-->

Tips Belanja Online Aman Lewat Smartphone


Belanja Aman Lewat Smartphone - Pengguna ponsel smartphone di Indonesia sangat besar, jumlahnya terus meningkat dan penyebarannya pun kian merata di seluruh wilayah. Menurut Daily Social, pengguna smartphone di Indonesia mendominasi penggunaan internet hingga mencapai 84%. Di mana 65% melakukan transaksi berbelanja online dalam satu bulan.

Belanja online aman lewat smartphone

Disisi lain data Skycure mengungkapkan, jumlah uang yang dihabiskan pengguna smartphone sepanjang 2016 mencapai USD40.241 miliar. Di mana sekitar USD656 miliar atau senilai Rp7.968 triliun habis untuk kegiatan belanja online (e-commerce).

Besarnya nilai uang yang berputar dalam belanja online ini memberikan gambaran mengapa pengguna smartphone menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan digital. Kemudahan yang diberikan pada sistem belanja online ada potensi risiko yang juga cukup besar.

Selama 2015, ditemukan rata-rata 200 malware varian baru dan kode berbahaya dibuat untuk Android per bulan. Pada 2016, jumlah ini meningkat menjadi 300 varian baru per bulan. Jumlah tersebut terus meningkat pada 2017 menjadi rata-rata 400 malware baru per bulan.

Seperti dilansir dari Sindonews, laporan ESET tentang Cyber Savviness di Asia 2015, Indonesia menduduki peringkat ke-6 atau menjadi negara yang paling tidak memiliki wawasan yang cukup tentang proteksi diri saat online.

Menurut Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, sebuah perusahaan perangkat lunak, jalan keluar terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan terus menerus melakukan edukasi terhadap pengguna tentang pentingnya mengimplementasi perlindungan terhadap keamanan transaksi keuangan online dan perbankan yang tepat pada perangkat. Sehingga, pengguna terhindar dari kejahatan digital.

Salah satunya adalah setiap perusahaan e-commerce harus mulai menggunakan Two Factor Authentication (2FA) sebagai pengamanan tambahan saat customer bertransaksi.

Metode 2FA membantu perusahaan e-commerce mengendalikan akses ke jaringan internal mereka, dan menawarkan layanan keamanan berlapis kepada pelanggannya.

Selain itu, untuk memastikan keamanan pengguna saat bertransaksi online lewat smartphone, ESSET Indonesia memberikan tips yang mudah diterapkan berikut ini.

Tips menghindari kejahatan digital saat belanja online lewat smartphone :


1. Gunakan aplikasi resmi 

Jika Anda akan mengakses belanja online gunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh toko online. Aplikasi resmi hanya terdapat di Google Play Store atau Apple App Store.

Aplikasi-aplikasi yang masuk toko aplikasi pihak ketiga seringkali tidak melalui pemeriksaan keamanan sehingga kemungkinan besar mengandung malware berbahaya atau ransomware ponsel.

2. Pelajari permintaan akses pada aplikasi smartphone

Jangan mudah memberikan hak admin terhadap aplikasi yang terinstal pada perangkat. Pelajari terlebih dahulu permintaan akses pada aplikasi smartphone tersebut.

Beberapa malware ponsel memiliki kebiasaan meminta hak admin. Tujuannya untuk memperoleh akses ke fungsi yang paling penting sehingga mampu mengontrol ponsel dan melakukan berbagai kegiatan ilegal tanpa sepengetahuan pemiliknya.

3. Hati-hati menyimpan informasi penting


Jangan sembarang menyimpan informasi penting, seperti username/password dan nomor kartu kredit. Begitu besar peralihan pengguna komputer ke smartphone dan tablet karena didorong oleh fleksibilitas dalam penggunaan, kemampuan menyimpan data dan berbagai keunggulan lain yang mempermudah manusia dalam beraktivitas. Dibalik itu ada ancaman resiko jika terjadi keteledoran.

4. Pastikan mengunci komputer/smartphone

Kebiasaan menyimpan informasi login serta metode pembayaran pada aplikasi/browser dapat dengan mudah digunakan oleh orang yang memiliki hak akses ke perangkat. Untuk itu, pastikan komputer atau smartphone Anda terkunci.

5. Dilengkapi fitur banking dan Payment Protection


Bila harus menggunakan browser, pastikan browser yang digunakan dilengkapi fitur Banking dan Payment Protection yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.


Belanja online dengan ponsel smartphone memang mudah dan nyaman. Namun dengan meningkatnya ancaman kejahatan online, mengamankan belanja online Anda seharusnya menjadi prioritas utama. Jangan sampai ketidaktahuan Anda menjadi sasaran empuk kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Labels: Belanja Online, Bisnis Online

Thanks for reading Tips Belanja Online Aman Lewat Smartphone. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Belanja Online Aman Lewat Smartphone"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.