Bisnis Online Yang Laris Di Bulan Ramadan


Ramadhan adalah bulan penuh rejeki. Ungkapan ini pasti diamini oleh para pedagang, baik yang berjualan di pertokoan, mall sampai kaki lima. Karena pada selama bulan Ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat drastis yang berdampak pada meroketnya omzet para pedagang. Semua memanfaatkan momen bulan penuh hikmah tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Bisnis online yang laris di bulan Ramadhan.
DVD jualan laris saat Ramadhan (via Bintangbelanja.com)

Pun demikian dengan para penjual online. Di era internet ini, datangnya Ramadhan juga menjadi bulan penuh berkah bagi dagangan online mereka. Tak terkecuali ada yang jeli memanfaatkannya untuk menjual rahasia jualan laris saat Ramadhan dalam bentuk DVD. 

Dengan kelebihan perdagangan online yang bisa dijalankan kapan saja tanpa batas waktu dan tingginya penggunaan internet di kalangan masyarakat Indonesia dewasa ini, masuk akal pembelian secara online menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja berbagai kebutuhan untuk merayakan Hari Lebaran.

Apalagi pada saat Ramadhan umumnya masyarakat Indonesia memiliki banyak waktu luang. Saat berpuasa tidak banyak waktu yang tersita untuk beraktivitas diluar rumah kecuali saat bekerja, sehingga ditengarai berkorelasi meningkatnya penggunaan smartphone hingga 26% saat Ramadan.

Karena itu bagi pelaku bisnis online, selama Ramadhan menjadi momen tepat untuk memaksimalkan penjualan secara online.

Mengingat momen puncak Ramadhan terbilang singkat, penjual online harus tahu kapan waktu paling tepat calon pembeli membelanjakan uangnya.

Seperti dilansir situs Sindonews, pada Ramadhan tahun lalu, bisnis atau ritel online mengalami peningkatan penjualan 67% lebih tinggi dibanding bulan-bulan lain sepanjang 2016.

Transaksi terbanyak dilakukan adalah malam hari, tepatnya setelah buka puasa dengan presentase 29% atau naik 5% dibandingkan bulan sebelumnya. Berbalik dengan kondisi siang hari di mana pembeli menurun hingga 71% dibandingkan bulan sebelumnya yang bisa mencapai 76%.

Bagi pebisnis online sangat penting memperhatikan timing yang tepat kapan calon pembeli membelanjakan uangnya. Menurut Alban Villani, General Manager perusahaan periklanan digital Criteo Asia Tenggara, untuk memenangkan persaingan, pebisnis agar memulai bisnis online yang berkaitan dengan momentum tersebut dua pekan sebelum Ramadhan tiba.

Sebab itu adalah momen di mana calon pembeli mulai merencanakan untuk apa saja uang bulanan dan bonus THR dibelanjakan, yang puncaknya terjadi pada pekan ketika Ramadhan. Momen puncak itu terbilang singkat.

Pada pekan terakhir Ramadhan dan pekan pertama setelah Lebaran kecenderungan orang membeli akan menurun, karena sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada di perkotaan mudik ke kampung halaman.

Intinya, wajib bagi pelaku bisnis online memanfaatkan sebaik-baiknya momentum bulan Ramadhan untuk meningkatkan omzet penjualan online Anda.

Lalu, barang seperti apa yang laris dan banyak dicari selama Ramadan? Tentunya barang-barang yang dicari orang selama bulan Ramadhan berkaitan  untuk keperluan menjalankan ibadah puasa dan persiapan lebaran.

Kita bisa membayangkan sendiri dari kebiasaan keluarga, teman dan tetangga di sekitar di waktu-waktu sebelumnya, selama Ramadhan biasanya apa saja yang dibutuhkan dan paling banyak dicari untuk dibeli. Barang atau kebutuhan itulah yang seharusnya bisa kita jual secara online. Jenisnya tidak banyak perubahan dari tahun ke tahun. Salah satunya yang berhubungan dengan fashion.


Sebagai gambaran umum, inilah produk paling laris selama bulan Ramadan yang bisa Anda jual secara online :


1. Kue Kering

Kue kering laris dijual online pada bulan Ramadan.
Aneka kue kering yang cocok dijual di bulan Ramadan (via Harianterbit.com)

Selain makanan dan minuman, secara tradisi masyarakat kita kurang afdol berlebaran tanpa menyiapkan kudapan berupa makanan kecil, seperti kue-kue kering dan cemilan. Jika Anda pandai membuat kue-kue kering seperti kue nastar, kue semprit, kue keju, kue sagu, dan sebagainya, maka ini kesempatan terbaik untuk menerapkan ketrampilan sekaligus mendapat uang yang lumayan besar jika bisa memaksimalkan penjualan. 

Bagi yang tidak pandai membuat kue pun masih bisa menjual kue kering untuk lebaran dengan cara membeli secara curah lalu mengemasnya dalam ukuran kecil dalam wadah toples dari kaca atau mika dengan riasan cantik di sekeliling. Selain kue kering, menjual kurma juga bisa ditawarkan karena banyak dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa.

2. Busana Muslim Dan Perlengkapan Shalat

Busana muslim banyak diburu selama Ramadhan.
Aneka busana muslim (via http://busanamuslim-murah2013.blogspot.co.id)

Memasuki bulan suci Ramadhan seluruh umat muslim lebih khusus melaksanakan ibadah. Karena itu banyak yang membutuhkan perlengkapan ibadah yang baru, termasuk busana muslim, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk disumbangkan kepada pihak lain yang membutuhkan.

Beberapa perlengkapan ibadah yang banyak dicari selama Ramadhan adalah mukena, kain sarung, peci, sajadah, atau tasbih. Sedangkan busana muslim yang banyak diburu antara lain baju koko untuk laki-laki, busana tunik, dan outer yaitu luaran yang disandingkan dengan hijab, untuk wanita. Peluang ini tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

3. Pakaian Lebaran

Selama Ramadhan penjualan pakaian meningkat drastis (via Tempo.co)

Pada saat Lebaran, orang indonesia punya tradisi membeli pakaian baru untuk seluruh keluarga. Setidaknya tiap anggota keluarga membutuhkan 2 pasang pakaian baru. Maka tak heran permintaan baju, kaos dan celana selama Ramadhan meningkat drastis. Toko-toko yang menjual pakaian biasanya menikmati panen besar. Jadi tidak ada ruginya buat Anda untuk ikut menjual pakaian secara online di bulan Ramadhan. Manfaatkan media marketplace untuk menawarkan yang berpeluang mendatangkan pembeli dalam jumlah banyak.

4. Sandal


Sandal banyak dijual selama Ramadhan.
Aneka sandal cantik untuk lebaran (via Republika.co.id)

Baju baru tidak lengkap tanpa sepatu dan sandal baru. Selama Ramadhan toko-toko sepatu dan sandal selalu penuh pembeli. Hal ini bisa menjadi alasan untuk menjualnya pula secara online. Asalkan pandai memilih model yang sedang tren, peminatnya tentu tidak kurang, meskipun pembelian sandal tidak sebanyak pakaian.

5. Parcel

Jual Parcel buku bisa jadi alternatif hadiah untuk Lebaran.
Parcel tidak harus makanan-minuman, tapi juga bisa berupa buku (via Gerakjalanesq.wordpress.com)

Parcel tidak harus identik dengan makanan dan minuman, tapi juga bisa untuk jenis barang lainnya, seperti peralatan makan, perlengkapan sholat, kaligrafi, bahkan buku bacaan Islami.

Apapun jenis parcelnya, Anda harus mengemasnya secara kreatif, sehingga menarik perhatian, karena dipasarkan secara online faktor penampilan menjadi sangat penting. Namun Anda harus memperhitungkan soal pengiriman parcel tersebut. Mengingat resiko rusaknya paket parcel dengan banyaknya paket yang dikirim selama bulan Ramadhan, jenis jualan seperti parcel - terutama makanan-minuman - lebih cocok ditawarkan untuk wilayah lokal. Dalam hal ini penjualan melalui grup jual-beli lokal di Facebook lebih efektif daripada melalui website atau situs marketplace.

6. Rental Mobil

Rental mobil banyak dicari selama Lebaran.
Deretan mobil rental (via  http://aritrans-rentcar.com)

Selama lebaran banyak orang yang membutuhkan transportasi untuk membawa seluruh anggota keluarganya bersilaturahmi ke handai taulan. Ini sebuah peluang besar karena harga sewa mobil pada hari lebaran bisa naik sampai 75% dari hari biasa. 

Jika Anda memiliki mobil lebih dari satu, Anda bisa manfaatkan peluang selama masa lebaran dengan merentalkan mobil Anda. Bahkan jika tidak memiliki kendaraan pun masih bisa menawarkan jasa rental mobil. Yaitu dengan cara menjadi agen. Hubungi dan ajak teman-teman Anda yang memiliki mobil yang ingin disewakan. Buat catatan tentang jenis mobil dan selanjutnya Anda tinggal tawarkan ke orang yang membutuhkan transportasi selama lebaran. Untuk jasa sewa mobil ini pun Anda cukup tawarkan melalui grup lokal di Facebook.

7. Jasa Pengiriman Barang

Bisnis kurir meningkat selama Ramadhan.
Jasa kurir pun mengalami panen raya selama Ramadhan (via Bisnis.com)

Jika Anda memiliki usaha jasa pengiriman, inilah masa panen terbesar Anda dalam setahun. Selama Ramadhan, menjelang lebaran dan bahkan sesudahnya, semua agen jasa pengiriman mengalami panen raya. Sebelum era internet pun, bisnis kurir mencapai puncaknya selama Ramadhan, kini dengan adanya era e-commerce peningkatannya sangat luar biasa.

Selama Ramadhan pengiriman barang meningkatkan hingga 50% dari hari biasa. Dan sekitar 70% barang yang dikirim melalui agen pengiriman adalah barang dagangan yang dijual para seller online. Selain itu pengiriman sepeda motor juga mendominasi di saat Ramadhan.

Beberapa hari menjelang lebaran biasanya para agen pengiriman ini sudah menolak paket yang akan dikirimkan, selain karena volumenya pengirimannya sudah overload juga terkendala oleh hari libur bagi para pekerja logistik, khususnya bagian kurir dan sopirnya. Karena itu para agen pengiriman harus mengedukasi pelanggannya agar sedini mungkin mengirim paketnya agar bisa sampai sebelum lebaran.

Tentu saja masih terbuka lebar peluang untuk berbagai produk selain yang telah disebutkan, mengingat selama Ramadhan dan Lebaran masyarakat kita cenderung konsumtif dan kurang perhitungan dalam hal pengeluaran. Karena itu sebenarnya apapun bisa ditawarkan kemungkinan bisa laku dijual secara online pada saat Ramadhan, hal ini juga tergantung kejelian kita melihat peluang yang ada. Namun dengan membatasi pada jenis barang yang laris, dalam arti banyak dicari orang selama Ramadhan, ini sudah mengurangi resiko barang tersebut tidak laku terjual. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berjualan secara online maupun offline ketika bulan Ramadhan. 
Loading...

Labels: Bisnis Online, Ide Bisnis

Thanks for reading Bisnis Online Yang Laris Di Bulan Ramadan. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Bisnis Online Yang Laris Di Bulan Ramadan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.