Kerjasama Tokopedia Dan Jasa Pengiriman REX Hadirkan Layanan Cargo 10 Kg


Layanan Cargo REX-10 - Ongkos kirim menjadi ganjalan bagi mereka yang hobi belanja online. Sering kali komposisinya bisa mencapai lebih 20% dari harga barang. Misalnya Anda membeli sebuah produk di marketplace seharga 50 ribu dan ongkirnya 20 ribu, ini berarti mencapai 40% dari harga barang. Bahkan tak jarang bisa lebih dari itu.

Layanan cargo REX-10 di Tokopedia.
Kolaborasi Tokopedia dan REX menghadirkan layanan cargo 10 kg (via Tribunnews.com) 

Seperti pengalaman saya ketika berbelanja di Bukalapak. Untuk sebuah antena TV seharga Rp 68 ribu, ongkos kirimnya Rp 39 ribu atau sekitar 57 persen dari harga barang. Karena antena tersebut saya butuhkan dan harga tersebut adalah yang termurah dari semua barang sejenis, maka saya pun membelinya.

Beban ongkir ini tentunya membuat harga barang tersebut tidak bisa dibilang murah lagi. Bayangkan jika yang Anda beli barang yang berat totalnya lebih dari 10 kg, bisa jadi Anda langsung membatalkan rencana belanja Anda setelah mengetahui ongkos kirim yang harus dibayar.

Mungkin saja alasan ongkir yang mahal membuat produk tertentu yang berukuran besar dan berat, kurang diminati pembeli. Ini memang menjadi salah satu kelemahan belanja secara online di marketplace.

Ongkir ini menjadi masalah bagi pembeli karena tidak bisa memilih jasa pengiriman yang lebih murah selain yang menjadi mitra marketplace. Situasi ini rupanya disadari oleh pihak pengelola marketplace.

Adalah Tokopedia yang mengambil inisiatif untuk mengatasi beban ongkir yang mahal bagi pembeli yang berbelanja di tokonya. Dengan menggandeng jasa pengiriman PT Royal Express Indonesia atau REX Kiriman Express di Jakarta, Senin (22/5/2017) , Tokopedia menghadirkan layanan cargo yang bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih ringan.

Layanan cargo tersebut disebut REX-10, yaitu layanan yang bisa digunakan oleh para pembeli di Tokopedia yang belanja barang dalam volume besar dengan berat minimum 10 kg.

Layanan cargo ini merupakan yang terbaru bagi REX yang diluncurkan pertama kali di Tokopedia. Tujuannya untuk mempermudah pengiriman produk bervolume besar yang dijual oleh para online seller  Tokopedia.

Pihak Tokopedia mengklaim banyak nilai tambah untuk Toppers, sebutan pengguna Tokopedia, dengan bergabungnya REX dalam jajaran logistik yang terhubung dengan Tokopedia, khususnya dengan adanya layanan REX-10.

Ada sejumlah fasilitas menarik yang ditawarkan melalui layanan REX-10, seperti  fasilitas gratis jemput di tempat, fitur real time tracking, selain biaya pengiriman yang murah, namun tetap aman.

Dengan adanya REX-10, pihak Tokopedia berharap semakin banyak yang berani menciptakan peluangnya melalui bisnis online produk bervolume besar bersama Tokopedia.

Syarat Layanan REX-10 Tokopedia


Dalam laman Tokopedia disebutkan, layanan pengiriman REX 10 merupakan pengiriman dengan sistem pick up.

Masa waktu pengiriman atau pick up yang berlaku adalah dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jika penjual melakukan request pick up di atas jam yang telah di tentukan maka request pick up dianggap tidak valid dan baru dapat melakukan request ulang pada keesokan harinya (Cut Off Time pukul 16.00).

Berat pengiriman dengan REX-10 minimal adalah 10 kg. Barang kurang di bawah 10 kg (1-9 kg) akan tetap dihitung 10 kg.

Batas toleransi kelebihan berat pengiriman adalah 100 gr. Contohnya, ketika penjual mengirim barang dengan bobot pengiriman 10,1 kg maka berat pengiriman tetap dihitung 10 kg. Tetapi jika bobot pengiriman 10,2 kg, maka berat pengiriman akan dihitung 11 kg.

Untuk berat paket berdasarkan volume, perhitungannya adalah panjang x lebar x tinggi : Rp 4000. Misalnya panjang paket 70 cm, lebar 40 cm, tinggi 90 cm, maka berat paket dihitung 63 kg (252.000 : 4000).

Jika terjadi kehilangan atau kekurangan, pihak REX akan memberikan ganti rugi untuk dokumen atau sejenisnya maksimum 10 kali dari biaya pengiriman. Jika berupa barang, maka biaya penggantiannya maksimum Rp 1 juta.

Untuk barang yang diasuransikan, besaran nilai asuransi yang di tanggung oleh pihak REX adalah senilai 0,3 % (nol koma tiga persen) yang dikalikan dengan harga barang pembelian.

Dan biaya asuransi yang tertera pada proses pembelian sudah termasuk biaya pengemasan (packing) sebesar Rp 1000/kg.

Contoh total harga menggunakan asuransi: Harga barang + (0,3 % x harga barang) + biaya packing.
Misalnya barang senilai Rp 1 juta dengan berat paket 15 kg diasuransikan, maka biaya asuransinya adalah Rp 45.000  (0,3% x 1.000.000 + 15.000). Ini belum termasuk ongkos pengiriman barangnya.

Untuk mendukung layanan cargo REX-10 saat ini REX telah memiliki 160 drop center dan 55 cabang di seluruh Indonesia serta 500 armada guna menunjang proses pengiriman.

Pengiriman melalui REX saat ini masih di dominasi oleh pengiriman bervolume di bawah 10 kilogram dengan presentase 80%, sedangkan untuk barang dengan volume besar seperti, kulkas dan AC masih berada di angka 20%.

Dengan hadirnya layanan cargo REX-10 tentu akan berimbas meningkatnya pengiriman barang bervolume besar (cargo) REX.

Secara tak langsung layanan REX-10 ini akan bersaing dengan layanan JNE Trucking yang juga ditujukan untuk pengiriman paket minimal 10 kg. Jika REX-10 berjalan mulus di Tokopedia, maka bukan tak mungkin marketplace lain juga akan menggandeng REX untuk menghadirkan layanan serupa.

Menarik untuk dilihat, apakah JNE sebagai penguasa jasa pengiriman di Indonesia yang mayoritas segmen pasarnya berasal dari e-commerce akan berdiam diri menyikapinya atau jangan-jangan tengah menyiapkan strategi baru dengan jurus yang lebih menggelegar?
loading...

Labels: Marketplace, PT REX, Tokopedia

Thanks for reading Kerjasama Tokopedia Dan Jasa Pengiriman REX Hadirkan Layanan Cargo 10 Kg. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kerjasama Tokopedia Dan Jasa Pengiriman REX Hadirkan Layanan Cargo 10 Kg"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.