluruh wilayah di Indonesia dengan estimasi waktu 1 - 7 hari setelah pihak Alfatrex mengambil paket dari tempat si pengirim dan selanjutnya diantar ke alamat tujuan pengiriman. Batas waktu pick up barang kiriman disesuaikan dengan daerah origin pick up.
  2. RGSDS (Regular Service Door to Store)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket dengan estimasi waktu 1 - 7 hari setelah pihak Alfatrex mengambil dari lokasi pengirim diantarkan ke alamat toko tujuan pengiriman.
    Batas waktu pick up barang kiriman disesuaikan dengan daerah origin pick up dan pengambilan barang pada kota tujuan sesuai jam operasional toko dengan max 3 hari.
  3. RGSSS (Regular service Store to Store)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket ke seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi waktu 1 - 7 hari yang dikirim dan dapat diambil melalui jaringan Alfamart group dikota tujuan pengiriman. 
  4. RGSSD (Regular Service Store to Door)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket ke seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi waktu 1 - 7 hari yang dikirim melalui jaringan Alfamart group dan diantar ke alamat tujuan pengiriman”. 
  5. NDSDD (Next Day Service Door to Door)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket cepat dengan waktu pengiriman sampai di kota tujuan keesokan harinya (1 hari). 
  6. NDSDS (Next Day Service Door to Store)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket dengan waktu pengiriman sampai di kota tujuan keesokan harinya (1 hari) dan barang dapat diambil melalui jaringan Alfamart group. 
  7. NDSSS (Nex Day service Store to Store)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket cepat dan terpercaya ke seluruh wilayah Indonesia dengan waktu pengiriman sampai di kota tujuan keesokan harinya (1 hari) yang dikirim dan dapat diambil melalui jaringan Alfamart group. 
  8. NDSDS (Next Day Service Store to Door)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket dengan waktu pengiriman sampai di kota tujuan keesokan harinya (1 hari)”yang dikirim melalui jaringan Alfamart group”.
  9. SDSDD (Same Day Service Door to Door)
    Yaitu layanan pengiriman barang/paket cepat dengan waktu pengiriman dihari yang sama sampai ditujuan”.

Kalau melihat jenis layanan tersebut memang cukup rumit bagi konsumen yang akan mengirimkan paket lewat Alfatrex. Sangat mungkin beberapa jenis layanan tersebut tidak efektif karena membingungkan konsumen.

Cara Kirim Paket Lewat Alfatrex


Sedangkan cara mengirim barang melalui Alfatrex juga berbeda dengan jasa pengiriman lain. Seperti dijelaskan dalam situs resminya, untuk mengirimkan barang, konsumen harus membuat Kode Booking terlebih dahulu melalui website atau mobile app.

Tentunya pengirim harus melakukan registrasi dulu agar bisa login ke website atau aplikasi Alfatrex dengan mengisi data lengkap, termasuk data barang kiriman dan jenis layanan, sampai selesai dan keluar kode booking.

Kode booking tersebut bisa dicetak dan ditempelkan pada paket atau cukup dicatat.

Selanjutnya bawa barang kiriman beserta dengan kode booking ke toko Alfamart, Alfamidi, atau Lawson. Lalu lakukan pembayaran ongkos kirim ke kasir.

Barang dapat dikirim ke alamat tujuan atau dapat diambil ditoko Alfamart, Alfamidi, atau Lawson.

Yang juga berbeda, Alfatrex membatasi berat paket maksimal 20 kg, dan untuk penghitungan Dimensi salah satu sisinya max 100 cm atau tidak melebihi penghitungan 0,05 mɜ. 

Saya mencoba melakukan cek ongkir Alfatrex dari lokasi asal Jakarta menuju Surabaya, dan hasilnya ada 5 tarif yang muncul. 

Ongkir alfatrex
Ongkir Alfatrex dari Jakarta ke Surabaya

Yang termurah Rp 4.400/kg untuk layanan ekonomis, ini setara dengan tarif darat (trucking) dari TIKI yang mencapai Rp 45.000/10kg atau JNE Rp 50.000/10kg untuk tujuan sama. 

Untuk layanan Reguler ada dua tarif tergantung jenis layanan yang dipilih, apakah konsumen akan mengirim lewat toko jaringan Alfamart atau memilih pengiriman dengan penjemputan dari pihak alfatrex, dengan selisih biaya hanya seribu. Tarif Reguler ini pun setara dengan tarif reguler JNE maupun TIKI.

Sedangkan layanan premium satu hari sampai juga dibedakan antara paket dikirim sendiri ke toko Alfamart (NDSSD) atau diambil petugas Alfatrex (NDSDD). Tarif nya berkisar Rp 28.000-29.000/kg, ini juga bersaing dengan tarif ONS (One Night Service) maupun YES (Yakin Esok Sampai) JNE untuk tujuan sama dari Jakarta ke Surabaya.

Dengan belasan ribu outlet Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia, kehadiran Alfatrex memang bisa diharapkan menjadi pilihan bagi para konsumen yang akan mengirimkan paket maupun para pedagang online. Terlebih jika tarif yang dikenakan dan kecepatan pelayanannya mampu bersaing dengan jasa pengiriman lain.

Bisa berbelanja sambil kirim paket. Sehingga nantinya ada slogan, dimana ada toko Alfamart, disitu ada Alfatrex.
Loading...

Labels: Alfatrex

Thanks for reading Ada Alfatrex, Belanja di Alfamart Bisa Sambil Kirim Paket. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Ada Alfatrex, Belanja di Alfamart Bisa Sambil Kirim Paket"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.