Usai Ganti Slogan, J&T Bikin Kompetisi Desain Maskot Dan Berencana Ekspansi Ke Asia Tenggara


Perkembangan bisnis e-commerce yang begitu pesat di Indonesia mendorong PT Global Jet Express atau lebih dikenal sebagai J&T Express, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi untuk menyesuaikan diri, salah satunya mengganti slogannya. Kini, J&T dengan dengan barunya, yaitu “Express Your Online Business”, semakin percaya diri melayani pebisnis online.
 
Slogan baru J&T "Express Your Online Business"
Armada pengiriman barang J&T Express (via Indotelko.com)

Perubahan slogan tersebut resmi diluncurkan pada Oktober 2017, sengaja dibuat untuk mendorong pelanggan, terutama para pebisnis online, untuk mengekspresikan bisnis mereka menggunakan jasa pengiriman barang yang cepat, dapat diandalkan, dan bebas khawatir.

Mengapa bebas khawatir? J&T Express menawarkan proses klaim yang cepat (3 hari) untuk paket yang rusak atau hilang, layanan 365 hari kerja, teknologi real-time tracking system untuk mengetahui posisi teraktual paket pengiriman, dan layanan gratis jemput paket di tempat.

Dalam proses transaksi online, seringkali pihak penjual dan pembeli online  khawatir ketika tidak mengetahui status posisi paket berada, sering khawatir ketika hilang ganti rugi tidak jelas atau pun khawatir layanan pengantaran barang tidak beroperasi ketika orderan banyak di saat weekend maupun hari libur.

Dengan slogan baru tersebut, J&T Express memiliki misi yang besar untuk mendorong pertumbuhan industri eCommerce di Indonesia melalui layanan komprehensif yang ditawarkan.

“J&T Express tidak hanya memiliki sistem TI yang terkini yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. J&T juga memiliki 2.000 drop points dan hampir 2.000 collection points sehingga mudah dijangkau oleh pelanggan di manapun di seluruh Indonesia, serta layanan yang menghubungkan 17.508 pulau di Indonesia. Layanan kami menawarkan kemudahan untuk memberikan pengalaman e-commerce yang lebih menyenangkan, baik untuk pembeli mau pun penjual,” kata Founder J&T Express Jet Lee, seperti dikutip dari Indotelko.com

Sampai saat ini bisnis E-commerce sendiri menyumbang kontribusi sebesar 60% dari keseluruhan pengiriman yang dilakukan J&T. Meskipun sudah melayani hampir semua wilayah Indonesia, namun sebarannya belum merata. Saat ini pengiriman untuk e-commerce masih dominan di Jawa sebesar 70%, Sumatera 10% dan sisanya berada pada pulau-pulau lain.

Meskipun baru berdiri di Indonesia selama 2 tahun, namun J&T mengklaim telah melayani pengiriman ke seluruh kota di Indonesia. Menurut data terakhir Kontan, J&T memiliki 1.800 titik cabang dan akan menambahkan 200 cabang lagi untuk memenuhi target sebesar 2000 hingga akhir tahun 2017 ini.

Untuk mendekatkan diri dengan pelaku e-commerce, J&T telah menjalin kerja sama dengan sebagian besar platform marketplace di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Pencapaian ini belum membuat J&T merasa puas. Robin Lo selaku Chief Executive Officer (CEO) J&T Express menyatakan harapannya untuk pengiriman e-commerce dari J&T bisa sampai 80% dan 20% sisanya dari ritel.

Soal target, Robin Lo bilang, J&T mematok angka 300.000 pengiriman per hari. Adapun saat ini, manajemen sudah merealisasikan 250.000 pengiriman per hari, atau sudah mendekati target. Dengan jumlah pengiriman yang cukup besar, J&T mengklaim menjadi jasa pengiriman nomor dua di Indonesia.

Untuk tahun depan, J&T memiliki rencana meningkatkan moda transportasi menjadi 2000 unit mobil dari jumlah saat ini 1000 unit mobil. Artinya ada penambahan 100%. 

Tidak hanya moda transportasi, J&T telah menginvestasikan Rp 800 miliar untuk membeli lahan di Bandung, Jakarta, Surabaya dan Semarang. Lahan dengan luas masing-masing sekitar 10.000 meter persegi tersebut digunakan untuk mensortir 1 juta barang per hari. Diharapkan akhir tahun depan lahan sudah bisa beroperasi.

Selain di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan sekitarnya menjadi target ekspansi J&T. Sedangkan untuk Indonesia Timur mungkin akan ekspansi ke Makassar. “Yang kami utamakan adalah membangun dulu, infrastruktur dan pelayanan bagus dahulu, nanti baru kita ngomong yang lain,” tuturnya.

Tidak hanya rencana ekspansi di Indonesia, Robin juga menyampaikan J&T ingin mendorong Indonesia agar menjadi pusat di Asia Tenggara.
Dengan portofolio yang meyakinkan di Indonesia, J&T Express sudah berancang-ancang untuk berekspansi ke beberapa negara lain di Asia Tenggara dalam waktu dekat. Vietnam dan Malaysia menjadi target awal, karena faktor kedekatan dan potensi e-commerce yang juga bagus.

Kompetisi Desain Maskot J&T


Setelah ganti slogan baru menjadi “Express Your Online Business”, J&T menindaklanjuti dengan mengadakan kompetisi desain maskot.

Sesuai dengan slogan dari J&T Express yakni Express Your Online Business, kompetisi ini  mengusung filosofi, visi dan misi yang berpacu untuk menjadikan bisnis online pelanggan lebih praktis dan efisien serta mendorong pelanggan untuk mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih besar di platform e-commerce.

Kompetisi desain maskot J&T ini terbuka bagi umum yang berusia diatas 17 tahun, berlangsung dari 18 November hingga 20 Desember 2017.

“Tujuan kompetisi ini untuk mencari karya anak bangsa untuk merepresentasikan visi dan misi J&T Express, dengan melibatkan masyarakat umum akan memberi ruang untuk mengembangkan kreativitas juga kontribusi yang membanggakan untuk mereka,” kata Pendiri J&T Express, Jet Lee, seperti dikutip dari portal Indotelko, (21/11).
Pihak J&T Express memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menyerahkan lebih dari satu karya desain berbeda yang akan menjadi kesempatan besar bagi para anak muda Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi ini.

“Generasi mileneal Indonesia saat ini banyak menyalurkan kreativitasnya dalam berbagai bentuk salah satunya dalam bentuk visual, maka itu kami mendukung melalui kompetisi ini memberi kesempatan bukan hanya para profesional tapi juga mahasiswa/i. Kami juga akan memberikan apresiasi kepada mereka dengan memilih 10 kandidat dengan desain terbaik sesuai dengan ketentuan yang telah kami tetapkan” ujar CEO J&T Express Robin Lo.

Pemenang dari kompetisi ini akan dibagi menjadi beberapa kategori: pemenang utama desain yang terpilih akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 20 juta, dua pemenang favorit dengan jumlah likes terbanyak di media sosial akan mendapatkan hadiah produk Oppo F5, dan 7 peserta dari 10 kandidat yang terpilih akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Dalam kompetisi ini, desain maskot dari pemenang utama desain yang terpilih akan digunakan oleh J&T Express dalam berbagai kegiatan. Hal ini akan memicu semangat anak muda untuk berkarya.

Pemenang kompetisi desain maskot akan di umumkan pada Januari 2018 mendatang. Anda berminat mengikuti lomba desain maskot J&T? Ayo, mumpung masih ada waktu.
loading...

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top