Mengenal Rekening bersama, Manfaat Serta Cara Kerjanya


Dunia internet memang menawarkan kelebihan yang tidak bisa dilakukan dalam dunia offline. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet, salah satunya melakukan jual-beli online. Tidak heran kalau internet menjadi pasar bisnis yang luas, disana tempat berkumpulnya orang-orang yang mencari informasi dan berlangsungnya jual beli online. 
Apa itu Rekening Bersama atau Rekber.
Ilustrasi rekber atau rekening bersama (via http://coachellavalleyweekly.com)

Akhir-akhir ini banyak sekali buyer (pembeli) yang merasa dirugikan karena adanya penipuan jual beli online oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maraknya penipuan dalam bisnis online seakan sudah menjadi hal biasa dan selalu terulang.

Kebutuhan keamanan selalu penting untuk ditekankan bagi setiap buyer di internet, maka hadirlah salah satu jasa perantara keuangan yang menjembatani antara penjual dan pembeli di internet, yaitu Rekening Bersama atau biasanya disebut Rekber.

Rekening Bersama adalah jasa yang diberikan oleh pihak ketiga sebagai perantara antara buyer dan seller dalam transaksi jual-beli online. Rekber mempunyai peran sebagai perantara transaksi online yang aman dan juga nyaman, sehingga kedua belah pihak lebih saling percaya untuk melakukan transaksi online.
Jasa Rekber sendiri sekarang di Indonesia mudah sekali untuk ditemukan, Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan kata kunci "rekening bersama" di Google, maka akan muncul sederetan jasa rekber yang siap untuk anda gunakan. Tetapi perlu di ingat kembali bahwa tidak semua jasa rekber itu benar-benar bisa dipercaya dengan baik. 

Kredibilitas mereka juga banyak diragukan terlebih untuk orang-orang yang pernah menjadi korban penipuan dari jasa Rekber. Maka untuk itu anda juga harus hati-hati dalam memilih jasa rekber yang benar-benar bisa dipercaya dengan baik. 

Jasa Rekber di internet ini bisa dilakukan oleh semua orang, baik itu perorangan ataupun juga perusahaan resmi. Yang terakhir ini sering disebut juga E-Wallet. Masing-masing rekber tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Untuk kelebihan jasa rekber perorangan yang jelas biaya Feenya jauh lebih murah dan juga transaksi jauh lebih cepat karena tidak terlalu banyak melayani customer. Sedangkan untuk kekurangannya sendiri terletak dari potensi penipuan atau uang tidak sampai ke Seller. Hal ini perlu menjadi catatan penting bagi kita ketika memilih jasa rekber perorangan. 

Kelebihan dari jasa rekber perusahaan sendiri terletak dari keamanan ketika melakukan transaksi dan sudah dikenal oleh orang-orang di internet. Sedangkan kekurangan dari jasa rekber ini biasanya lamanya proses konfirmasi dan juga besarnya biaya fee yang harus dibebankan kepada pihak Buyer.

Bentuk lain dari rekber terdapat pada sebuah situs atau forum jual-beli online, seperti Kaskus. Hampir semua situs forum memiliki fasilitas atau fitur jual-beli. Disini para anggota forum dapat menawarkan produk atau jasanya kepada anggota lain. Untuk mengamankan transaksi tersebut, diperlukan pihak ketiga yang menjadi perantara bagi anggota yang melakukan jual-beli, yang berfungsi sebagai rekening bersama.   

Rekber pada sebuah forum bisa berasal dari pihak pengelola maupun beberapa anggota forum tersebut. Tentu saja rekber yang berasal dari pihak pengelola memiliki kredibilitas yang lebih baik daripada rekber yang dikelola anggota forum. 


Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Rekening Bersama Bagi Buyer Dan Seller

Dari sudut kepentingan buyer dan seller, penggunaan Rekber mempunyai banyak kelebihan untuk kedua pihak.

Salah satunya adalah soal keuntungan buyer sendiri adalah rasa nyaman serta aman ketika ingin membeli produk atau jasa di internet, sedangkan untuk seller sendiri akan mendapatkan reputasi yang baik karena mau menggunakan jasa rekber, selain itu juga Buyer akan menganggap Seller adalah pebisnis yang professional karena tidak terlalu mementingkan uang. 

@ Kelebihan Rekber Untuk Buyer
Keuntungan yang bisa didapatkan oleh Buyer sendiri jika menggunakan jasa Rekber adalah berupa keamanan dalam transaksi online, transaksi pengiriman barang hanya akan sukses jika seller mengirimkan terlebih dahulu produk/barang/jasa sampai di buyer dan barulah Seller akan menerima pembayaran. Ini juga tergantung dari buyer puas tidaknya dengan produk yang dia dapatkan. Kemudian keuntungan yang kedua adalah soal pelayanan yang diberikan juga menguntungkan, dengan begitu buyer saat ini tidak perlu kesulitan dalam melakukan transaksi online.
@ Kerugian Rekber Untuk Buyer
Untuk kerugian sendiri tentu cukup banyak juga jika kita menggunakan jasa rekber, kerugian yang akan kita dapatkan adalah biaya fee atau tambahan yang cukup besar, biaya Fee yang dibebankan dari rekber berbeda dengan biaya Fee dari Bank sendiri. Biasanya untuk biaya Fee jauh lebih besar dan mengikuti jumlah uang yang akan di transfer, kedua adalah dalam memilih jasa rekber yang benar-benar bisa dipercaya dengan baik. Dan yang ketiga adalah proses transaksi yang lama karena pihak buyer juga harus melakukan konfrimasi ke jasa rekber dan juga Seller.
@ Keuntungan Untuk Pihak Seller
Keuntungan yang akan di dapatkan dari pihak seller jika mau menggunakan jasa rekber adalah kepercayaan akan reputasi seller yang baik dari buyer sendiri, ini menjadi salah satu hal penting yang harus benar-benar di dapatkan oleh seorang seller di internet. Yang kedua adalah meningkatkan penjualan produk di toko online yang baru saja kita mulai, dan yang terakhir adalah rekber mampu meningkatkan kredibilitas Seller di mata buyer dan menghiangkan kesan No Trust untuk buyer.
@ Kerugian Untuk Pihak Seller
Seller harus bisa mencari pihak Rekber yang netral antara buyer dan juga Seller, kemudian yang kedua adalah lamanya proses pembayaran juga harus disesuaikan dengan pengiriman produk. Walaupun sebenarnya tidak rugi, tetapi bisa dipastikan buyer menginginkan refund dengan alasan yang beragam, kemudian yang berikutnya adalah Seller mau tidak mau harus menuruti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Rekber.

Lantas seperti apa cara kerja dari Jasa Rekber Sendiri ?
Mengenai cara kerjanya hampir semua jasa rekber mempunyai prosedur yang sama, tetapi ada pula yang cukup berbeda. Namun secara umum ada beberapa kesamaan pola kerja dari rekber.

Kedua pihak, baik pembeli dan penjual menyepakati deskripsi barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim dan sebagainya, serta setuju untuk menggunakan jasa rekber yang dipercaya dalam melakukan pembayaran barang / jasa tersebut. 

Siapa yang menanggung biaya fee/komisi untuk rekber berdasarkan kesepakatan antara penual dan pembeli, meskipun pada umumnya pihak pembeli yang menanggung fee tersebut. Biasanya pihak pengelola rekber sudah memiliki patokan besaran fee berdasarkan nilai transaksi jual-beli. Makin besar nilai transaksi, makin besar pula yang diterima pengelola rekber. 

Sedangkan mengenai cara kerja dari transaksi jual-beli online yang menggunakan jasa rekening bersama dapat digambarkan sebagai berikut :

Ilustrasi cara kerja rekening bersama (rekber).

1. Pembeli (buyer) mentransfer uang atau dana ke rekening pengelola Rekber, selanjutnya pembeli melakukan konfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan dari rekber tersebut, melalui SMS, chat atau formulir konfirmasi di website pengelola rekber.
2 Pihak rekber mengkonfirmasikan kepada penjual (seller) bahwa dana telah diterimanya, dan selanjutnya meminta penjual untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli.
3. Pihak penjual mengirimkan barang melalui jasa pengiriman dan menyertakan bukti resi pengiriman.
4. Pembeli mengkonfirmasikan ke pihak rekber bahwa barang telah diterima dan kondisinya sesuai dengan yang dijanjikan penjual.
5. Pihak rekber mentransfer dana ke penjual setelah dipotong fee rekber.

Memperhatikan alur kerja transaksi jual-beli online melalui perantara rekber tersebut memang prosesnya cukup ribet dan bisa memakan waktu setidaknya seminggu hingga selesai. Jika produk yang dijual berupa jasa atau non-fisik, seperti jual-beli blog atau akun Adsense, prosesnya bisa lebih cepat karena tidak ada proses menunggu hingga barang diterima pembeli.

Sesuai dengan fungsi rekber sebagai perantara untuk mengamankan proses jual-beli antara pembeli dan penjual, maka keberadaan dan penggunaan rekber setidaknya dapat mengurangi resiko penipuan dalam bisnis online.  (TP/TS)
loading...

Labels: Bisnis Online, Rekber

Thanks for reading Mengenal Rekening bersama, Manfaat Serta Cara Kerjanya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Rekening bersama, Manfaat Serta Cara Kerjanya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.