Ninja Xpress Meramaikan Bisnis Jasa Kurir di Indonesia


Besarnya potensi dan pertumbuhan  bisnis e-commerce di tanah air yang luar biasa, membuat Indonesia menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Salah satu peluang yang sangat terbuka adalah layanan jasa pengiriman atau kurir. Hal ini menjadi alasan kuat bagi Ninja Van, sebuah perusahaan logistik asal Singapura, ekspansi ke Indonesia dengan nama Ninja Xpress.

Sebelum masuk Indonesia, Ninja Van sudah hadir di Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, dan tentu saja Singapura. CEO Ninja Van, Lai Chang Wen merasa Indonesia memiliki pangsa pasar e-commerce yang sangat besar di Asia Tenggara.

“Indonesia memiliki pangsa pasar yang sangat besar di Asia Tenggara, bisnis e-commerce juga terus bertumbuh sehingga kami memutuskan melakukan ekspansi ke Indonesia,” kata Lai Chang Wen di Kuningan, Jakarta, Selasa (6/9/2016).
Jasa pengiriman paket Ninja Xpress.
Managing Director Berrybenka, Danu Wicaksana (kiri) dan Country Head Ninja Xpress,
Indra Wiralaksmana (kanan) dalam peluncuran Ninja Xpress (sumber : Antaranews.com)
Meskipun di Indonesia telah ada pemain jasa kurir yang lebih dulu eksis, seperti JNE maupun TIKI, pihak Ninja Express mengaku tidak sama dengan perusahaan jasa kurir tersebut. Ninja Xpress lebih spesifik sebagai perusahaan logistik one to one point dengan moda transportasi darat seperti motor dan mobil.

“Jadi mungkin kompetitor kami lebih mirip seperti Go-Jek, Grab Express, jadi kami tidak berkompetisi dengan JNE, atau sejenisnya” ungkap Lai Chang Wen.

Memanfaatkan besarnya potensi e-commerce di Indonesia, Ninja Xpress mencoba hadir sebagai alternatif baru penyedia jasa pengiriman barang, dengan membidik pelaku online shop sebagai target utamanya. Saat ini Ninja Xpress telah bekerja sama dengan hampir seluruh pelaku e-commerce besar di Indonesia di antaranya Berrybenka, Lazada, Hijup dan Tokopedia.

Dengan mengedepankan teknologi, Ninja Xpress menawarkan pengiriman dan penerimaan paket secara real time.

"Kami menawarkan sistem terintegrasi. Melalui sistem itu para ecommerce dapat mengakses 24 jam, mereka dapat mereservasi penjemputan paket dan mengunggah informasi paket-paket yang akan dikirim melalui Ninja Xpress," kata Indra Wiralaksmana, Country Head Ninja Xpress, di Jakarta, Selasa.

"Dengan menggunakan sistem kami, mulai paket di tangan Ninja Express sampai diantarkan, baik mitra maupun customer bisa langsung melacak secara real time," lanjutnya.

Terkait transparansi pelacakan, Indra menjelaskan pelacakan barang dilakukan melalui situs resmi Ninja Xpress dimana customer sebelumnya akan mendapat ID.

Untuk memastikan keamanan dalam pelacakan barang, Ninja Xpress mengirimkan notifikasi berupa sms. "Bukan hanya untuk memberitahu, tapi juga efisiensi sehingga kurir tidak perlu kirim dua kali," kata Indra.

"Kami juga melakukan notifikasi lewat email. Jika kiriman datang customer tidak dapat menerima dapat membuka link untuk menjadwalkan pengiriman," sambung dia.

Selain sistem real time, berkomitmen mendorong ekosistem ecommerce, Ninja Xpress juga mendukung layanan Cash on Delivery (COD) yang memungkinkan customer membayar barang yang mereka beli.

"Tantangan besar ecommerce adalah sistem pembayaran dimana belum semua customer melakukan pembayaran online, sehingga layanan COD kami menjadi nilai tambah bagi para pelaku ecommerce," ujar Indra.

"Tidak hanya menawarkan jasa COD, kami juga menawarkan transparansi proses, sehingga usaha kecil menengah tidak perlu khawatir dana tidak tersampaikan tepat waktu," tambah dia.

Ninja Point

Untuk menjalankan bisnisnya, Ninja Xpress menghadirkan layanan Ninja Point atau gerai yang dapat dikunjungi untuk mengirimkan paket dan dokumen. Di Jakarta, saat ini ada lima lokasi Ninja Point yang berada di Thamrin City, ITC Cempaka Mas, ITC Mangga Dua, ITC Kuningan, dan Pusat Grosir Cililitan. Hingga akhir 2016 Ninja Xpress menargetkan pembukaan 50 gerai Ninja Point.

Ninja Xpress menawarkan tiga layanan. Pertama, Ninja Reg yang merupakan layanan pengiriman standar Ninja Xpress dengan waktu pengiriman bergantung pada lokasi pengirim dan lokasi penerima.

Selanjutnya, Ninja Fast berupa layanan pengiriman cepat Ninja Xpress yang menjanjikan waktu tiba pada keesokan harinya, dan terakhir Ninja Super, yaitu layanan pengiriman yang menjanjikan paket diterima di hari yang sama.

Mengenai biaya atau ongkos kirim, Ninja Xpress mematoknya berdasarkan pada berat paket dan volume, bukan berdasarkan jarak kilometer yang ditempuh.

Dengan dukungan lebih dari 1000 tim armada yang terdiri dari pengemudi motor dan mobil yang tersebar di seluruh, manajemen Ninja Xpress optimis dapat mencapai 50.000 pengiriman hingga akhir tahun ini.


Saat ini Ninja Xpress telah hadir di lima wilayah di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya (termasuk Sidoarjo dan Grasik), Malang dan Medan, selain menyasar kota-kota besar lainnya di luar pulau Jawa seperti Balikpapan dan Makassar.
Loading...

Labels: Ninja Xpress, Peluang Usaha

Thanks for reading Ninja Xpress Meramaikan Bisnis Jasa Kurir di Indonesia. Please share this article.

Share:

4 Komentar untuk "Ninja Xpress Meramaikan Bisnis Jasa Kurir di Indonesia"

Mhon iinfo amatnya saya mau menawarkn kerjasama...mhon hub 081803184559

Infonya untuk kerjasama buka keagenana di daerah

Setahu saya, Ninja Xpress tidak membuka kerjasama keagenan dalam bentuk konter, tapi kerjasama sebagai driver maupun berkarir sebagai staf. Cek infonya di :
https://www.ninjaxpress.co/drive-with-us/

atau

https://www.ninjaxpress.co/career/

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.