Banyak Komplain Negatif Dari Pelanggan Di Media Sosial ? Begini Cara Menanganinya


Tidak semua pebisnis yang menjalankan bisnis online di internet memiliki kesempurnaan seperti bisnis yang dijalankan langsung di dunia nyata, kelebihan dan kekurangan dari setiap bisnis adalah konsekuensi yang harus di tanggung oleh para pelakunya sendiri. 


Menangani komplain negatif pelanggan di media sosial
Dislike, respon negatif yang paling umum di media sosial (via Google.com)

Semua pelaku bisnis online tentu juga harus mempunyai tanggung jawab yang besar baik itu menyikapi dan memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Tetapi sedikit dari mereka lebih sering melupakan hal ini dan mengabaikannya begitu saja. 
Komplain dari pelanggan merupakan salah satu hadiah terbaik untuk mendorong kita menjadi pebisnis yang benar-benar professional, menjadikan complain pelanggan sebagai saran dalam bisnis adalah solusi yang benar-benar ampuh untuk mengembangkan bisnis kedepannnya. 
Ketidakmampuan dalam menanggapi setiap komplain dari pelanggan adalah salah satu kelemahan kit ajika berbisnis di dunia online, dimana harus menggunakan sistem chat atau bertelponan secara langsung. 
Perbedaan complain menggunakan sistem seperti ini yang kadang membuat bisnis online menjadi lemah dari pada bisnis di dunia nyata. 
Untuk para pelaku bisnis sendiri mungkin perlu belajar lebih mendalami seperti apa cara menanggapi komplain-komplain negatif yang sering kita lihat di media sosial. Penanganannya sendiri juga membutuhkan tahapan yang baik agar tidak merugikan bisnis kita sendiri.

Berikut cara penanganan complain negatif dari pelanggan yang ada di media sosial

@Tanggapi dengan cepat
Hal utama yang perlu anda lakukan adalah dengan menanggapinya dengan cepat, melakukan klarifikasi dan menyelesaikan permasalahan ini perlu penanganan yang cepat agar tidak terbesar secara luas. Dengan tanggapan yang cepat dari pihak pebisnis, tentu akan membuat pelanggan memberikan sedikit kesempatan dalam memperbaiki kesalahan tersebut. Menanggapi dengan cepat juga memberikan kesan yang responsif terhadap pihak pebisnis.
@Akui kesalahan anda
Yang kedua jangan lupakan untuk mengakui kesalahan, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menanggapi komplain yang ada di media sosial terutama komplain yang berbau negatif. Komplain yang berbau negatif biasanya lebih menjerumuskan bisnis agar tidak di masuki oleh customer lain, Lebih baik minta maaf dan jelaskan apa yang sedang terjadi.
@Hubungi melalui telepon
Setelah itu pihak perusahaan bisa melakukan komunikasi melalui telepon untuk menjelaskan permasalan yang terjadi, dengan cara menghubungi langsung seperti ini, pelanggan akan merasa diperhatikan dan perusahaan anda akan terlihat bertanggung jawab dalam mengatasi setiap masalah yang muncul.
@Posisikan diri anda sebagaia seorang Customer
Ini adalah teknik penting yang harus kuasai oleh setiap pebisnis online, memposisikan diri sebagai customer untuk mendapatkan tanggapan baik dari customer lain merupakan cara untuk merespon dengan baik setiap permasalahan yang sedang terjadi. Lakukan pembicaraan layaknya seperti seorang customer.
@Jangan hapus komentar negative tersebut
Kebanyakan pebisnis online akan lebih suka melupakan masala sekecil apapun, mereka lupa bahwa setiap masalah yang kecil jika di internet bisa menjadi lebih besar. Karena internet adalah tempatnya orang-orang berkumpul. Jadi saya rasa cara ini sangat tidak baik untuk dilakukan, lebih baik lakukan pendekatan dengan customer dan berusaha untuk memberikan solusi terbaik.
Nah itulah setidaknya cara yang paling tepat untuk menangani komplain negatif dari setiap pelanggan yang ada di media sosial, jika cara-cara diatas dirasa masih kurang cukup. Anda bisa menambahkan beberapa teknik lainnya sesuai dengan kemampuan anda dalam penanganan customer. (TP)
loading...

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top