Kolaborasi Indomaret dan RPX, Lahirlah I-Paket


Kerjasama Indomaret dan RPX - PT Indomarco Prismatama, pemilik jaringan minimarket nasional Indomaret dan RPX, yang merupakan pemegang lisensi Fedex, perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat, sepakat membentuk kerjasama. Kesepakatan kolaborasi keduanya diwujudkan dengan membentuk perusahaan patungan jasa pengiriman paket ritel dan e-commerce dengan nama PT Indo Repex Global, Rabu, 18 Mei 2016. 
Layanan pengiriman paket I-Paket dari Indomaret dan RPX.
I-Paket, layanan pengiriman paket kolaborasi Indomaret dan RPX. (sumber : Kontan.co.id)
Dalam kerjasama tersebut, PT Inti Lumbung Prima yang merupakan anak usaha grup Indomaret memegang saham 60% dan PT Antareja Prima Antaran, anak usaha grup RPX, menguasai saham 40%.

"Komitmen kemitraan tersebut menggabungkan kekuatan Indomaret  dengan  lebih dari 12.800 gerainya  sebagai industri ritel terbesar di Indonesia dan RPX sebagai penyedia jasa pengiriman dan logistik yang berpengalaman lebih 30 tahun," tulis RPX dalam keterangan resminya, Jumat (20/5/2016).

Tujuan utama mendirikan perusahaan patungan ini tak lain untuk menggarap potensi bisnis ritel, e-commerce dan jasa pengiriman yang sedang tumbuh pesat.

Keuntungan bagi pelanggan Indomaret, dapat mengirimkan paketnya (drop off) dan penerima dapat mengambil/menjemput paketnya sendiri di Indomaret (pick up).

Selain itu, pelanggan juga dapat membayar tunai pada saat paket diterima di Indomaret atau yang lebih dikenal sebagai mekanisme COD (cash on delivery) payment di Indomaret.

Saat ini PT Indo Repex Global tengah mempersiapkan operasional proses bisnisnya yang akan diluncurkan pada tahun ini.

LAYANAN I-PAKET INDOMARET

Sejatinya kesepakatan kerjasama ini sudah dimulai tahun 2014 lalu, namun masih sebatas di Jabodetabek, sedangkan realisasi resminya baru dilakukan tahun ini dengan membentuk perusahaan patungan.

Layanan jasa pengiriman hasil kerjasama Indomaret dan RPX ini disebut I-Paket. Layanan ini memungkinkan pelanggan Indomaret bisa berbelanja sekaligus melakukan pengiriman barang di satu tempat. Saat itu Indomaret menargetkan terjadi 30.000 transaksi pengiriman setiap bulan, yang berasal dari para penjual online maupun pelanggan Indomart.

Di tahap awal RPX akan bekerjasama dengan 3.255 outlet Indomaret sebagai drop off shipment di wilayah Jabodetabek. Selanjutnya pasar akan diperluas hingga seluruh outlet Indomaret yang tersebar di Indonesia.

Untuk menikmati layanan I-Paket, Anda bisa mendatangi gerai Indomaret dan mengisi beberapa data terkait pengiriman barang dan juga menunjukkan KTP.

Dalam layanan I-Paket berbagai fasilitas disediakan, seperti packaging yang praktis. Pengirim dapat menuliskan informasi alamat langsung di packaging yang disediakan di tiap toko Indomaret, setelah itu bisa langsung memproses pengiriman di kasir. 

Berat paket yang diijinkan maksimal 2 kg. Jika berat paket lebih dari itu, Anda harus menambah amplop I-Paket lainnya.

Jika umumnya agen jasa pengiriman hanya beroperasi sampai sore hari, I-Paket beroperasi hingga pukul 10 malam. Ini berarti konsumen bisa mengirimkan paket di Indomaret hingga pukul 10 malam. Panjangnya jam kerja ini akan menjadi ancaman bagi perusahaan jasa pengiriman lain jika kelak layanan I-Paket sudah diterapkan untuk seluruh Indonesia.

Paket yang dikirim via I-Paket bisa dilacak dan mudah diakses dengan mengecek nomor pengiriman (AWB) yang tercetak di struk. Pelanggan bisa melacak pengiriman melalui website RPX, Notifikasi SMS, dan aplikasi RPX Mobile yang bisa diunduh melalui smartphone.
Loading...

Labels: I-Paket, RPX

Thanks for reading Kolaborasi Indomaret dan RPX, Lahirlah I-Paket. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Kolaborasi Indomaret dan RPX, Lahirlah I-Paket"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.