Hati-hati terhadap 6 Modus Penipuan Dalam Bisnis Online


Bisnis online memang memberikan berbagai kemudahan bagi yang ingin mencoba menjadi pebisnis. Tapi serupa dengan dunia nyata, penipuan juga sering terjadi dalam bisnis online. Janji keuntungan yang besar dan instan sering dimanfaatkan untuk menarik perhatian orang.
6 modus penipuan bisnis online.
Ilustrasi penipuan bisnis online (via Vulcanpost.com)
Penipuan dalam bisnis online pun memiliki modus yang beragam. Berikut ini beberapa modus penipuan yang bisa terjadi dalam bisnis online:

1. Bisnis Money Game
Bisnis money game selalu hadir dengan berbagai kemasan dan konsep. Biasanya bisnis ini dijalankan dengan sistem MLM alias Multi Level Marketing. Sistem ini biasanya berfokus pada sistem pemasaran berupa perekrutan member dengan iming-iming keuntungan besar.
Ada juga yang menjanjikan bonus besar tapi dengan syarat harus membeli produk dengan nilai tertentu terlebih dahulu.
Sebuah bisnis yang baik seharusnya lebih menonjolkan pada keunggulan produk dan sistem komisi yang didapatkan terlebih dahulu, bukan pada sistem pemasaran walaupun pemasaran memang penting. Agar tidak menjadi korban bisnis Money Game, Anda harus mewaspadai jika ada orang yang menawari peluang bisnis tanpa disertai kejelasan tentang produk dan komisi yang akan didapatkan.
Ada baiknya berhati-hati dan tidak berharap terlalu banyak pada bisnis model ini. Perhatikan dulu apakah produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas atau ecek-ecek. Begitu juga soal legalitasnya, jika itu perusahaan yang menjalankan sistem MLM seharusnya sudah menjadi anggota APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia) yang menaungi bisnis MLM.

2. Pekerjaan Rumahan dengan Untung Besar
Mendapatkan uang secara online bisa jadi salah satu hal yang ingin dicapai saat berselancar di dunia maya. Tak jarang banyak yang mencari pekerjaan online sehingga bisa bekerja dari rumah. Hal ini menjadi peluang bagi para penipu yang ingin mendapatkan keuntungan. Mereka awalnya akan memberikan penawaran pekerjaan online dengan untung yang besar. Pekerjaan yang diberikan kadang ringan seperti mengisi survey, tapi ternyata mereka malah tidak membayar.
Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Microsoft, sebanyak 38% dari pelanggannya masuk ke dalam jebakan penipuan semacam ini.

3. Bisnis Agen Pulsa
Bisnis Agen Pulsa memang tidak selalu berupa penipuan tapi ada yang memanfaatkan usaha ini untuk menipu orang lain. Modusnya mereka biasanya menyuruh untuk membayar uang deposit pulsa. Namun setelahnya ada lagi pembayaran-pembayaran lain yang tidak jelas. Atau ternyata harga pulsanya tidak semurah seperti yang dijanjikan dengan argumen adanya persyaratan yang tidak disebutkan pada saat menawarkan bisnis.
Saat ini penipuan bisnis pulsa memang tidaklah mudah dengan adanya berbagai pilihan pembelian pulsa secara online ataupun e-banking.

4. Lotre Online
Anda mungkin pernah mendapatkan notifikasi dari email maupun pop-up ketika membuka sebuah website yang intinya menyatakan bahwa Anda telah memenangkan undian lotre dengan nominal yang fantastis. Sangat mungkin, hal tersebut merupakan scam atau penipuan.
Anda harus mewaspadai modus penipuan online semacam itu. Jangan terlalu menggubris godaan hadiah yang disebutkan, karena itu sebuah jebakan. Biasanya Anda akan diarahkan untuk mengisi data pribadi dan nomor rekening bank yang selanjutnya akan digunakan untuk menyedot uang yang tersimpan dalam rekening tersebut. Jika Anda mendapatkan notifikasi seperti itu, sebaiknya abaikan saja atau lebih aman jika Anda langsung menghapus email atau menutup pop-up website yang menjanjikan hadiah lotre tersebut.

5. Bisnis Data Supplier
Pernah dengar tentang bisnis data supplier? Bisnis data supplier ini menawarkan database lengkap beragam supplier, mulai dari supplier makanan, baju, kosmetik hingga gadget dan beragam alat elektronik. Dengan data tersebut Anda dijanjikan memperoleh keuntungan besar karena bisa mendapatkan produk murah yang berasal dari tangan pertama, yaitu para supplier atau distributor.
Namun, untuk mendapatkannya Anda harus membayar sejumlah uang dahulu dan dimasukan ke dalam grup yang dibuat oleh oknum pemilik bisnis. Padahal ternyata data yang diberikan tersebut adalah data-data supplier yang tidak valid, bahkan palsu.
Dengan iming-iming untung besar, bisnis ini biasanya mengincar anak-anak muda, seperti pelajar dan mahasiswa yang belum paham benar mengenai seluk beluk bisnis online.

6. Penipuan Arisan/Usaha Patungan Online

Modus penipuan dalam bisnis online berikutnya berupa usaha mengumpulkan uang dari para membernya baik berbentuk arisan ataupun usaha patungan. Metode ini memang paling efektif untuk bisa mengumpulkan banyak uang sehingga sering digunakan oleh penipu. Biasanya di awal-awal mereka akan memberikan keuntungan rutin per bulan sehingga dipercaya dan dapat merekrut member lain. Namun setelah agak lama mereka akan menghilang dan membawa kabur uang milik membernya. 

Tentunya Anda tidak mau terjebak penipuan dengan iming-iming bisnis online yang menggiurkan seperti yang disebutkan tadi. Memang tidak semua usaha sejenis itu merupakan modus penipuan bisnis online, namun yang penting Anda harus selalu mewaspadai dengan penawaran bisnis dengan janji-janji yang tidak wajar.
loading...

Labels: Bisnis Online, Penipuan

Thanks for reading Hati-hati terhadap 6 Modus Penipuan Dalam Bisnis Online . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Hati-hati terhadap 6 Modus Penipuan Dalam Bisnis Online "

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online