Ide Bisnis Yang Dianggap Aneh Dan Konyol Ini Ternyata Menguntungkan. Mungkin Anda Juga Memilikinya?


Ide Bisnis - Ketika Anda memutuskan akan menjalankan suatu bisnis, tentu banyak pertimbangan dan pilihan bisnis. Anda mungkin sulit memutuskan bisnis yang cocok untuk Anda. Mungkin Anda melihat ide bisnis tersebut terlalu umum, sudah banyak yang menekuni, banyak pesaing, sehingga Anda kuatir tidak akan berhasil jika dijalankan.

Ide bisnis yang dianggap aneh dan konyol
Ide bisnis gila (via www.quotemaster.org)

Di sisi lain Anda mungkin memiliki ide bisnis sendiri, yang sama sekali orisinil, bahkan unik dan belum ada yang menjalankan. Namun lagi-lagi Anda ragu memulainya. Lagi-lagi ada kekuatiran ide bisnis tersebut bukan saja tidak laku, tapi menjadi bahan tertawaan orang lain, terutama orang dekat dan teman-teman Anda. Bisa-bisa dianggap ide gila. Hal ini biasanya langsung mematikan hasrat untuk memikirkan ide tersebut.

Padahal sebetulnya banyak bisnis yang sukses yang awalnya berupa ide iseng, yang tidak biasa, nyeleneh, aneh atau terdengar konyol. Ide bisnis dianggap aneh dan tidak masuk akal itu karena belum ada yang mencobanya. Tapi bukan berarti tidak ada peluangnya.

Jangan takut dengan sebuah ide yang tidak masuk akal di mata orang lain. Jika Anda memiliki sebuah ide bisnis, apakah itu berupa sebuah produk atau jasa/layanan, cobalah untuk mengkajinya secara serius. Jika Anda yakin itu sebuah ide yang cemerlang yang dibutuhkan kelompok konsumen tertentu yang belum pernah terwadahi, tidak ada salahnya segera diwujudkan. Siapa tahu itu adalah ceruk bisnis yang menjanjikan.

Dirangkum dari laman Kompas.com, berikut 11 ide bisnis yang tergolong tidak lazim, namun ternyata hasilnya menguntungkan :

Pengirim Pesan untuk Teman yang Bau Badannya Menyengat


Mungkin Anda pernah merasa risih dan terganggu dengan teman yang bau badannya menyengat. Namun untuk memberitahu ke yang bersangkutan, biasanya kita merasa sungkan.

Nah, rasa tidak enak dan sungkan inilah yang dimanfaatkan menjadi peluang bisnis bagi perusahaan MyFriendSmells.com. Anda bisa menggunakan jasa perusahaan ini untuk menyindir teman yang bau badannya menyengat. Wow!

Caranya, dengan mengirimkan paket berisi tisu cologne dan deodoran kepada teman yang bau badannya menyengat itu via perusahaan ini. Paket yang ditawarkan bervariasi angtara 1,99 dollar AS hingga 4,99 dollar AS.

Produsen Kaos Kaki Tiga Pasang


Siapapun pasti merasa frustasi ketika kehilangan salah satu pasang kaos kaki. Mengatasi persoalan ini, perusahaan penjual kaos kaki, Throx, menawarkan paket produk berupa tiga pasang kaos kaki.

Dengan tiga pasang kaos kaki ini, customers tak lagi dihantui kekhawatiran saat mereka mendapati salah satu pasang kaos kakinya hilang. Ini sih sepertinya bisa diterapkan di Indonesia juga.

Penjual barang "misterius"


Beberapa orang merasa ketagihan mendapatkan kejutan yang menyenangkan, entah itu pada momen ulang tahun dan hari-hari istimewa, atau bahkan untuk mendapat kejutan itu tiap hari.

Peluang ini dimanfaatkan dengan cerdas oleh SomethingStore. Perusahaan ini menjual barang-barang misterius kepada pembelinya. Si pembeli tidak mengetahui barang apa yang ditawarkan. Yang penting, dia akan mendapatkan kejutan atas apa yang dibelinya itu. Jadi seseorang membeli barang kejutan untuk dirinya sendiri!

Menariknya, SomethingStore menawarkan barang-barang yang harganya tak lebih dari 10 dollas AS per item, atau sekitar Rp 135 ribu. Sangat terjangkau siapapun kan?

Fashion Binatang


Berawal dari fakta banyak orang yang sangat mencintai hewan peliharaan mereka, lahirlah ide bisnis Doggles. Doggles adalah suatu merek yang diciptakan oleh Roni Di Lullo yang menawarkan produk berupa kacamata hitam untuk anjing. Kacamata ini khusus didesain agar sesuai dengan bentuk kepala anjing. Walaupun dimulai sebagai salah satu aksesori fashion, doggles juga sudah mulai dipakai untuk keperluan medis.

Pelatihan Kucing ke Toilet


Kucing memang merupakan binatang peliharaan yang lucu dan manja, tapi bagi para pencinta kucing tentu mengerti betapa sulitnya mengajari hewan peliharaan yang satu ini untuk buang kotoran pada tempatnya. Tidak sedikit orang yang akhirnya membawa kucing mereka untuk berjalan-jalan di taman pada saat waktu mereka harus buang air. Bisa dibayangkan, hal ini harus dilakukan setiap hari, betapa repot mengatur waktunya.

Tapi jangan kuatir, kesulitan Anda dapat ditangani oleh bisnis pelatihan kucing ke toilet yang bernama Citikitty. Perusahaan ini menawarkan jasa pelatihan kucing sehingga para majikannya tidak perlu kerepotan melatih kucing mereka untuk membuang kotoran pada tempatnya. Usaha ini juga sesuai untuk majikan yang tidak mempunyai waktu untuk melatih kucing peliharaan mereka.

Event Organizer Acara Berpelukan


Orang-orang tertentu yang merasa nyaman untuk dipeluk ataupun memeluk. Namun bagaimana jika orang itu tidak punya pasangan?

Sebuah lembaga yang bernama Cuddle Party berinisiatif menyelenggarakan acara berpelukan sesama anggota. Mereka yang saling berpelukan tidak harus saling mengenal antara satu dengan lainnya.

Sejauh ini, acara berpelukan baru dilaksanakan di Inggris dan AS. Dalam menggelar kegiatan, para anggota akan saling berkenalan dan ujung-ujungnya mereka akan berpelukan.

Cuddle Party menyatakan lembaganya mengajarkan kepada para anggota untuk mengatasi hambatan berkomunikasi, serta mengajarkan sentuhan non-seksual.

Event Organizer Pernikahan Keliling


Suasana pesta pernikahan biasanya kalau tidak didalam gedung resepsi, di ruang terbuka, seperti di sebuah taman. Tapi mungkin ada yang merasa pesta pernikahan seperti itu terlalu mainstream.

Nah, bagi pasangan yang ingin menikah dengan suasana pesta yang lain daripada yang lain, sebuah perusahaan penyelenggara pesta perkawinan Wedding Wagon yang berbasis di Las Vegas, AS, menawarkan hal yang berbeda.

Perusahaan ini menawarkan kepada customer pernikahan yang unik. Semisal klien ingin menikah dengan latar belakang kantor kementerian atau kantor kepresidenan, atau ingin menikah di perbatasan antara satu kota dengan kota yang lain, perusahaan ini akan sanggup mengerjakan.

Caranya, akan ada mobil yang berisi seperangkat pendukung acara pernikahan untuk dibawa ke lokasi yang diinginkan klien. Perusahaan ini juga menyediakan saksi, pemuka agama yang memimpin acara, serta fotografer. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, yakni tak lebih dari Rp 7 juta.

Ide ini masuk akal diterapkan di Indonesia, bukan mustahil banyak pasangan yang menginginkannya. Bahkan di Banyuwangi misalnya, ada event organizer yang menawarkan pernikahan romantis di Pantai Pulau Merah.

Rental Teman


Bisnis rental cukup populer di Indonesia, tapi umumnya terbatas pada persewaan mobil/motor, atau barang tertentu seperti kamera, atau dulu yang pernah ngehits, sewa komik, VCD, playstation. Tapi bagaimana dengan rental teman?

Ide nyeleneh ini diluar dugaan, cukup diminati. Ternyata peminat jasa penyewaan teman cukup banyak. Ide rental friends berasal dari pemikiran bahwa sulit sekali mencari pasangan untuk pergi ke acara formal. Dengan bantuan rental friends, seseorang dapat langsung menghubungi penyedia dan langsung mendapatkan partner.

Jangan salah, rental friends beda dengan biro jodoh. Biro jodoh bertujuan mendapatkan pasangan hidup dan Anda harus membayar jasa setelah mendapatkan pasangan. Pada rental friends, Anda membayar jasa mereka dengan sistem per jam dan bukan untuk dijadikan pasangan hidup tetapi untuk dibawa ke acara formal, seperti untuk pesta pernikahan atau pesta formal lainnya.

Info Letak Toilet Umum


Pernah datang ke suatu tempat dan bingung mencari toilet untuk buang hajat? Nah, ini melahirkan ide bisnis yang cukup brilian untuk membantu pengunjung atau turis yang tidak mengetahui seluk beluk kota kunjungan mereka.

Betapa tidak? Hanya dengan bekal aplikasi di smartphone, Anda dapat mengetahui letak toilet umum terdekat.

Ide yang mungkin yang kurang menarik jika diterapkan di Indonesia ini, merupakan ide yang direalisasikan oleh pengusaha di negara London, yang walaupun konyol tetapi banyak peminatnya. Dengan aplikasi khusus tersebut, Anda tidak perlu kesulitan mencari lokasi toilet umum, terutama pada saat sedang kebelet atau perut mulas.

Pelayanan Orang Mabuk


Bermabuk-mabukan sering jadi ajang pelampiasan stress atau bahkan merayakan suatu keberhasilan. Tradisi ini umum berlangsung untuk adat Barat. Dan ini secara cerdas dimanfaatkan oleh Hangover Helpers menjadi sebuah ide bisnis yang menguntungkan.

Jasa pelayanan orang mabuk adalah jasa yang menawarkan untuk mengurusi konsumen pada saat mereka mabuk atau hilang kesadaran.

Dengan jasa ini, seseorang yang yang berkendara dalam keadaan mabuk terhindar dari risiko kecelakaan.

Selain itu, ada orang yang dapat melindungi dan membantu Anda untuk membereskan tempat yang digunakan tersebut jika Anda muntah atau mengotori mobil/tempat tersebut.

Layanan Coba Profesi


Ingin merasakan pekerjaan yang berbeda dari yang sedang Anda tekuni? Berarti Anda membutuhkan layanan dari Vocation Vacations.

Vocation Vacations adalah perusahaan yang menawarkan layanan di mana Anda dapat menggunakan waktu libur untuk mencoba pekerjaan baru atau pekerjaan yang diinginkan.

Selain untuk mencoba profesi baru, layanan ini juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah Anda memiliki bakat di bidang tersebut. Anda bisa menggunakan jasa Vocation Vacations sebagai hiburan terutama jika telah lelah mengerjakan hal yang sama dalam kurun waktu yang cukup lama.

Apa Ide Bisnis Anda?


Demikian 11 peluang bisnis yang tergolong nyeleneh, yang mungkin bisa menimbulkan inspirasi ide bisnis lain yang tak kalah nyelenehnya. Meskipun bisnis tersebut dilakukan di luar negeri, utamanya di negara Barat, bukan tak mungkin ada beberapa ide bisnis yang bisa diterapkan di Indonesia, baik sama persis atau dengan penyesuaian.

Sebuah ide bisnis yang baru kadang dilihat sebagai hal yang tidak masuk akal, namun bukan berarti tidak mungkin dijalankan. Di Indonesia sendiri beberapa inovasi bisnis yang semula dianggap mustahil bisa laku, terbukti mendulung sukses yang luar biasa.

Sebagai contoh, tahun 1970an sampai 1980an, menjual air putih dalam kemasan dianggap ide yang tak masuk akal. Itu yang dilakukan Tirto Utomo ketika mengawali bisnis air mineral Aqua. Faktanya, sekarang ini air dalam kemasan sudah sebuah bisnis yang menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga dengan ide mengemas teh manis dalam botol pernah menjadi bahan olok-olok. Tapi siapa yang saat ini tidak pernah minum teh botol Sosro? Banyak jenis bisnis lain yang semula tidak mungkin dijalankan, kemudian menjadi bisnis yang lazim. 

Sebuah ide bisnis yang baru dan tidak pernah dilakukan memang tidak berarti apa-apa, sampai kemudian ada yang mencobanya dan berhasil. Saat itu terjadi, orang lain akan berusaha mengikutinya.

Bayangkan jika suatu ide bisnis yang pernah Anda pikirkan hanya Anda pendam, karena keraguan dan kekuatiran dianggap ide gila dan ditertawakan orang. Suatu saat ternyata ada orang lain yang melakukannya dan mencapai sukses. Tidak menyesalkan Anda?

Jadi, apa ide bisnis Anda?
Loading...

Labels: Bisnis Online, Ide Bisnis

Thanks for reading Ide Bisnis Yang Dianggap Aneh Dan Konyol Ini Ternyata Menguntungkan. Mungkin Anda Juga Memilikinya? . Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Ide Bisnis Yang Dianggap Aneh Dan Konyol Ini Ternyata Menguntungkan. Mungkin Anda Juga Memilikinya? "

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.