Ini Dia 7 Inovasi Layanan Terbaru Dari JNE


7 Magnificent dari JNE - PT Jalur Nugraha Ekakurir atau lebih dikenal sebagai JNE membuktikan komitmennya sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspress dan logistik nasional terkemuka. Berbagai gebrakan telah dilakukan. Yang terbaru, JNE meluncurkan 7 layanan inovasi yang disebut dengan 7 Magnificent atau “7 yang mengagumkan”.
7 Magnificent JNE.
7 layanan terbaru JNE (sumber: 7magnificent.jne.co.id)
Ketujuh program atau produk layanan tersebut meliputi Aplikasi MyJNE, JNE-PopBox, @box prepaid, JNE Super Speed, JNE International  Shipment, Layanan CD Music dan JNE Trucking.

Ketujuh layanan tersebut merupakan perwujudan dari rencana pengembangan  bisnis perusahaan  yang fokus pada pengembangan  dua sektor, yaitu di bidang  Information  Technology  (IT) dan infrastruktur.  Tidak main-main, JNE berani menginvestasikan dana cukup besar untuk mewujudkan ambisinya tersebut. Untuk pengembangan IT, JNE menggelontorkan Rp55 miliar, sedangkan untuk pengembangan sektor infrastruktur JNE mengalokasikan Rp400 miliar. Antara lain dialokasikan untuk membangun pergudangan di Cikarang seluas 30 ribu meter persegi.

“Kami percaya untuk memperkuat bisnis, maka kami melakukan penguatan di sektor teknologi dan infrastruktur yang memainkan peran sentral dunia bisnis saat ini,” ujar Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE, saat memperkenalkan 7 layanan JNE tersebut, Senin (29/2/2016).

Menurut Feriadi, JNE harus beradaptasi dengan menciptakan terobosan baru dalam layanan yang adaptif dan inovatif untuk menghadapi pertumbuhan dunia digital yang melahirkan konsumen yang lebih kritis dengan kebutuhan akan distribusi barang yang beragam.
Berikut ini 7 layanan terbaru JNE di tahun 2016 untuk memberikan pengalaman baru pelanggannya:
My JNE

MyJNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.

Aplikasi My JNE merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya dengan fitur yang lebih canggih. Melalui My JNE, pelanggantidak hanya dapat mengetahui proses pengiriman, tapi juga dapat memastikan proses penerimaan paket. 
Fitur My COD pada aplikasi My JNE.
Fitur My COD pada aplikasi My JNE (sumber : 7magnificent.jne.co.id)
Beberapa kelebihan dari aplikasi My JNE yang bermanfaat bagi pelanggannya adalah :
- Dapat mencari informasi tarif JNE seluruh Indonesia, sehingga tidak perlu lagi mengakses situs web JNE hanya untuk sekedar mencari informasi tarif pengiriman. 
- Dapat mengetahui lokasi kantor atau agen JNE terdekat dengan fitur JNE Nearby, sehingga memudahkan dalam pengiriman paket atau dokumen. 
- Adanya fitur Search Air Waybill untuk memonitor status pengiriman dan penerimaan barang.
- Dapat melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli
individual dengan fitur My COD (Cash on Digital).
- Adanya fitur My COD Wallet yang memungkinkan pelanggan mendeposito sejumlah uang untuk digunakan sewaktu-waktu.

My COD adalah fitur andalan JNE dalam mengantisipasi booming perdagangan online. Fitur ini digunakan untuk mewadahi para penjual dan pembeli melakukan transaksi secara aman, mudah dan terkontrol. Ini semacam rekening bersama yang memudahkan pelanggan melakukan pembayaran tiap transaksi langsung melalui aplikasi tersebut. Ketersediaan fitur tersebut makin lengkap dengan adanya fitur My COD Wallet. Dengan fitur ini pelanggan bisa menyimpan uang yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. 

Untuk menikmati layanan My COD atau MY COD Wallet pengguna wajib melakukan registrasi dengan melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai anggota. Sedangkan untuk menikmati layanan dasar, seperti melacak dan mencari informasi tarif pengiriman barang serta lokasi kantor atau agen JNE terdekat, pengguna tidak perlu melakukan registrasi. 

Untuk menggunakan aplikasi MyJNE, penggunakan dapat mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.



JNE PopBox

JNE PopBox adalah layanan yang diperuntukan bagi pelanggan yang sibuk, memiliki mobilitas tinggi dan seringkali tidak berada di rumah. Bagi kelompok ini, JNE menawarkan kemudahan untuk mengambil dokumen atau paket kiriman di lokasi-lokasi loker yang telah ditentukan.
Mengambil paket di loker PopBox (sumber : Arenalte.com)
Dengan fasilitas ini, penerima dapat meminta shipper mengirimkan  paket ke alamat tujuan loker JNE-PopBox, sehingga tidak perlu kuatir tidak bisa menerima paket di rumahnya, karena dapat melakukan pengambilan paket di loker-loker  yang  terdapat  di beberapa  lokasi  sesuai  dengan keinginannya. 

Lokasi PopBox  tersebar sebanyak  32 titik di Jakarta, antara lain di beberapa mall terkemuka,  kampus, mini market, stasiun kereta api, apartemen dan yang lainnya. Untuk ukuran loker, pihak JNE menyediakan berbagai ukuran loker sesuai dengan kebutuhan konsumen, yaitu extra large (XL), large (L), medium (M), small (S), dan extra small (XS).  

Pada tahap awal, layanan JNE-PopBox baru disediakan  khusus  bagi pemilik  kartu  JLC (JNE Loyalty Card).

Layanan JNE PopBox
Alur kerja JNE PopBox (sumber : 7magnificent.jne.co.id)

@box Prepaid

Layanan @Box Pre-Paid adalah produk yang berbentuk kardus kotak (box) yang dikeluarkan oleh JNE sebagai alat pendukung pengiriman. Kardus @Box Pre-Paid ini diperjualbelikan untuk kepentingan pengiriman di wilayah DKI Jakarta, dimana harga box sudah termasuk ongkos kirim.
Saat ini ada 2 jenis box prepaid:
1.  @Box 2 Prepaid berukuran : P.30 x L.30 x T.12 (Volumetric = 1.9 m3) dengan berat maksimal : 3 kg, seharga Rp 22.000.
2.  @Box 3 Prepaid berukuran : P.35 x L.33 x T.17 (Volumetric = 2.7 m3) dengan berat maksimal : 5 kg, seharga Rp 40.000.


Kardus @boxprepaid JNE.
Ada 2 ukuran kardus @boxprepaid (sumber : 7magnificent.jne.co.id)

JNE Super Speed

Yaitu layanan pengiriman paket satu hari sampai ke tujuan pada hari yang sama.
Normalnya layanan Super Speed bertarif Rp 80.000,-, namun selama masa promo tarifnya Rp.40.000,- per kilogram dan tarif selanjutnya adalah Rp.4.000,- per kilogram. Promo ini berlaku pukul 08.00-15.00 khusus pengiriman dari dan tujuan Jakarta
Layanan ini berlaku untuk walk-in customer yang datang ke 28 kantor perwakilan JNE di Jakarta atau yang paketnya dipick up.

JNE International Shipment

JNE International Shipment merupakan kerjasama JNE dengan mitra strategis untuk pengiriman internasional dengan harga yang kompetitif.  Layanan ini sebetulnya sudah ada sejak lama, namun saat ini kemitraan strategis internasionalnya diperluas untuk memudahkan pelanggan mengirimkan paket ke berbagai negara tujuan.

Untuk paket tujuan ke negara-negara Eropa, JNE bekerja sama dengan DHL. Sedangkan untuk pengiriman paket ke negara-negara Asia, JNE bekerjasama dengan Sung Fung. Khusus pengiriman ke Singapura, JNE memberikan diskon hingga 17 persen, karena volumenya banyak sekali.

Layanan CD Music

Yaitu kerjasama JNE dengan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia) sebagai bentuk dukungan JNE terhadap musik Indonesia dan kampanye “Stop CD Bajakan”. Dalam layanan ini, JNE melalui 153 gerai khusus di seluruh Indonesia dan website Pesona (Pesanan Olah-oleh Nusantara) menjual CD Musik Indonesia.

JNE Trucking

JNE Trucking merupakan layanan pengiriman melalui jalur darat untuk barang dengan berat lebih dari 10 kg. Layanan darat dengan truk ini pada tahap awal beroperasi di wilayah Sumatra, Jawa dan Bali.

Selain paket, layanan JNE Trucking juga melayani pengiriman sepeda motor untuk kategori <150cc dan >150cc dengan tarif tersendiri yang berbeda dengan tarif kiriman paket.

Truk yang digunakan berjenis Double-Decker sehingga paket yang diangkut lebih aman serta meminimalisir risiko kerusakan pada saat proses pengiriman, dengan perkiraan waktu pengiriman berkisar antara 3-7 hari kerja, tergantung kota tujuan. Untuk menggunakan produk layanan ini, pelanggan dapat menghubungi contact center JNE.

Jika dicermati, dari 7 layanan inovatif terbaru JNE tersebut, tidak semuanya tergolong baru dan inovatif. Beberapa diantaranya juga sudah dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman lain, seperti penggunaan aplikasi online, atau layanan Super Speed, bahkan untuk pengiriman internasional, sebagian besar jasa pengiriman nasional juga menyediakan. Dari 7 layanan JNE tersebut yang bisa dibilang baru dan inovatif adalah layanan Pop Box dan @box prepaid, namun sayangnya layanan ini masih terbatas di kota besar saja, terutama Jakarta. 


Diantara 7 inovasi JNE tersebut, yang cukup menarik adalah layanan PopBox. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam bisnis kurir adalah ketika petugas kurir mengantarkan paket ke alamat tujuan, seringkali pihak yang dituju tidak ada di rumah karena bekerja. Begitu juga bagi para penghuni apartemen, ada larangan bagi kurir untuk secara langsung naik dan mengantar barang. Kendala semacam ini yang banyak dialami warga di kota-kota besar, sehingga kehadiran JNE-PopBox akan menjadi solusi yang menguntungkan.


Namun yang paling menarik dan banyak ditunggu para pelaku e-commerce atau dagang online adalah adanya fitur My COD dan My COD Wallet dalam aplikasi MyJNE. Keberadaan fitur ini sangat menguntungkan para pelaku jual-beli online untuk melakukan transaksi secara aman dan transparan. 
loading...

Labels: JNE

Thanks for reading Ini Dia 7 Inovasi Layanan Terbaru Dari JNE. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Ini Dia 7 Inovasi Layanan Terbaru Dari JNE"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online