Deliveree, Layanan Jasa Kurir Dan Logistik Berbasis Aplikasi Asal Thailand


Selain jasa pengiriman konvensional seperti yang banyak kita jumpai di masyarakat, seperti JNE, TIKI, J&T dan sebagainya, ada juga layanan kurir berbasis aplikasi. Selain Etobee, ada pemain baru jasa kurir yang memanfaatkan aplikasi mobile, yaitu Deliveree.

Meskipun sama-sama menggunakan aplikasi, ada perbedaannya. Kalau Etobee melakukan pengantaran menggunakan sepeda motor, seperti kurir umumnya, Deliveree beroperasi dengan menggunakan armada mobil. Namun belakangan Deliveree juga memiliki armada motor untuk melayani pelanggannya.

Dalam hal armada yang digunakan, tampaknya Delivere lebih bersaing dengan layanan Go-Box dari Go-Jek yang juga memiliki layanan menggunakan armada mobil, selain motor.

Deliveree kurir berbasis aplikasi.
Jasa kurir Deliveree berbasis aplikasi mobile. 

Deliveree adalah perusahaan jasa pengiriman logistik on-demand dari Thailand. Deliveree merupakan startup besutan perusahaan VC dan venture builder asal Thailand. Melihat prospek pasar jasa pengiriman yang besar di Indonesia, Deliveree pun melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia dan mulai beroperasi di Jakarta pada bulan September 2015 lalu dibawah Ardent Capital dan Inspire Ventures.

Di tahap awal, Deliveree memberikan layanan antar jemput dan pengiriman barang cepat ke seluruh Jabodetabek dengan menggunakan pilihan armada mulai dari sepeda motor, City Car, MPV, Van, Pick Up, dan Box kecil. Namun sejak 2017 wilayah layanan Develivere sudah merambah seluruh Pulau Jawa.

Hingga saat ini, Deliveree mengklaim telah menyediakan lebih dari 1.000 armada truk, pikap, van, MPV, dan city car yang siap melayani seluruh area Jabodetabek.

Selain konsumen individual, Deliveree juga kerap melayani para pemilik UMKM seperti bisnis katering, souvenir, furnitur, hingga perusahaan e-commerce, logistik, dan wholesaler. Deliveree melayani pengiriman baik itu hanya beberapa kotak kardus maupun satu mobil penuh muatan.

Deliveree memiliki salah satu fitur andalan, yaitu mengirim ke beberapa lokasi (multiple drop off). Untuk meningkatkan layanan ini, Deliveree meluncurkan fitur Optimasi Rute. Banyak pelanggan yang biasa mengirim barang ke 5-10 lokasi dalam satu kali pengiriman. Hal ini mendorong Deliveree menghadirkan cara yang mudah melalui fitur Optimasi Rute.

Dengan memilih menu Optimisasi Rute setelah memasukkan beberapa tujuan pengiriman, sistem di aplikasi akan mengurutkan lokasi-lokasi tujuan secara otomatis sehingga jarak pengiriman menjadi lebih pendek.

Pelanggan tidak perlu lagi kerepotan membuat dan mengatur sendiri rute pengiriman ke banyak lokasi. Sebab untuk menentukan rute terpendek untuk 10 lokasi di Jakarta bukan hal yang mudah, ibarat menyusun teka-teki.

Dengan fitur Optimasi Rute, selain menghemat waktu juga biaya pengiriman. Mengingat sistem Deliveree menetapkan harga berdasarkan jarak lokasi pengambilan dan lokasi pengiriman barang. Artinya makin efisien proses pengiriman, makin ekonomis biayanya.

Tarif Layanan Deliveree

Deliveree menyediakan empat jenis kendaraan untuk melayani konsumen, yaitu City Car, MPV, Van, ditambah sepeda motor. Masing-masing kendaraan memiliki tarifnya sendiri.

City Car misalnya, menerapkan biaya flat Rp50.000 untuk pengiriman dengan jarak 1-5 km. Jika jarak mencapai 15 km, Deliveree menetapkan tarif Rp4.500 per km. Sedangkan untuk jarak lebih dari 15 km, Deliveree menetapkan tarif Rp4.000 per km. Jadi semakin jauh jarak yang ditempuh, maka semakin murah tarifnya.

Sedangkan untuk sepeda motor, tarifnya jauh lebih murah. Biaya minimal untuk jarak hingga 5 km pertama adalah flat Rp 11.000, sedangkan untuk jarak selebihnya sampai 15 km dikenakan tarif Rp 2.500 per km. Lebih dari 15 km dikenakan Rp 2.000/km. Jelas, tarif yang murah menjadi senjata bagi Deliveree untuk menarik pasar.

Tarif pengiriman Deliveree *
Jenis Kendaraan
Tarif Dasar Pengiriman
Batas Ukuran & Berat Barang
0 – 5 km
5 – 15 km
Lebih dari 15 km
Sepeda motor
Rp 11.000 flat
Rp 2.500/km
Rp 2.000/km
P x l x t: 70 x 50 x 50 cm
Maks 20 kg
City Car
Rp 50.000 flat
Rp 4.500/km
Rp 4.000/km
P x l x t: 100 x 90 x 75 cm
Maks 150 kg
MPV
Rp 60.000 flat
Rp 4.500/km
Rp 4.000/km
P x l x t: 175 x 100 x 85 cm
Maks 300 kg
Van
Rp 80.000 flat
Rp 4.500/km
Rp 4.000/km
P x l x t: 200 x 125 x 125 cm
Maks 500 kg
Pickup kecil
Rp 140.000 flat
Rp 5.000/km
Rp 4.500/km
P x l x t: 250 x 140 x 250 cm
Maks 500 kg
Box kecil
Rp 170.000 flat
Rp 5.000/km
Rp 4.500/km
P x l x t: 210 x 160 x 140 cm
Maks 800 kg
*sumber Kursrupiah.net

CARA KERJA DELIVEREE


Untuk menggunakan layanan Deliveree ada dua cara, melalui aplikasi mobile dan webapp Deliveree dari komputer. Aplikasi mobile Deliveree tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Lebih mudah dan nyaman tentu saja melakukan pemesanan melalui aplikasi.

Setelah mendownload aplikasi Deliveree di perangkat, pengguna dapat memesan pengiriman dan pengemudi akan segera tiba untuk pengiriman pesanan pelanggan. 

Aplikasi kurir Deliveree.
Aplikasi Deliveree (via https://id.techinasia.com)

Untuk melakukan pemesanan layanan Deliveree, masukkan lokasi pengambilan dan pengiriman barang. Pengguna bisa menambahkan hingga 10 lokasi pengiriman dalam satu kali pemesanan.

Lihat kendaraan yang tersedia di sekitar lokasi pengambilan. Dalam memilih kendaraan, kita harus memperhatikan berat dan ukuran barang yang akan kita kirimkan. Hal ini dikarenakan setiap kendaraan memiliki batas maksimal berat dan dimensi barang yang berbeda. Yang menarik, tidak ada batasan jumlah barang yang dikirim dalam sekali pengantaran.

Tentukan waktu pengambilan barang, dalam 60 menit, atau jadwalkan 2 minggu sebelumnya.
Aplikasi akan mencocokkan Anda dengan pengemudi dalam satu menit, menyediakan informasi, serta perkiraan waktu kedatangan pengemudi. Untuk pengiriman langsung, pengemudi akan tiba sesuai perkiraan waktu kedatangan. Untuk pengiriman terjadwal, pengemudi akan tiba sesuai hari dan waktu yang telah ditentukan.

Setelah memilih kendaraan dan waktu jemput, kita bisa mengisi catatan, memilih layanan tambahan, menampilkan foto barang yang dikirim (maksimal tiga), dan memasukkan kode diskon jika ada.

Deliveree sendiri juga menawarkan layanan tambahan seperti bantuan tenaga untuk mengangkat barang, penambahan tali, layanan troli, dan lainnya. Pengguna tentunya harus membayar uang ekstra untuk menikmati layanan tambahan tersebut.

Setelah paket diambil dan diproses ke tempat tujuan, baik pengirim atau penerima barang bisa memonitor lokasi pengemudi dan perkiraan waktu kedatangan pengemudi dari aplikasi atau link tracking.

Setelah paket tiba di lokasi pengiriman, Anda akan menerima tandatangan digital dari penerima barang. Jika ada beberapa pengiriman, Anda akan menerima laporan dari setiap lokasi. Jangan lupa berikan rating pada pengemudi dengan bintang 1-5!

Mengenai pembayaran, Deliveree baru menerapkan metode pembayaran dengan uang tunai yang dilakukan saat barang dijemput atau dikirim. Layanan Deliveree berlangsung setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Deliveree juga mengajak pemilik mobil sejenis van, pick up, atau mobil box untuk bergabung menjadi mitra pengemudi. Dengan bergabung menjadi member Deliveree, nantinya Anda akan mendapatkan order mengantarkan barang dari calon klien yang membutuhkan. Setelah barang diantarkan, maka Anda mendapatkan uang jasa pengantaran barang itu.

Persyaratan menjadi mitra pengemudi Deliveree, tentunya Anda harus memiliki mobil van sebagai armada. Memiliki SIM, memilki HP android dan pastikan Anda menguasai medan atau daerah dimana Anda tinggal.

Jika persyaratan ini terpenuhi Anda bisa mendaftarkan diri menjadi Van Kurir dengan mengisi form permohonan. Jika memenuhi kriteria Deliveree, Anda akan mendapat undangan untuk training. Deliveree akan memberikan tes dan pelatihan kepada mitra pengemudi. Hanya pengemudi yang lulus tes dan pelatihan yang dapat mengambil dan memenuhi pemesanan pelanggan Deliveree. Nantinya ada aplikasi khusus pengemudi yang harus Anda install di HP android Anda.

Jika berminat dengan peluang usaha yang ditawarkan oleh Deliveree ini, Anda bisa mengunjungi website Deliveree.com/id untuk informasi selengkapnya. Atau datang langsung ke Kantor pusat Deliveree Indonesia di Gedung Inti Sentra G/F, Jalan Taman Kemang no. 32A Jakarta Selatan.

Loading...

Labels: Deliveree, mobil kurir, Transportasi Online

Thanks for reading Deliveree, Layanan Jasa Kurir Dan Logistik Berbasis Aplikasi Asal Thailand. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Deliveree, Layanan Jasa Kurir Dan Logistik Berbasis Aplikasi Asal Thailand"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.