Hal Yang Perlu Diketahui Jika Kirim Paket Pos Biasa Keluar Pulau


Pengirim paket tentunya berharap paketnya segera sampai ke alamat tujuan. Tapi apa jadinya kalau paket tersebut ternyata belum sampai, meskipun telah melewati 22 hari? Bagaimana kalau ini benar-benar Anda alami?

Saya menerima SMS berisi daftar barang yang dipesan oleh seorang pelanggan lama di sebuah kota di Kalimantan Barat. Diakhir SMS ada kalimat : "Maaf, klo bisa jangan dikirim via pos. Karena paket tgl 5 aja belum nyampai."

Tentu saja saya kaget membacanya karena saat itu sudah tanggal 27, berarti paket tersebut sudah berjalan 22 hari dan belum sampai ke alamat tujuan! Bagaimana bisa?
Pengiriman paket pos biasa.
Aktivitas pengiriman paket Pos.
Sebetulnya saya belum lama "berlangganan" paket via pos. Sebelumnya jarang sekali menginjakkan kaki di kantor pos kalau tidak terpaksa sekali. Belum-belum sudah dibayangi perasaan kurang nyaman akan menghadapi pelayanan yang kurang ramah petugasnya. Namun karena faktor permintaan pelanggan online yang menginginkan barang pesanannya dikirim dengan ongkos kirim yang murah, saya pun mencoba menggunakan jasa pengiriman pos. Ternyata pelayanan kantor pos sekarang sudah lebih baik dan ramah terhadap pengguna jasanya.

Selain itu untuk tujuan alamat di luar kota, kantor pos memiliki jaringan hingga ke pelosok desa terpencil. Jadi saya merasa lebih nyaman dan aman mengirimkannya lewat pos. Kalau lewat jasa pengiriman swasta, paket tujuan luar kota biasanya akan dipending dulu sampai ada kiriman paket berikutnya dengan tujuan sama, atau bisa jadi dititipkan kurir lain yang memiliki area pengiriman di daerah tersebut.

Jaringan kantor pos yang luas ini memang seharusnya menjadi kelebihan dan kekuatan utama PT Pos dalam bersaing dengan jasa pengiriman swasta. Pernah ada paket yang harus dikirim ke sebuah dusun di Kota Padang, yang bahkan belum memiliki RT dan RW. Saya pastikan jasa pengiriman swasta akan memilih angkat tangan untuk menerima paket tersebut. Si pemesan paket pun sudah wanti-wanti jangan dikirim kecuali lewat pos, karena tidak ada satupun jasa pengiriman yang bakal sanggup mengantar ke daerahnya. Betul! Ternyata lewat pos hanya butuh waktu 4 hari si penerima paket sudah menginformasikan paket telah diterimanya. Wihh keren, pikir saya.

Apalagi selama saya menggunakan jasa pengiriman via pos semua berjalan baik-baik saja dan termasuk tepat waktu. Saya pikir PT Pos memang sedang bertransformasi menuju perusahaan jasa pengiriman yang lebih berorientasi pada kepuasan pelanggannya. Dan itu tentunya membutuhkan proses. Karena itu saya semakin mempercayai layanan pos, meski belum selevel layanan jasa pengiriman swasta, tapi harus diakui layanan Kantor Pos semakin baik.

Sampai kemudian terjadi kiriman paket pos yang terlambat 22 hari. Saya cukup heran karena si pemesan paket tidak marah atau komplain paketnya terlambat sekian lama. Bahkan yang terasa konyol, dia malah pesan lagi barang sama yang belum diterimanya itu. Ketika saya tanyakan, kenapa baru sekarang dia memberitahukan keterlambatan paketnya, dia menjawab santai, dia mengira ada faktor kemacetan di kantor posnya. Bukannya marah tapi malah memaklumi keterlambatan itu! Mungkin karena dia sudah cukup lama pesan barang kepada saya, maka punya kepercayaan penuh.

Setelah saya treking nomer resinya, saya justru kaget. Hasil treking menunjukkan posisi paket masih berada di kota saya! Waduh, 22 hari paket masih berada di sini, apa yang terjadi? Perasaan saya jadi tidak enak. Akhirnya saya pun memutuskan mendatangi kantor pos untuk mencari kejelasan soal paket tersebut.

Si petugas ternyata masih ingat dengan paket yang saya kirimkan 22 hari lalu, setelah saya tunjukkan resinya. Dia menjelaskan, paket itu sesuai dengan permintaan saya, dikirim sebagai paket biasa (reguler) dengan berat sekitar 5 kg. Sesuai dengan kebijakan PT Posindo, paket biasa tujuan luar Pulau Jawa akan dikirim lewat kapal laut! Dan paket yang dikirim lewat kapal, selama dalam proses pengirimannya tidak bisa ditreking secara online sebelum barang sampai di kota tujuan, karena belum ada manifest serah terimanya.

Dari penjelasan si petugas pos tadi, saya langsung ngeh duduk persoalannya. Sekaligus saya mendapat tambahan pengetahuan tentang pengiriman barang di kantor pos.

Mungkin ini yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat bahwa untuk mengirim paket lewat Pos, jika berat paket kurang dari 5 kg, maka akan dikenakan layanan Paket Kilat Khusus dengan waktu pengiriman antara 2-4 hari. Layanan Paket Pos Biasa hanya berlaku untuk pengiriman paket dengan berat di atas 5 kg.

Perbedaan Paket Pos Biasa dengan Paket Kilat Khusus terletak pada penggunaan armada pengirimannya. Pos biasa menggunakan armada darat (truk) sedangkan Paket Kilat Khusus dikirim dengan pesawat udara. Namun jika tujuan Paket Pos Biasa di luar pulau, maka pengiriman paketnya menggunakan kapal laut. Sehingga otomatis waktu pengirimannya pun menjadi lama.

Dalam kasus diatas, akhirnya saya mendapat pemberitahuan dari si penerima paket bahwa paket yang saya kirim telah diterima pada tanggal 30. Artinya paket pos biasa dari Banyuwangi menuju ke Sambas-Pontianak membutuhkan waktu 25 hari! Sebuah pengalaman sekaligus pembelajaran yang cukup menarik. Ongkos kirim paket pos biasa tujuan luar pulau memang lebih murah tapi Anda harus mempertimbangkan dengan faktor lamanya waktu pengiriman. 
loading...

37 komentar

Yang ada katakan tidak sesui degan ke adaan...pos indonesia emang lelet. mendingan lelelet masih bisa terkirim nah ini banyak orang geluh barang kiriman gak nyampe2.

Mengubah sesuatu menjadi lebih baik membutuhkan waktu. PT Pos sedang mereformasi diri untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Ke depan dengan tampilnya tenaga-tenaga yang lebih muda, kinerja PT Pos diharapkan semakin profesional.

Transformasinya yg lambat dampaknya ya itu.. keluhan.

Lho emang kapal dari pulau Jawa ke luar pulau Jawa cuma 1x sebulan? Kenapa paketnya baru smpai hampir 1 bulan lamanya? Memang posnya aja yg lelet dan pelayanannya pun kurang memuaskan.

Pengiriman barang lewat kapal memang lebih lama karena selain menunggu jadwal keberangkatan kapal yang tidak setiap hari tersedia ke tujuan pelabuhan tertentu, juga pihak perusahaan jasa pengiriman akan mengumpulkan barang yang akan dikirim hingga mencapai tingkat keefisienan ongkos yg dikenakan pihak kapal. Umumnya barang yg dikirim lewat kapal memiliki volume yang besar, yaitu dihitung berdasarkan kontainer.

Malang Trans Travel sebagai salah satu agen tiket travel dan pengiriman paket kilat di Kota Malang, dan bersama rekanan kami yang tersebar di Kota Malang ini, bersinergi dan bekerjasama dalam melayani kebutuhan transportasi Anda dengan memberikan layanan travel terbaik dari Malang ke berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Pulau Bali.
Adapun jurusan travel kami sebagai berikut :

Malang - Surabaya PP, Malang - Juanda PP, Malang - Sidoarjo PP, Malang - Jogja PP, Malang - Solo PP, Malang - Sragen PP, Malang - Ngawi PP, Malang - Semarang PP, Malang Salatiga PP, Malang - Ungaran PP, dll

Catatan :
Pemesanan seat 1 hari sebelum jadwal keberangkatan anda dan setiap hari berangkat.

Armada :
APV, GRAND LIVINA, AVANZA, XENIA, LUXIO, INNOVA, TRAVELLO, L300, ELF, ELF LONG

Layanan : Full AC, Music DVD, Rec. Seat, Makan 1x Gratis

Customer Service 081 333 252 719 / 081 234 370 759 BBM : 5B001187
Beritahukan (sms) hari dan jam keberangkatan Anda H-1 sebelumnya.
Kami juga melayani jasa pengiriman dokumen dan barang (paket kilat), meliputi daerah-daerah tujuan armada travel kami. Dengan pelayanan yang prima, kami siap melayani antar jemput dokumen/barang yang akan dikirim ke tujuan yang Anda inginkan. Terima kasih.

sy brsn krm pkt ke karawang 1, 2 kg ko mhl bgt ya tarifnya Rp.34.000 via kilsus pdhl wktu di ktr pos kecamatan ga sgtu, ini ky di loket pos kecil.. emang bd bro tarifnya? 'klo' bd pinter nih pt pos..

loket pos kecil gmn? mungkin maksud anda agen pos indonesia(macam agen2 JNE/TIKI) ?.. ya klo bukan dari kantor pos emg ya.. gitu deh bisa 'main2in' resi, mending langsung ke kantor pos aja, ongkirnya sesuai..

eh apa iya klo paket kilat khusus ngirimnya pake pesawat? tapi kok bbrp orang ada yg ngeluh ya paketnya sampenya lama klo bener pake pesawat?

Seharusnya ongkir sama untuk tujuan pengiriman, berat paket dan jenis layanan yang sama. Loket kecil mungkin maksudknya Agenpos ya?. Tidak ada perbedaan tarif antara kantorpos dan Agenpos karena menggunakan software yang sama. Ongkir yang dibayar adalah sesuai dengan nilai yang tercetak pada resi.

@Reza Ardian. Paket kilat khusus memang menggunakan pengiriman udara (pesawat). Lama tidaknya pengiriman juga tergantung lokasi pengiriman dan alamat tujuan paket.

Saya sudah dua tahun menggunakan jasa pos. Saya kira sebanding lah pelayanan dengan harganya. Orang indonesia maunya harga murah palayanan mewah

Pengiriman dari bandung ke situbondo kira2 brpa lama nympeknya? Dengan pos kilat khusus? Mhon infonya soalnya sdah 2 hari masih ttep posting loket. Saya devi andika dengan resi 14950797463

No. resinya kemungkinan salah karena ditreking tidak ada datanya. Coba lihat http://www.bisniskurir.com/2015/12/cara-cek-resi-paket-pos.html

Untuk paket kiriman menjelang lebaran yg merupakan peak season semua jasa pengiriman biasanya akan mengalami keterlambatan.

kalau paket biasa hanya dari blitar kemadura kira2 brp hari

Kalo dr jawa tengah ke bangkalan madura? Kira2 bakalan berapa ongkirnya? And lamanya?

Ongkir Pos bisa dicek melalui link berikut : http://www.posindonesia.co.id/tarif/

Barang kiriman saya dari jakarta selatan ke Kalimantan Timur sampainya lebih dari satu minggu dan itu tidak di antar ke alamat tujuan jadi saya harus mengambil sendiri di kantor pos

pelayanan kantor pos memang lelet dan tidak memuaskan bikin paket terlambat sampai tujuan

Untuk tarif pos biasa kenapa sekarang gak bisa di cek online ya? Layananya cuma kilat sama express

Cek ongkir Pos bisa di http://www.posindonesia.co.id/tarif
Layanan paket/dokumen Pos meliputi Paket Pos Biasa, Kilat Khusus, dan Express.

baru tahu klo ada pos via laut, soalnya nanti kali ini paket kiriman lewat jasa pos terasa lama sekali, pengiriman tanggal 28 juni sampai sekarang belum ada. jakarta-gorontalo. makasih infonya...

klu mo cepat...ya...antar sendiri.,kok pos yg disalahkan...peace.

Untuk berat paket min 5kg bisa pilih layanan pos biasa yg dikirim via laut.

info di atas sangat membantu n memberikan penjelasan k saya,soalx saat ini sya jga mengalami hal yg sma dgn pengiriman brg via pos yg beratx diatas 5kg,,sdh 2 mggu tpi blm sampai jga di tujuan#makasih banyak atas infox😊

paket 3kg ada juga y yg pos biasa
karena barang saya di kirim via pos biasa dan sudah 1 minggu g nyampe"

Betul, paket pos biasa tujuan luar Pulau Jawa ada yg 3kg bisa muncul datanya, namun waktu pengiriman antara 7-14 hari

Saya juga agak heran dengan pos.. sudah bolak balik cek dengan seller, bahwa kota saya (Banjarmasin) bisa menggunakan paket express (1-2 hari sampai) untuk pengiriman dari Batam.. Barangnya berupa handphone.. No resi muncul, lalu coba tanya via telpon ke kantor pos.. Dijawab "kemungkinan besok pagi sudah sampai, nanti akan dikabari".. Eh, tidak beberapa nelpon kembali dan mengatakan "maaf, setelah dicek lebih jauh, paket express tersebut menggunakan baterai, jadi harus dikirim via kapal laut".. Duh, padahal sudah mengeluarkan biaya untuk express..

apa ada penjelasan yang seperti ini pak? Terimakasih

Saya baru tahu juga kalau soal adanya baterai dalam HP menjadi alasan tidak bisa dikirim via udara. Padahal sebagian besar penumpang pesawat pasti membawa HP. Sepertinya alasan itu terlalu mengada-ada, sebab HP yg dikirim lewat paket itu tentunya tidak dalam kondisi ON, bahkan untuk HP baru biasanya baterainya belum terpasang.

kalau ke papua timika,kuala kencana dari kota solo biasanya berapa lama ya ..saya memakai pos biasa berat 10 kg kirim tari tanggal 29 sep kok hingga tanggal 14 okt belum sampai

Paket biasa ke luar pulau dikirim via kapal, berdasarkan pengalaman waktu pengiriman sekitar 3-4 minggu, tergantung lokasi tujuan. Yg penting hasil cek resinya menunjukkan bahwa paket tsb terdaftar dalam sistem, selebihnya tinggal sabar menunggu. Namun jika dalam tenggang waktu tsb paket belum juga sampai, sebaiknya dicek ke Kantor Pos tempat pengiriman paket.

kalau mau ngirim sepeda dari medan ke jember pakai apa ya? mungkin ada yg tau
tolong pencerahannya

Bisa menggunakan jasa pengiriman Indah Cargo atau Dakota Cargo.

min kalo kirim barang dari jakarta belitung menggunakan paket biasa pos berapa lama nyampainya ya?

Paket pos biasa dari Jakarta ke Belitung minimal berat paket 3kg, estimasi waktu pengiriman antara 7-14 hari.

Kirim barang dari kediri jawa timur ke banda aceh lewat pos berapa hari ya lamanya

Untuk paket pos biasa perkiraan waktu pengiriman 7-14 hari, sedangkan paket kilat khusus antara 2-4 hari.

dari jambi ke lampung udah 3 hari belum sampe2. sebenernya berappa lama ya? dan bisa langsung sampe rumah ngga ya?

Secara umum harus diakui pengiriman via pos memang lebih lambat dari jasa pengiriman swasta untuk kategori tarif pengiriman yg sama. Tapi ini juga tergantung faktor lain, seperti jenis pengiriman yg digunakan dan lokasi alamat tujuan.

Untuk paket dari Jambi ke Lampung, PT Pos mematok waktu pengiriman untuk paket pos biasa antara 7-14 hari.
Paket kilat khusus 2-4 hari.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top