Lebih Mudah Mana ? Bisnis UKM Online atau UKM Offline


Bila berbicara mengenai bisnis tentu saja semua orang mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang pebisnis, Banyak ide bisnis yang bisa dilakukan sekarang ini. Mulai dari bisnis UKM online dan juga bisnis UKM Offline.

Perbandingan bisnis online dan bisnis offline
Bisnis online via Kreditgogo

Perbedaan yang paling signifikan diantara keduanya terletak dari cara mengontrolnya sendiri. Para pebisnis tentunya sudah paham mengenai bisnis yang mereka jalankan, tetapi tidak sedikit dari mereka yang masih kesulitan dalam mengembangkan bisnis untuk lebih menguntungkan. 

Tujuan utama membangun bisnis adalah keuntungan atau laba. Meminimalkan kerugian adalah salah satu tujuan mereka ketika mengembangkan bisnis. Ada beberapa bisnis yang harus anda kenal. 

Pertama adalah bisnis UKM melalui internet dan juga bisnis UKM secara langsung atau Offline. Kedua jenis bisnis ini sebenarnya sama-sama menjanjikan, keduanya juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan sendiri-sendiri, untuk itu menguasai kedua jenis bisnis ini juga butuh pengetahuan dan pengalaman yang baik. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut, berikut beberapa pembahasan yang harus anda ketahui mengenai bisnis UKM online dan juga Offline.
Apa itu bisnis UKM Online ?
Perkembangan bisnis UKM online semakin hari semakin maju dengan baik, di era digital yang sudah modern ini, banyak pebisnis yang lebih suka memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis dengan jangkauan pasar yang jauh lebih luas. Mengembangkan bisnis UKM di internet ternyata banyak mendapatkan respon baik dari sebagian besar orang. Terutama dalam memudahkan Customer dalam memilih jenis barang tanpa harus pergi ke lokasi barang tersebut dijual. 

Dengan Penggunaan media online seperti ini tentu saja setiap pebisnis juga membutuhkan kepercayaan yang baik dari setiap customer yang ada di Internet. Bisnis ini lebih mudah di lakukan dengan bantuan beberapa periklanan daring seperti Facebook, Google adwords, website dan social media. Pengunaan bisnis UKM di internet jauh lebih efektif dan efisien untuk menghemat waktu dalam berbelanja. Dan sebagian pasar memang lebih memilih cara ini untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.
Apa itu bisnis UKM Offline ?
Bisnis ini lebih mengutamakan target pasar secara langsung, misalnya saja bisnis warung kelontong dan toko sembako. Bisnis semacam ini juga cukup menguntungkan namun untuk persembarannnya jauh kurang luas karena hanya dikenal oleh masyarakat dan orang-orang sekitar saja. Tetapi perlu di ingat juga bahwa penggunaan bisnis UKM online juga harus melihat jenis produk yang dijual, jika produk yang dijual mudah di dapatkan di daerah atau lokasi tersebut tentu persaingannya juga akan sulit.
Lantas baik mana antara bisnis UKM online dengan UKM Offline ?
Baik tidaknya tergantung dari jenis produk yang dijual dan cara pemasarannya. Bagi pebisnis online keduannya mempunyai sisi baik dan sisi kekurangan sendiri. Sehingga banyak dari mereka yang lebih memilih untuk menggabungkan keduanya agar keuntungan jauh lebih besar. 

Contoh kecilnya saja adalah Kafe di daerah Yogyakarta dekat dengan kampus. Target marketing mereka adalah mahasiswa yang suka nongkrong sambil minum kopi. Jadi tidak perlu penggunaan Internet untuk menjaring banyak customer. Namun sebaliknya Kafe yang ada didaerah pegunungan dengan memanfaatkan pemandangan alam yang eksostis. Hal semacam ini bisa menjadi daya Tarik sendiri bagi orang-orang yang berkunjung di Jogja. Tentu mereka membutuhkan promosi di internet untuk mendapatkan target marketing. Cara ini bisa dikatakan akan membuahkan sukses yang besar untuk perkembangan bisnis anda kedepannya. Selamat mencoba dan salam bisnis. (TP)

loading...

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top