Cara Mudah Cek Resi JNE


Cek Resi JNE bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cek resi atau biasa disebut juga tracking paket adalah kegiatan menelusuri atau melacak perjalanan paket sejak dikirim sampai paket diterima oleh orang yang berhak.
Cara mudah cek resi JNE.

Melakukan cek resi adalah hal yang wajib dilakukan ketika orang membeli barang secara online. Ia harus memastikan bahwa si penjual bukan penipu, dengan cara mengecek nomer resi yang diberikan. Jika hasil cek resi menunjukkan status tertentu paket, ini bisa memastikan bahwa barang pesanannya memang sudah dikirim.

Cek nomer resi juga banyak dilakukan oleh mereka yang sedang menunggu paket yang tak kunjung sampai dari batas waktu normal pengiriman. Paket regular umumnya sudah sampai dalam waktu 3-4 hari. Jika paket yang seharusnya sudah sampai ternyata belum, Anda wajib melakukan cek resi atas status paket. Dan jika tidak jelas, Anda harus menanyakan ke kantor jasa pengiriman di kota Anda.

Syarat utama untuk melakukan cek resi adalah tahu nomer resinya. Karena menelusuri keberadaan suatu paket dasarnya adalah nomer resi, bukan nama penerima paket. Anda tidak bisa menanyakan ke kantor jasa pengiriman dengan mengatakan, Saya mau cek paket atas nama Si Anu. Si petugas akan menanyakan nomer resinya, bukan nama Anda. Karena nomer resi itu dasar pelacakan suatu paket.

Karena itu kalau Anda mengirim paket, resinya wajib disimpan sampai Anda memastikan paket Anda sudah sampai dan diterima si penerima. Cukup banyak orang yang sembrono dengan resi paket. Mereka baru kebingungan mencari resi yang entah ditaruh dimana ketika ada masalah. Jika Anda termasuk yang malas menyimpan kertas struk termasuk resi paket, Anda bisa menyalin nomer yang tercantum pada kertas resi pada HP misalnya. Tidak disarankan menghafalkan nomer resi, karena umumnya terdiri 6 sampai 13 digit angka dan kadang kombinasi dengan huruf, yang tentunya sulit untuk dihafalkan.

Tidak masalah resi hilang, asal Anda tahu nomer identitasnya. Asal jangan lupa tempat menaruh resi paket dan Anda tidak sempat mencatatnya. Berharap saja tidak ada masalah dengan paket Anda. Sebab jika terjadi musibah atas paket yang Anda kirim, misalnya hilang, maka Anda akan kesulitan melakukan klaim dan mendapat ganti rugi. Karena untuk melakukan klaim harus menyertakan resi paket yang hilang tersebut sebagai bukti.

Ada beberapa cara melakukan cek atau tracking paket yang dikirim lewat JNE. Meskipun sudah banyak yang tahu caranya, tapi tidak sedikit juga yang masih bingung melakukannya. Entah memang tidak tahu atau memang tidak mau tahu. Karena itu tidak ada salahnya admin Bisnis Kurir menuliskan lagi bagi yang belum tahu cara cek resi khususnya JNE.

Ketika Anda mengirim paket melalui agen JNE, maka Anda akan menerima selembar kertas yang lazim disebut Resi yang berisi keterangan seperti data pengirim, penerima paket, isi paket, berat paket, jenis layanan, dan biaya atau ongkos kirim paket. Pada resi tersebut akan tercantum nomor pengiriman barang yang Anda kirim, yang disebut Nomor Resi.

Pada JNE, resi ini disebut Nomor AWB (Airway Bill) sebagai bukti pengiriman barang melalui udara. Setiap resi memiliki nomor resi yang berbeda. Pada saat ini resi JNE sudah dilengkapi barcode yang fungsinya selain dapat melacak posisi paket, juga untuk mengidentifikasi paket tersebut.

Nomor resi JNE terdiri dari serangkaian 16 digit huruf dan angka, dimana 3-4 huruf diawal menunjukkan kode kota agen JNE berada. Nomor resi inilah yang menjadi dasar pelacakan paket JNE. Resi tersebut tidak boleh hilang karena menjadi tanda bukti pengiriman paket atau dokumen.

Resi JNE
Nomor resi JNE  seperti ditunjukkan dengan tanda anak panah merah.

Untuk melakukan pengecekan atas paket yang Anda kirim lewat JNE, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya Anda tidak terpatok pada salah satu cara saja. Gunakan berbagai cara cek resi sebagai alternatif. Berikut cara-cara cek resi paket JNE yang mudah dilakukan siapa saja.

Cara Mudah Melakukan Cek Resi Atau Tracking Resi JNE 



1. Cek Ke Agen Pengiriman

Jika agen tempat Anda mengirim paket letaknya tak jauh dari rumah Anda, tidak ada salahnya Anda datang ke tempatnya langsung untuk menanyakan status paket yang Anda kirim atau paket yang akan Anda terima. Bahkan yang lebih simple Anda cukup kirim SMS atau telepon ke kantornya. Atau melalui aplikasi pesan singkat. Karena itu, Anda harus memiliki nomer kontak kantor atau petugas agen pengiriman langganan Anda. Jangan lupa nomer resi dari paket yang akan Anda cek tersebut.


2. Tanya Ke Customer Care JNE

Fungsi Customer service adalah memberikan informasi seputar perusahaan dan melayani pertanyaan dari konsumen. Di JNE namanya Customer Care, intinya sama saja dengan customer service. Jika Anda mengalami permasalahan dengan paket Anda yang tidak bisa diatasi di tingkat Cabang/Perwakilan di daerah anda, maka menanyakan langsung ke kantor pusat melalui Customer Care JNE adalah langkah terbaik.

Anda dapat menghubungi Customer Care JNE melalui :
Telepon 021 2927 8888 atau
email : Customercare@jne.co.id


3. Tanya ke Fans Page JNE

Umumnya perusahaan jasa pengiriman memiliki fans page di Facebook, Twitter atau Instagram. Bahkan banyak kantor cabang atau agen-agen di daerah yang memiliki fans page sendiri. Kenali dan like fans page agen paket yang Anda biasa mengirim barang. Ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tarif promo atau perubahan ongkos kirim, termasuk komplain atas keterlambatan paket Anda.


Begitu juga dengan JNE. Ada beberapa official fans page JNE di berbagai sosial media, yaitu :

https://twitter.com/JNE_ID

https://www.facebook.com/JNEPusat

https://www.youtube.com/user/JNEPROMO

https://www.instagram.com/jne_id


4. Cek Resi Ke Website JNE

Saat ini bisa dikatakan hampir semua jasa pengiriman memiliki website resmi perusahaan. Dan salah satu fitur penting website jasa kurir adalah fitur Cek Resi dan Cek Ongkir. Biasanya fitur ini berada di halaman depan, sehingga mudah terlihat oleh pengunjung website yang membutuhkan fitur cek resi untuk melacak paketnya.

Begitu juga dengan website JNE telah dilengkapi fitur Cek Resi. Anda bisa melacak paket Anda ke website resmi JNE di www.jne.co.id.

Berikut tampilan halaman Cek Resi di website JNE. Anda juga bisa mencoba melakukan cek resi paket yang ingin Anda telusuri status terakhirnya disini.



Selain fitur cek resi JNE, Anda bisa juga menggunakan fitur Hubungi Kami pada website JNE untuk menanyakan masalah yang terkait dengan paket Anda. Anda tinggal mengisi nama dan email, nomer telepon/HP, dan menceritakan permasalahan pada paket Anda. Setelah lengkap tinggal klik tombol Send Message, maka keluhan Anda akan sampai ke pihak JNE dan segera mendapat respon.




5. Cek Resi Ke Situs Tracking

Selain cek resi JNE melalui website resmi, Anda juga bisa memanfaatkan situs tracking yang disediakan pihak ketiga untuk memantau perjalanan paket yang dikirim melalui agen JNE. Ada banyak situs tracking yang menyediakan widget cek resi untuk JNE, Anda bisa menggunakan salah satunya. Beberapa diantaranya adalah :

www.cekresi.com

www.cekresi.co.id

www.rajaresi.com

www.ceknoresi.com

www.cariresi.com

www.pengirim.com

www.lacakresi.co.id

Anda dapat menggunakan salah satu situs tracking tersebut untuk melacak paket JNE Anda. Sebagai contoh adalah widget penelusuran nomer resi JNE dari Cekresi.com dibawah ini.


Anda tinggal memasukkan nomer resi JNE, lalu klik tombol Search, selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Cekresi dan ditampilkan hasil pencariannya. Sebetulnya widget tersebut tidak terbatas untuk menelusuri pengiriman dari JNE saja, tapi mencakup 33 perusahaan jasa pengiriman. Jadi sangat bermanfaat bagi Anda yang berbisnis online dan memiliki blog, karena widget tersebut dapat Anda pasang di blog Anda.

6. Cek Resi Dengan My JNE



My JNE adalah aplikasi jasa kurir dari JNE yang berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Salah satu fitur My JNE adalah My Shipment yang fungsinya untuk mengecek status pengiriman JNE.

Fitur My Shipment terdapat pada menu Home di aplikasi dengan tujuannya sebagai cek status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat.

Cek resi dengan aplikasi My JNE.
My Shipment dan My Tariff dalam satu menu di Home (via Teknologi.info)

Cara mengecek status pengiriman paket JNE dengan aplikasi My JNE cukup mudah. Masukkan nomor resi pada kotak ‘Search Air Waybill’ untuk mengetahui sampai mana status barang baik itu pengirim maupun penerima, sehingga dapat diketahui.

Fitur My Shipment terdapat pada menu Home di aplikasi dengan tujuannya sebagai cek status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat.

Masukkan nomor resi JNE pada kotak ‘Search Air Waybill’ lalu klik tombol Search untuk mengetahui sampai dimana status barang yang dikirim. Hasilnya pun segera diketahui.

Jika tidak mau repot menginput nomer resi JNE, kita bisa men-scan barcode pada resinya dengan dengan cara klik icon kamera berwarna biru. Arahkan kamera pada barcode di kertas resi dan pastikan terjangkau garis merah pada layar.

Hasil pencarian resi pada aplikasi My JNE (via Riskangilan.com)

Untuk dapat menggunakan aplikasi My JNE, kita harus mengunduh dulu aplikasinya di Google Playstore. Cari aplikasi MYJNE atau klik link : https://goo.gl/Hy4DrD. Selesai mengunduh, buka aplikasi My JNE.

Pertama kali menggunakan My JNE, Anda diminta daftar (sign up) dulu agar bisa memanfaatkan fitur-fitur aplikasi ini dengan maksimal. Untuk itu Anda diminta mengisi nama lengkap, email, nomor HP aktif, dan membuat password.

Setelah sukses mendaftar, buka email yang didaftarkan, lalu cari email dari JNE dan klik link yang diberikan sebagai tanda konfirmasi pendaftaran. Untuk login ke aplikasi My JNE gunakan nomor HP dan password saat mendaftar.

Demikianlah info cara mudah cek resi JNE bagi Anda yang masih awam dengan hal tersebut. Ternyata tidak sulit melakukannya dan banyak cara yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat.
loading...

Labels: Cek resi, JNE

Thanks for reading Cara Mudah Cek Resi JNE. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Cara Mudah Cek Resi JNE"

Kalau favorit saya dan temen-temen dekat yg maen OLshop, cek resi yg cepat dan akurat serta ringan loadingnya di: JagoResi.com

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.