Aplikasi Ninja Easy, Solusi Jitu Bagi Seller Di Sosial Media


Perusahaan jasa pengiriman PT Andiarta Muzizat yang dikenal dengan brand Ninja Express meluncurkan aplikasi mobile bernama Ninja Easy. Lebih dari sekedar aplikasi jasa kurir biasa, Ninja Easy adalah layanan terpadu yang menyederhanakan proses pengiriman dan pembayaran dengan fitur layanan jemput paket (on demand pickup), pembayaran COD (Cash On Delivery) serta pelacakan paket secara real time.

Aplikasi Ninja Easy, solusi seller di sosial media
Aplikasi kurir Ninja Easy (via Dailysocial.com)

Aplikasi ini menjadi solusi jitu bagi para seller/penjual yang biasa berjualan di sosial media, seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Ninja Easy hadir sebagai solusi modern yang meningkatkan standar e-commerce dengan konsep "Buat Link, Kirim, Terima Pembayaran".

Dengan Ninja Easy proses pengiriman dan pembayaran menjadi lebih mudah, sehingga para penjual bisa fokus mengembangkan bisnisnya serta menghemat waktu mengurus administrasi penjualan yang biasanya ribet.

Secara umum proses jual-beli secara online di sosial media berlangsung melalui alur yang panjang, sebagaimana digambarkan sebagai berikut.

Alur jual-beli online di sosial media (via Sindonews.com)

Seperti terlihat pada gambar diatas, proses jual-beli online, khususnya di sosial media, seluruhnya dikerjakan sendiri oleh si penjual. Mulai dari memasukkan informasi produk ke sosial media maupun website, sampai terjadi transaksi pembelian oleh pembeli, mempacking barang, mengantar paket ke agen jasa pengiriman, sampai menginformasi resi ke pembeli.

Dan diantara proses tersebut masih ada masalah menyangkut kepercayaan pembeli terhadap penjual, hambatan proses pembayaran (beda rekening bank, atau malah pembeli tidak memiliki rekening bank), komplain pembeli akibat pengiriman yang terlambat, belum lagi komplain jika barang yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan pembeli.

Panjangnya proses jual-beli online seperti itulah yang coba dipangkas oleh penyedia jasa kurir Ninja Xpress melalui aplikasi Ninja Easy.

Berjualan di sosial media dengan Ninja Easy.
Langkah praktis berjualan dengan Ninja Easy.

Dengan aplikasi Ninja Easy proses jualan melalui sosial media menjadi lebih mudah, simpel dan menguntungkan kedua pihak, baik penjual maupun pembeli.

Caranya, penjual cukup membuat link/tautan di aplikasi Ninja Easy yang berisi detail produk, lalu mengirim/menyebarkan link tersebut ke berbagai media sosial, aplikasi pesan singkat (WA, BBM, Line dsb) atau blog pribadinya. Proses selanjutnya jika terjadi transaksi pembelian, penjual hanya menyiapkan barang yang akan dibeli, selebihnya pihak Ninja Express yang menyelesaikannya sampai ke tangan pembeli.


CARA KERJA APLIKASI NINJA EASY

Seperti dikutip dari laman Ninja Express, cara kerja aplikasi Ninja Easy dimulai dengan menginstal aplikasi Ninja Easy yang tersedia di Google Play store untuk perangkat Android dan iTunes store untuk perangkat iOS.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran akun baru saat pertama kali masuk ke aplikasi.

Jika Anda seorang penjual, pilih “Buat Link” untuk membuat sebuah link, lalu masukkan deskripsi produk yang akan dijual secara detil, termasuk harganya, sehingga menghasilkan sebuah Ninja Link.

Setelah link berhasil dibuat, langkah berikut adalah menawarkan produk dengan cara memasang link tersebut ke semua sosial media, aplikasi chat (seperti WA, Line, BBM), termasuk ke blog pribadi jika ada. Jangkau sebanyak mungkin calon pembeli Anda.

Meskipun target market aplikasi ini adalah para penjual online shop atau yang disebut dengan social commerce, namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan untuk keperluan pengiriman barang non transaksional.

Ketika ada pembeli yang tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui Ninja Link, ia cukup membuka link tersebut, memasukkan informasi lokasi (alamat) dan jadwal pengiriman yang diinginkan.

Kemudian secara otomatis data pembelian tersebut akan dikirimkan kembali pada penjual melalui aplikasi Ninja Easy.

Penjual tinggal menyiapkan barang yang dipesan pembeli, mempacking dan meminta agar kurir Ninja Easy mengambil paket di tempatnya sesuai waktu yang ditetapkannya dari aplikasi yang sama.

Layanan penjemputan barang ke penjual tidak dibatasi jumlah barang minimum dan tersedia tujuh hari dalam seminggu, mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam. 

Kurir akan menjemput dan mengantar paket pesanan ke pembelinya, serta melakukan penagihan pembayaran cash on delivery atau COD.

Setelah barang terkirim ke pembeli dan pembayaran telah diterima, penjual akan menerima pemberitahuan melalui email dan aplikasi Ninja Easy bahwa transaksi telah selesai dilakukan.

Uang tunai yang diterima kurir akan masuk ke saldo akun penjual di Ninja Easy. Selanjutnya penjual dapat menguangkan hasil penjualan tersebut ke rekening bank yang dipilih.

Saat ini Ninja Xpress tak menarik biaya dari layanan penjemputan barang.  Jika barang yang dibeli ternyata tidak sesuai harapan pembeli, pihak Ninja Xpress juga masih menggratiskan biaya retur.

Tarif Ninja Xpress Berdasarkan Berat Paket, Bukan Jarak
Seperti jasa kurir lain, Ninja Easy mengenakan biaya berdasarkan berat paket. Bukan berdasarkan jarak seperti pada jasa transportasi online (ojek).

Ninja Xpress menyediakan beberapa layanan pengiriman paket, yaitu :
          - Ninja REGULAR (1-3 Hari) mulai dari Rp 9.000
          - Ninja FAST (Hari berikutnya) mulai dari Rp 13.000
          - Ninja SUPER (Hari yang sama) mulai dari Rp 25.000

Berikut video cara membuat link di aplikasi Ninja Easy.




Kelebihan Ninja Easy

Setidaknya ada tiga kelebihan dari aplikasi Ninja Easy bagi para seller yang aktif berjualan di sosial media maupun website, yaitu kemudahan, kepraktisan dan kepercayaan.

1. Kemudahan
Dengan Ninja Easy menjual barang secara online cukup dengan membuat sebuah link dan kemudian menyebarkan (menempelkan) link tersebut ke banyak sosial media, aplikasi pesan singkat, hingga website dengan mudah dan cepat. Karena hanya tinggal copy paste link, tidak perlu posting detail produk satu per satu ke berbagai media.

2. Kepraktisan
Dengan Ninja Easy, penjual tidak direpotkan urusan administrasi pembayaran dan pengiriman barang.

Aplikasi Ninja Easy ini memangkas waktu, penjual tidak perlu repot dengan proses menunggu pembeli mengirimkan bukti pembayaran dan informasi tujuan pengiriman, sebelum pergi ke agen jasa pengiriman. Proses ini sudah ditangani pihak Ninja Xpress. Penjual tinggal menunggu pembayaran cair.

3. Kepercayaan
Masalah besar dalam proses jual-beli online menyangkut kepercayaan terhadap penjual. Banyak pembeli yang takut mengalami penipuan. 

Adanya pembayaran COD dalam Ninja Easy memberi jawaban untuk keamanan bertransaksi e-commerce melalui sosial media di Indonesia, berbeda dengan opsi seperti transfer antar bank atau e-payment yang selain rawan penipuan, juga bergantung pada kepemilikan rekening bank dan kartu kredit.

Namun pola COD sangat merepotkan jika harus dilakukan sendiri oleh penjual, karena harus mengantarkan dan bertemu sendiri dengan pembeli.

Ninja Easy hadir dengan metode pembayaran COD sebagai bentuk komitmen Ninja Express kepada para pelaku social commerce, membantu menjembatani kesenjangan kepercayaan antara penjual dan pembeli perihal reputasi kedua belah pihak ataupun hal-hal terkait  produk lainnya sehingga mereka lebih percaya diri dalam bertransaksi online.


Kekurangan Aplikasi Ninja Easy


Selain kelebihannya, aplikasi Ninja Easy juga ada kekurangannya.
- Karena sistem pembayarannya secara COD, yaitu pembeli baru membayar setelah barang yang dibeli dari penjual diterimanya dari kurir Ninja Easy, ada kemungkinan pembeli membatalkan pembelian jika barang yang dipesan ternyata tidak sesuai dengan harapannya.

- Pengambilan barang oleh kurir Ninja Easy berdasarkan waktu yang ditetapkan oleh penjual. Hal ini membuat tekanan bagi penjual untuk menyiapkan barang yang sudah dikemas rapi tepat waktu. 

Penjual akan panik jika kurir datang mengambil paket sementara barang belum selesai dikemas, sedangkan kurir tidak mungkin menunggu terlalu lama.

Untuk produk tertentu seperti pecah-belah dan produk elektronik, proses packing barang kadang tidak bisa dilakukan secara cepat karena harus memperhitungkan faktor keamanan barang.

- Sesuai penjelasan di laman Ninja Xpress, pembayaran oleh pembeli baru bisa dicairkan oleh pihak Ninja Xpress kepada penjual dalam waktu sekitar 7-9 hari kerja. Jadi penjual harus bersabar menunggu cukup lama untuk menerima haknya.

- Kurir Ninja Easy bisa berpotensi menjadi sasaran kejahatan karena diketahui membawa uang dari hasil pembayaran barang oleh pembeli. Jika dalam sehari ia menyelesaikan pengantaran paket sebanyak 50 buah misalnya, maka kurir Ninja Easy akan membawa uang belasan sampai puluhan juta di sakunya.


- Layanan kurir Ninja Xpress masih terbatas di 28 kota di Indonesia dengan kurir sebanyak 1000 orang (sampai Maret 2017). Namun secara bertahap jumlah kota dan kurir ini akan terus bertambah sesuai dengan perkembangan. Sedangkan layanan penjemputan barang dengan Ninja Easy untuk sementara hanya tersedia di wilayah Jakarta. Jadi untuk seller di luar Jakarta, pengiriman barang ke agen Ninja Xpress (Ninja Point) masih dilakukan seller sendiri.

Perbedaan Ninja Xpress dan Transportasi Online


Meskipun sama-sama berbasis aplikasi online yang memberikan layanan penjemputan barang (pick up) dan pengantaran ke tempat pembeli, kemudian melakukan penagihan atas harga barang berikut ongkos kirimnya, Ninja Xpress bukan dan berbeda dengan layanan transportasi online, semacam Go-Jek, Grab dan sebagainya yang juga memiliki layanan kurir.

Berikut perbedaan antara Ninja Xpress dan transportasi online :

1. Layanan transportasi online berbasis point to point on demand delivery sedangkan layanan Ninja Xpress berbasis point to multi point on demand pick up.

Artinya layanan kurir pada transportasi online, khususnya ojek online, berdasarkan permintaan pembeli untuk mengambil atau membeli barang di suatu tempat dan mengirimkan/mengantarkannya ke tempat pembeli atau tempat lain yang ditentukan. Layanan jasa kurir pada transportasi online hanya bisa memberikan layanan pengiriman satu arah, dari satu tempat (titik) ke tempat (titik) lain di dalam kota yang sama. Tidak bisa ke beberapa titik sekaligus, atau ke titik di kota lainnya.

Sedangkan layanan Ninja Xpress melalui aplikasi Ninja Easy berdasarkan permintaan pengambilan barang oleh penjual dan selanjutnya barang tersebut bisa dikirim ke berbagai tujuan (titik) di berbagai kota. Artinya pengambilan barang oleh kurir Ninja Xpress berdasarkan permintaan, bukan keharusan, karena bisa saja setelah layanan pengambilan ini dikenakan ongkos, penjual bisa memilih opsi mengantarkan sendiri paketnya ke agen (Ninja Point) terdekat.

2. Pengantaran/pengiriman barang oleh pengemudi transportasi online dilakukan pada saat menerima order dari konsumen dan berlangsung di hari yang sama, sedangkan layanan pengambilan barang waktunya ditentukan oleh penjual, dan pengiriman barang ke alamat pembeli tidak harus pada hari yang sama, tergantung jenis layanan pengiriman yang dipilih pembeli.

3. Ongkos kirim oleh transportasi online dihitung berdasarkan jarak tempuh, sedangkan ongkos kirim Ninja Easy berdasarkan berat paket.

4. Status kurir di Ninja Xpress adalah sebagai karyawan perusahaan, sedangkan driver pada perusahaan transportasi online statusnya sebagai mitra pengendara. 


Dengan berbagai kelebihan Ninja Easy, sangat rugi jika aplikasi ini tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh para seller yang selama ini rutin memanfaatkan sosial media untuk berjualan secara online. Tantangannya adalah memperluas layanan pick up on demand tidak sebatas di Jakarta saja, dan menambah agen Ninja Point ke seluruh kota di Indonesia.
loading...

Labels: Kurir Aplikasi, Ninja Xpress, Peluang Usaha

Thanks for reading Aplikasi Ninja Easy, Solusi Jitu Bagi Seller Di Sosial Media. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Aplikasi Ninja Easy, Solusi Jitu Bagi Seller Di Sosial Media"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online