PT Pos Indonesia Siapkan Pasukan Oranger Untuk Layanan Jemput Paket Ke Konsumen


Peta persaingan bisnis jasa pengiriman semakin sengit jika rencana PT Pos Indonesia menjalankan pasukan O-Ranger berjalan sesuai rencana. Bukan hanya berbeda dari pemain lain, langkah PT Pos ini terbilang revolusioner.

Layanan pick up atau pengambilan paket ke konsumen memang kian ngetren dilakukan berbagai perusahaan jasa logistik, bahkan sudah menjadi standar operasional bagi J&T melalui program Gratis Jemput Paket Di Tempat. Namun yang ditawarkan O-Ranger beda.
PT Pos Indonesia Siapkan Pasukan Oranger Untuk Layanan Jemput Paket Ke Konsumen
Pasukan O-Ranger PT Pos siap jemput paket konsumen.
Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mengirim paket ke kantor pos, PT Pos menghadirkan layanan jemput bola melalui pasukan sales yang disebut O-ranger. Nantinya orang yang membutuhkan jasa pengiriman Pos tidak perlu datang ke kantor pos, tapi cukup memanggil O-Ranger yang siap mengambil paket langsung dari rumah atau kantor konsumen.

O-Ranger dibentuk PT Pos atas dasar sejumlah pertimbangan. Pertama, mengantisipasi pertumbuhan e-commerce Indonesia dari 2% dari total nilai perdagangan retail domestik ke 20%. Seperti dijelaskan Dirut PT Pos Indonesia, Gilarsi W. Setijono, saat ini kapasitas kiriman paket di Indonesia mencapai 2 juta kiriman paket per hari, jika tumbuh 20% akan ada 20 juta paket per hari yang harus ditangani. Sebagai tulang punggung logistik e-commerce Indonesia, PT Pos harus berani berinvestasi  untuk mengubah infrastrukturnya.

Disisi lain, dibandingkan kompetitornya dari pihak swasta, bisa dibilang PT Pos masih ketinggalan kereta. JNE misalnya, saat ini menerima 900 ribu paket setiap harinya, sedangkan PT Pos, seperti dikutip dari Indopos.co.id, saat ini menangani 280 ribu paket per hari. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut sekaligus mencapai target bisnisnya, PT Pos pun melakukan sejumlah inovasi.

Jika selama ini PT Pos mengandalkan jaringan kantor pos dan AgenPos yang tersebar ribuan di seluruh Indonesia, maka untuk menggarap potensi besar pada pengiriman barang secara online, PT Pos pun berinisiatif memberikan layanan jemput bola melalui pasukan O-Ranger.

Pengiriman paket saat ini akibat lonjakan bisnis online harus diimbangi dengan layanan jemput bola ke konsumen. Para penjual online yang mengalami hambatan keluar rumah atau kesulitan menyediakan waktu untuk mengirim paket, membutuhkan bantuan dalam pengangkutan paketnya. Karena itu PT Posindo berinisiatif menghadirkan O-Ranger untuk menjemput paket dari pelanggan dengan mendatangi langsung rumah atau kantor pelanggan.

Jika dulu orang mengenal pak Pos yang bertugas mengantar surat dan paket, maka sekarang ada O-Ranger bertugas menjemput paket yang akan dikirim masyarakat, khususnya melayani penjemputan barang pelanggan dagang-elektronik (e-commerce).

Apa Itu O-Ranger PT Pos Indonesia?

O-Ranger merupakan tim atau jaringan petugas PT Pos yang berfungsi sebagai kolektor barang kiriman yang menyasar langsung kepada pelaku usaha. O-Ranger juga berperan mengantarkan barang berupa paket kepada penerimanya.

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Pos Indonesia, O-Ranger merupakan tim yang dibentuk Pos Indonesia untuk melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area.

O-Ranger berasal dari kata Orange, yang merupakan warna lambang dari Pos Indonesia, dan juga terdiri dari 2 kata yaitu "O" dan "Ranger" yang memiliki makna filosofis yang dalam.

"O" merupakan kependekan dari sederetan kata Optimist, Onward, Outstanding, Observant, dan Outgoing.

"Ranger" yang berarti pengembara atau penjelajah, melambangkan kegigihan tim dalam melaksanakan tugasnya dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki.

Aktivitas O-Ranger meliputi :
- Melakukan pick up service.
- Menawarkan produk unggulan Pos Indonesia.
- Melakukan pendataan pelanggan dan calon pelanggan.
- Memprospek calon pelanggan.

Aktivitas O-Ranger.
Tim O-Ranger bisa dikenali dari identitas petugas yang mengenakan jaket dan topi berwarna hijau cerah. Warna hijau tersebut menunjukkan bahwa PT Pos mendukung konsep ramah lingkungan. Meskipun warga seragam pasukan O-Ranger berbeda dengan identitas Posindo yang berwarna oranye, namun warna khas Posindo tetap ada di logo O-Ranger.

Nantinya anggota O-Ranger akan disebar di pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan dan daerah-daerah bisnis. PT Pos sedang menyiapkan teknologi yang dapat digunakan masyarakat untuk mengetahui keberadaan O-Ranger terdekat dari tempat tinggalnya. Untuk memanfaatkan jasa O-Ranger, pelanggan tidak perlu menulis data paket yang akan dikirim, tapi langsung diinput melalui smartphone yang dibekalkan pada O-Ranger.

Menariknya lagi, nantinya waktu operasional kantor pos juga dirombak total. Dari sebelumnya hanya beroperasi sesuai jam kantor, akan tetap buka dan melayani sampai tengah malam. Hal ini sebagai antisipasi terhadap kecenderungan pemain e-commerce yang kebanyakan mengantarkan paket pada malam hari.

Pada tahap awal, Pos Indonesia akan memiliki sekitar 2.000 pasukan O-Ranger dengan target sampai dengan akhir tahun 2018 terdapat 5.000 O-Ranger yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan karyawan Pos lain, pola rekrutmen tenaga O-range bukan untuk menjadi karyawan, tetapi sebagai direct sales retail yang akan menggarap pasar ritel di setiap cabang PT Pos, di regional 1 sampai 11.

Menurut Pupung Purnama, Kepala Regional 4 Jakarta PT Pos Indonesia, perekrutan sales O-Ranger lebih mengedepankan peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan besar dan jumlahnya tidak dibatasi waktu sampai kebutuhan pasar ritel surat dan paket terpenuhi, seperti dilansir laman Sindonews.com.

Persyaratan O-Ranger PT Pos


Pendaftaran O-Ranger terbuka bagi semua warga negara Indonesia, pria maupun wanita, yang memenuhi persyaratan tertentu. PT Pos Indonesia menyebutkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi para calon, diantaranya : berusia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun. Berpendidikan minimal SMA/sederajat, memiliki motor dan SIM C, memiliki smartphone Android versi 5 ke atas, dan menyerahkan SKCK yang masih berlaku.

Selain itu calon O-Ranger dituntut mampu bekerja dalam tim maupun secara individu, mampu bekerja dengan target, mengutamakan konsumen, jujur dan pekerja keras, serta mampu berkomunikasi lisan dengan baik.
Persyaratan pendaftaran O-Ranger PT Pos.
Persyaratan bagi O-Ranger.
Jika kamu mampu memenuhi persyaratan tersebut, silakan bergabung dengan pasukan O-Ranger sebagai ujung tombak pemasaran produk PT Pos.

Untuk melakukan pendaftaran cukup secara online melalui link berikut :

http://oranger.posindonesia.co.id/web/index.php/registration/create-registration




Pendaftaran O-Ranger.
Form pendaftaran O-Ranger.
Untuk pendaftaran sebagai O-Ranger, selain mengisi data pribadi kamu harus mengupload dokumen seperti foto pribadi, KTP, SIM C, ijazah, dan SKCK. Pastikan semua data yang diperlukan sudah terisi dengan benar sebelum menekan tombol Registrasi untuk memproses pengajuanmu.

Seperti dijelaskan dalam laman resminya, PT Pos menjanjikan proses verifikasi pendaftaran dalam waktu 2 hari. Dengan bergabung menjadi bagian dari O-Ranger, banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Antara lain mendapatkan peluang penghasilan lebih dari Rp 5 juta setiap bulan!.

Selain itu kamu juga akan mendapat bimbingan untuk mengembangkan potensi dalam diri kamu, baik kemampuan teknis maupun softskill.

Bagaimana, kamu tertarik menjadi anggota dari O-Ranger PT Pos Indonesia? Ayo, ambil peluang ini!
Loading...

Labels: PT Pos

Thanks for reading PT Pos Indonesia Siapkan Pasukan Oranger Untuk Layanan Jemput Paket Ke Konsumen. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "PT Pos Indonesia Siapkan Pasukan Oranger Untuk Layanan Jemput Paket Ke Konsumen"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.