Dengan Aplikasi Pelni Logistic, Kirim Barang Lewat Kapal Cukup Dari Ponsel


PT Pelni kian dekat dengan pelanggannya. Setelah melakukan terobosan dengan menjual tiket secara online, kini mulai mengoptimalkan teknologi dalam bisnis logistik alias pengiriman barang lewat kapal. Seakan tak mau ketinggalan kereta dalam memanfaatkan teknologi dalam bisnis pengiriman, membuka tahun 2018, perusahaan pelayaran nasional ini meluncurkan aplikasi kargo.

Aplikasi Pelni Logistik untuk pengiriman kargo secara online.
Kapal Dobonsolo, salah satu kapal PT Pelni yang digunakan untuk melayani pengiriman pengiriman logistik dengan aplikasi Pelni Logsitic (sumber : Tempo.co) 
Aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk pemesanan dan pengiriman logistik dengan kargo atau kontainer lewat aplikasi berbasis android.

Lewat aplikasi Pelni Logistic, PT Pelni (Persero) mengharapkan proses pengiriman kargo atau kontainer bisa lebih mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi tersebut juga ditargetkan mendorong peningkatan pengiriman barang/kontainer.

Adapun muatan yang dilayani di antaranya kontainer kargo, general kargo, pupuk curah, semen, kendaraan serta alat berat. 

Menurut Direktur Usaha dan Angkutan Pelni, Harry Budiarto, layanan aplikasi Pelni Logistic merupakan upaya perseroan mempermudah pelanggan Pelni di sektor jasa pengiriman barang. Diharapkan pengguna bisa memanfaatkan pengiriman melalui aplikasi tersebut dengan cukup efektif tanpa perlu mendatangi kantor-kantor Pelni.

"Ini bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas kami di Pelni. Setiap pemilik barang bisa menggunakan aplikasi ini dan terpantau semua di aplikasi baik itu mengenai jadwal kapal, tarif per kontainer dan pelabuhan bongkar muatnya," ungkap Harry seperti dikutip dari Sindonews.com.

Selain itu dengan aplikasi kargo ini, PT Pelni ingin memperkenalkan kepada publik secara luas tentang program dan pelayanan Pelni. Sebab selama ini Pelni lebih dikenal sebagai perusahaan shipping, padahal faktanya juga melayani jasa logsitik.

Launching aplikasi Reservasi Cargo Pelni Logistic.
Direktur Usaha Angkutan Barang PT Pelni (Persero), Harri Budiarto (tengah) dan Direktur Utama PT Sarana Bandar Nasional, anak perusahaan PT Pelni, Suharyanto (kedua dari kiri) dalam acara Soft Launching, aplikasi Reservasi Cargo Pelni Logistic di Auditarium PT Pelni, Jalan Gajah Mada, Jakarta, pada Kamis, 4 Januari 2018. (sumber : Tempo.co)

Sejalan dengan transformasi menjadi perusahaan logistik total dan turut melayani pelanggan jasa transportasi barang dari pintu ke pintu hingga menjadi usaha penunjang dari kegiatan bisnis utama perusahaan, perseroan juga mematok target pendapatan.

Untuk tahun 2018, Pelni Logistic yang merupakan anak usaha PT Pelni, menargetkan pertumbuhan pengiriman barang meningkat 15-20% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 Pelni Logistic berhasil membukukan laba sebesar Rp45 miliar atau naik Rp 40 miliar dibanding 2016.

Untuk tahun 2018, Pelni Logistic yang merupakan anak usaha PT Pelni, menargetkan pertumbuhan pengiriman barang meningkat 15-20% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 Pelni Logistic berhasil membukukan laba sebesar Rp45 miliar atau naik Rp 40 miliar dibanding 2016.

Aplikasi Pelni Logictic saat ini melayani tiga kapal, yaitu Dobonsolo, Ciremai dan Gunung Dempo pada 12 kota pelabuhan yang dilalui kapal penumpang Pelni. Jumlah itu nantinya akan bertambah menjangkau 26 kapal penumpang Pelni serta 96 kota yang dilaluinya. Selain itu Pelni Logistic juga berencana akan menambah 1.200 dari kontainer dari kontainer eksisting sebanyak 980. 

Saat ini aplikasi reservasi kargo bernama PELNI Logistic ini sudah bisa diunduh lewat smartphone berbasis android melalui Playstore serta ke depan akan ditingkatkan dengan sistem IOS Apple melalui AppStore.

Dalam aplikasi Pelni Logistic terdapat informasi jadwal kapal, tarif pengiriman, dan pelacakan kargo. Untuk menggunakan aplikasi ini cukup hanya dengan memasukkan jumlah kontainer yang ingin dipesan, kemudian akan tampil jadwal kapal yang tersedia beserta biaya yang dibutuhkan.

Di akhir pesanan, aplikasi secara otomatis akan mengirim kode pemesanan ke email pemesan untuk selanjutnya dilakukan pembayaran. 

Dengan begitu pengiriman logistik oleh Pelni bisa cepat, efisien dan transparan. Ditambah lagi aplikasi ini bisa melakukan tracking atau mencari tahu posisi barang ada di mana.

Perlu diketahui masyarakat, jenis kargo yang dapat dipesan melalui aplikasi Pelni terdiri dari kontainer kering (dry container) ukuran 20 kaki, kontainer berpendingin (reefer container), dan kendaraan roda empat serta roda dua.

Pelni menawarkan tarif beragam, mulai dari tarif all in, mencakup seluruh tarif mulai dari tarif pengiriman ke pelabuhan hingga ke penerima akhir. Pelni juga menyediakan opsi tarif pengiriman dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan.

Menggeliatnya sektor transportasi dan logistik, kini telah memasuki era penggunaan teknologi digital yang masif. Di beberapa moda angkutan, teknologi telah menimbulkan efek distribusi terhadap model bisnis konvensional. "Sekarang era digital, Pelni harus ke situ. Dulu kalau pesan kontainer harus ke cabang, sekarang sudah bisa lewat aplikasi," kata Harry.

Ini berarti PT Pelni telah siap memasuki era digital dan berkompetisi secara sehat. 
loading...

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top