-->

Hal Yang Perlu Diketahui Jika Kirim Paket Pos Biasa Keluar Pulau


Pengirim paket tentunya berharap paketnya segera sampai ke alamat tujuan. Tapi apa jadinya kalau paket tersebut ternyata belum sampai, meskipun telah melewati 22 hari? Bagaimana kalau ini benar-benar Anda alami?

Saya menerima SMS berisi daftar barang yang dipesan oleh seorang pelanggan lama di sebuah kota di Kalimantan Barat. Diakhir SMS ada kalimat : "Maaf, klo bisa jangan dikirim via pos. Karena paket tgl 5 aja belum nyampai."

Tentu saja saya kaget membacanya karena saat itu sudah tanggal 27, berarti paket tersebut sudah berjalan 22 hari dan belum sampai ke alamat tujuan! Bagaimana bisa?
Pengiriman paket pos biasa.
Aktivitas pengiriman paket Pos.
Sebetulnya saya belum lama "berlangganan" paket via pos. Sebelumnya jarang sekali menginjakkan kaki di kantor pos kalau tidak terpaksa sekali. Belum-belum sudah dibayangi perasaan kurang nyaman akan menghadapi pelayanan yang kurang ramah petugasnya. Namun karena faktor permintaan pelanggan online yang menginginkan barang pesanannya dikirim dengan ongkos kirim yang murah, saya pun mencoba menggunakan jasa pengiriman pos. Ternyata pelayanan kantor pos sekarang sudah lebih baik dan ramah terhadap pengguna jasanya.

Selain itu untuk tujuan alamat di luar kota, kantor pos memiliki jaringan hingga ke pelosok desa terpencil. Jadi saya merasa lebih nyaman dan aman mengirimkannya lewat pos. Kalau lewat jasa pengiriman swasta, paket tujuan luar kota biasanya akan dipending dulu sampai ada kiriman paket berikutnya dengan tujuan sama, atau bisa jadi dititipkan kurir lain yang memiliki area pengiriman di daerah tersebut.

Jaringan kantor pos yang luas ini memang seharusnya menjadi kelebihan dan kekuatan utama PT Pos dalam bersaing dengan jasa pengiriman swasta. Pernah ada paket yang harus dikirim ke sebuah dusun di Kota Padang, yang bahkan belum memiliki RT dan RW. Saya pastikan jasa pengiriman swasta akan memilih angkat tangan untuk menerima paket tersebut. Si pemesan paket pun sudah wanti-wanti jangan dikirim kecuali lewat pos, karena tidak ada satupun jasa pengiriman yang bakal sanggup mengantar ke daerahnya. Betul! Ternyata lewat pos hanya butuh waktu 4 hari si penerima paket sudah menginformasikan paket telah diterimanya. Wihh keren, pikir saya.

Apalagi selama saya menggunakan jasa pengiriman via pos semua berjalan baik-baik saja dan termasuk tepat waktu. Saya pikir PT Pos memang sedang bertransformasi menuju perusahaan jasa pengiriman yang lebih berorientasi pada kepuasan pelanggannya. Dan itu tentunya membutuhkan proses. Karena itu saya semakin mempercayai layanan pos, meski belum selevel layanan jasa pengiriman swasta, tapi harus diakui layanan Kantor Pos semakin baik.

Sampai kemudian terjadi kiriman paket pos yang terlambat 22 hari. Saya cukup heran karena si pemesan paket tidak marah atau komplain paketnya terlambat sekian lama. Bahkan yang terasa konyol, dia malah pesan lagi barang sama yang belum diterimanya itu. Ketika saya tanyakan, kenapa baru sekarang dia memberitahukan keterlambatan paketnya, dia menjawab santai, dia mengira ada faktor kemacetan di kantor posnya. Bukannya marah tapi malah memaklumi keterlambatan itu! Mungkin karena dia sudah cukup lama pesan barang kepada saya, maka punya kepercayaan penuh.

Setelah saya treking nomer resinya, saya justru kaget. Hasil treking menunjukkan posisi paket masih berada di kota saya! Waduh, 22 hari paket masih berada di sini, apa yang terjadi? Perasaan saya jadi tidak enak. Akhirnya saya pun memutuskan mendatangi kantor pos untuk mencari kejelasan soal paket tersebut.

Si petugas ternyata masih ingat dengan paket yang saya kirimkan 22 hari lalu, setelah saya tunjukkan resinya. Dia menjelaskan, paket itu sesuai dengan permintaan saya, dikirim sebagai paket biasa (reguler) dengan berat sekitar 5 kg. Sesuai dengan kebijakan PT Posindo, paket biasa tujuan luar Pulau Jawa akan dikirim lewat kapal laut! Dan paket yang dikirim lewat kapal, selama dalam proses pengirimannya tidak bisa ditreking secara online sebelum barang sampai di kota tujuan, karena belum ada manifest serah terimanya.

Dari penjelasan si petugas pos tadi, saya langsung ngeh duduk persoalannya. Sekaligus saya mendapat tambahan pengetahuan tentang pengiriman barang di kantor pos.

Mungkin ini yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat bahwa untuk mengirim paket lewat Pos, jika berat paket kurang dari 5 kg, maka akan dikenakan layanan Paket Kilat Khusus dengan waktu pengiriman antara 2-4 hari. Layanan Paket Pos Biasa hanya berlaku untuk pengiriman paket dengan berat di atas 5 kg.

Perbedaan Paket Pos Biasa dengan Paket Kilat Khusus terletak pada penggunaan armada pengirimannya. Pos biasa menggunakan armada darat (truk) sedangkan Paket Kilat Khusus dikirim dengan pesawat udara. Namun jika tujuan Paket Pos Biasa di luar pulau, maka pengiriman paketnya menggunakan kapal laut. Sehingga otomatis waktu pengirimannya pun menjadi lama.

Dalam kasus diatas, akhirnya saya mendapat pemberitahuan dari si penerima paket bahwa paket yang saya kirim telah diterima pada tanggal 30. Artinya paket pos biasa dari Banyuwangi menuju ke Sambas-Pontianak membutuhkan waktu 25 hari! Sebuah pengalaman sekaligus pembelajaran yang cukup menarik. Ongkos kirim paket pos biasa tujuan luar pulau memang lebih murah tapi Anda harus mempertimbangkan dengan faktor lamanya waktu pengiriman. 

Labels: Ongkos kirim, PT Pos

Thanks for reading Hal Yang Perlu Diketahui Jika Kirim Paket Pos Biasa Keluar Pulau. Please share this article.

Share:

141 Komentar untuk "Hal Yang Perlu Diketahui Jika Kirim Paket Pos Biasa Keluar Pulau"

Yang ada katakan tidak sesui degan ke adaan...pos indonesia emang lelet. mendingan lelelet masih bisa terkirim nah ini banyak orang geluh barang kiriman gak nyampe2.

Mengubah sesuatu menjadi lebih baik membutuhkan waktu. PT Pos sedang mereformasi diri untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Ke depan dengan tampilnya tenaga-tenaga yang lebih muda, kinerja PT Pos diharapkan semakin profesional.

Transformasinya yg lambat dampaknya ya itu.. keluhan.

Lho emang kapal dari pulau Jawa ke luar pulau Jawa cuma 1x sebulan? Kenapa paketnya baru smpai hampir 1 bulan lamanya? Memang posnya aja yg lelet dan pelayanannya pun kurang memuaskan.

Pengiriman barang lewat kapal memang lebih lama karena selain menunggu jadwal keberangkatan kapal yang tidak setiap hari tersedia ke tujuan pelabuhan tertentu, juga pihak perusahaan jasa pengiriman akan mengumpulkan barang yang akan dikirim hingga mencapai tingkat keefisienan ongkos yg dikenakan pihak kapal. Umumnya barang yg dikirim lewat kapal memiliki volume yang besar, yaitu dihitung berdasarkan kontainer.

Malang Trans Travel sebagai salah satu agen tiket travel dan pengiriman paket kilat di Kota Malang, dan bersama rekanan kami yang tersebar di Kota Malang ini, bersinergi dan bekerjasama dalam melayani kebutuhan transportasi Anda dengan memberikan layanan travel terbaik dari Malang ke berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Pulau Bali.
Adapun jurusan travel kami sebagai berikut :

Malang - Surabaya PP, Malang - Juanda PP, Malang - Sidoarjo PP, Malang - Jogja PP, Malang - Solo PP, Malang - Sragen PP, Malang - Ngawi PP, Malang - Semarang PP, Malang Salatiga PP, Malang - Ungaran PP, dll

Catatan :
Pemesanan seat 1 hari sebelum jadwal keberangkatan anda dan setiap hari berangkat.

Armada :
APV, GRAND LIVINA, AVANZA, XENIA, LUXIO, INNOVA, TRAVELLO, L300, ELF, ELF LONG

Layanan : Full AC, Music DVD, Rec. Seat, Makan 1x Gratis

Customer Service 081 333 252 719 / 081 234 370 759 BBM : 5B001187
Beritahukan (sms) hari dan jam keberangkatan Anda H-1 sebelumnya.
Kami juga melayani jasa pengiriman dokumen dan barang (paket kilat), meliputi daerah-daerah tujuan armada travel kami. Dengan pelayanan yang prima, kami siap melayani antar jemput dokumen/barang yang akan dikirim ke tujuan yang Anda inginkan. Terima kasih.

sy brsn krm pkt ke karawang 1, 2 kg ko mhl bgt ya tarifnya Rp.34.000 via kilsus pdhl wktu di ktr pos kecamatan ga sgtu, ini ky di loket pos kecil.. emang bd bro tarifnya? 'klo' bd pinter nih pt pos..

loket pos kecil gmn? mungkin maksud anda agen pos indonesia(macam agen2 JNE/TIKI) ?.. ya klo bukan dari kantor pos emg ya.. gitu deh bisa 'main2in' resi, mending langsung ke kantor pos aja, ongkirnya sesuai..

eh apa iya klo paket kilat khusus ngirimnya pake pesawat? tapi kok bbrp orang ada yg ngeluh ya paketnya sampenya lama klo bener pake pesawat?

Seharusnya ongkir sama untuk tujuan pengiriman, berat paket dan jenis layanan yang sama. Loket kecil mungkin maksudknya Agenpos ya?. Tidak ada perbedaan tarif antara kantorpos dan Agenpos karena menggunakan software yang sama. Ongkir yang dibayar adalah sesuai dengan nilai yang tercetak pada resi.

@Reza Ardian. Paket kilat khusus memang menggunakan pengiriman udara (pesawat). Lama tidaknya pengiriman juga tergantung lokasi pengiriman dan alamat tujuan paket.

Saya sudah dua tahun menggunakan jasa pos. Saya kira sebanding lah pelayanan dengan harganya. Orang indonesia maunya harga murah palayanan mewah

Pengiriman dari bandung ke situbondo kira2 brpa lama nympeknya? Dengan pos kilat khusus? Mhon infonya soalnya sdah 2 hari masih ttep posting loket. Saya devi andika dengan resi 14950797463

No. resinya kemungkinan salah karena ditreking tidak ada datanya. Coba lihat http://www.bisniskurir.com/2015/12/cara-cek-resi-paket-pos.html

Untuk paket kiriman menjelang lebaran yg merupakan peak season semua jasa pengiriman biasanya akan mengalami keterlambatan.

kalau paket biasa hanya dari blitar kemadura kira2 brp hari

Kalo dr jawa tengah ke bangkalan madura? Kira2 bakalan berapa ongkirnya? And lamanya?

Ongkir Pos bisa dicek melalui link berikut : http://www.posindonesia.co.id/tarif/

Barang kiriman saya dari jakarta selatan ke Kalimantan Timur sampainya lebih dari satu minggu dan itu tidak di antar ke alamat tujuan jadi saya harus mengambil sendiri di kantor pos

pelayanan kantor pos memang lelet dan tidak memuaskan bikin paket terlambat sampai tujuan

Untuk tarif pos biasa kenapa sekarang gak bisa di cek online ya? Layananya cuma kilat sama express

Cek ongkir Pos bisa di http://www.posindonesia.co.id/tarif
Layanan paket/dokumen Pos meliputi Paket Pos Biasa, Kilat Khusus, dan Express.

baru tahu klo ada pos via laut, soalnya nanti kali ini paket kiriman lewat jasa pos terasa lama sekali, pengiriman tanggal 28 juni sampai sekarang belum ada. jakarta-gorontalo. makasih infonya...

klu mo cepat...ya...antar sendiri.,kok pos yg disalahkan...peace.

Untuk berat paket min 5kg bisa pilih layanan pos biasa yg dikirim via laut.

info di atas sangat membantu n memberikan penjelasan k saya,soalx saat ini sya jga mengalami hal yg sma dgn pengiriman brg via pos yg beratx diatas 5kg,,sdh 2 mggu tpi blm sampai jga di tujuan#makasih banyak atas infox😊

paket 3kg ada juga y yg pos biasa
karena barang saya di kirim via pos biasa dan sudah 1 minggu g nyampe"

Betul, paket pos biasa tujuan luar Pulau Jawa ada yg 3kg bisa muncul datanya, namun waktu pengiriman antara 7-14 hari

Saya juga agak heran dengan pos.. sudah bolak balik cek dengan seller, bahwa kota saya (Banjarmasin) bisa menggunakan paket express (1-2 hari sampai) untuk pengiriman dari Batam.. Barangnya berupa handphone.. No resi muncul, lalu coba tanya via telpon ke kantor pos.. Dijawab "kemungkinan besok pagi sudah sampai, nanti akan dikabari".. Eh, tidak beberapa nelpon kembali dan mengatakan "maaf, setelah dicek lebih jauh, paket express tersebut menggunakan baterai, jadi harus dikirim via kapal laut".. Duh, padahal sudah mengeluarkan biaya untuk express..

apa ada penjelasan yang seperti ini pak? Terimakasih

Saya baru tahu juga kalau soal adanya baterai dalam HP menjadi alasan tidak bisa dikirim via udara. Padahal sebagian besar penumpang pesawat pasti membawa HP. Sepertinya alasan itu terlalu mengada-ada, sebab HP yg dikirim lewat paket itu tentunya tidak dalam kondisi ON, bahkan untuk HP baru biasanya baterainya belum terpasang.

kalau ke papua timika,kuala kencana dari kota solo biasanya berapa lama ya ..saya memakai pos biasa berat 10 kg kirim tari tanggal 29 sep kok hingga tanggal 14 okt belum sampai

Paket biasa ke luar pulau dikirim via kapal, berdasarkan pengalaman waktu pengiriman sekitar 3-4 minggu, tergantung lokasi tujuan. Yg penting hasil cek resinya menunjukkan bahwa paket tsb terdaftar dalam sistem, selebihnya tinggal sabar menunggu. Namun jika dalam tenggang waktu tsb paket belum juga sampai, sebaiknya dicek ke Kantor Pos tempat pengiriman paket.

kalau mau ngirim sepeda dari medan ke jember pakai apa ya? mungkin ada yg tau
tolong pencerahannya

Bisa menggunakan jasa pengiriman Indah Cargo atau Dakota Cargo.

min kalo kirim barang dari jakarta belitung menggunakan paket biasa pos berapa lama nyampainya ya?

Paket pos biasa dari Jakarta ke Belitung minimal berat paket 3kg, estimasi waktu pengiriman antara 7-14 hari.

Kirim barang dari kediri jawa timur ke banda aceh lewat pos berapa hari ya lamanya

Untuk paket pos biasa perkiraan waktu pengiriman 7-14 hari, sedangkan paket kilat khusus antara 2-4 hari.

dari jambi ke lampung udah 3 hari belum sampe2. sebenernya berappa lama ya? dan bisa langsung sampe rumah ngga ya?

Secara umum harus diakui pengiriman via pos memang lebih lambat dari jasa pengiriman swasta untuk kategori tarif pengiriman yg sama. Tapi ini juga tergantung faktor lain, seperti jenis pengiriman yg digunakan dan lokasi alamat tujuan.

Untuk paket dari Jambi ke Lampung, PT Pos mematok waktu pengiriman untuk paket pos biasa antara 7-14 hari.
Paket kilat khusus 2-4 hari.

mas apa yg hrs aku lakuin kemarin aq beri barang onlin trs sala kasih kecamatan tpi kecamatan sama desa rt rw benwr cmn salah kecamatanya gmna mas

Kalau paket sudah terlanjur dikirim memang tidak bisa diperbaiki/diubah lagi. Cara penyelesaiannya, Anda datang ke Kantor pos pusat di kota Anda, jelaskan permasalahannya dan tunjukkan kode resinya. Karena paket yg masuk dari luar daerah akan diterima oleh kantor pos pusat di kota tsb, baru didistribusikan ke kantor pos di kecamatan sesuai dengan alamat paket. Jangan lupa bawa KTP Anda, siapa tahu diperlukan.

pake express aja kalo pos, padang ke malang sehari sampe
kalo pake kilat khusus,surabaya malang 5 hari masih manifest terima aja

mending pakai jasa lain,,dua kali saya kirim paket nunggu harus sebulan gak masuk akal,,apa kapal cuma sekali sebulan ??

MAS KALO BOLEH TAU POSINDO BSA GK SAMPAI KE SUMATERA UTARA??/

Tentu saja bisa. PT Pos Indonesia mempunyai jaringan paling lengkap di Indonesia, bisa menjangkau sampai pelosok desa. Bahkan saya lebih mempercayakan PT Pos untuk pengiriman ke alamat pedesaan.

berapa hari pengiriman paket dari pare kediri jawa timur bisa sampai di kecamatan pelepat ilir tolong infonya.

Kalau paketnya dikirim melalui Paketpos Biasa, antara 7-14 hari. Tapi kalau Paket Kilat Khusus antara 2-4 hari.

dri kantor pasti standarnya sudah bagus,, sayang tdk di barengi oleh petugasnya..

Min mau tanya saya dikirimin paket biasa dari jogja tujuan jambi berapa lama ya min... setiap di cek masih manifest serah terus min...

Itu berarti masih paket masih dalam perjalanan menuju kota tujuan. Untuk paket biasa tujuan luar pulau waktu pengirimannya antara 7-14 hari, biasanya kurang dari itu sudah sampai. Namun mengingat saat ini menjelang lebaran, kemungkinan terjadi keterlambatan akibat overload pengiriman paket.

Bagaimana dengan paket biasa yg melalui jasa pos ind...?? Sebenernya tanjung perak-batam pengiriman melalui pos indo'sebulan berapa kali sih ekspedisinya???

barang pesanan saya sudah 27 hari belum juga sampai, pengiriman dari jogja ke sulawesi tengah, kok bisa lama sekali ya ? apa mungkin barang saya sampai nya nanti 1 bulan ya ??

Pengiriman dengan paket pos biasa ke luar pulau dikirim lewat laut memang lama karena harus menunggu jadwal kapal, namun menjadi tanda tanya besar jika waktunya hampir sebulan. Untuk paket besar sebaiknya menggunakan jasa pengiriman swasta, meskipun lewat laut biasanya hanya sekitar 1 mingguan.

Memang benar agan2 smua... pengiriman paket lewat pos apalagi pakai jalur laut agak lama.. apalagi alamat tujuan dipelosok atau alamatnya tidak jelas,nanti akhirnya paket itu bolak balik di manifest serah dan terimanya.. ujung2nya kalo KPC tidak bisa menemukan alamat dikembalikan ke POS induk. sy mantan pegawai KP bahkan ditempat sy kalopun express ya tetap waktu tempuhnya 1 mingguan. Karena kantong surat harus dikumpulin dulu baru dikirimkan ke KPC tujuan.. harap dimaklumi lah... jelas beda sama jasa pengiriman swasta. ini aja minggu kemaren sy pesen barang di kediri paket pos biasa manifest serahnya masih di pos kediri kok haha...

Lebih ditingkat lagi pelayanan nya. Kasian yg nunggu.

Kalau dari pare kediri kirim ke aceh brp lma nyampek paketnya

ya nama nya jg perusahaan punya pemerintah..,ya tau sendiri la kerja kayak gmn ,tak perlu saya jelas kan lg...anda2 udah tau... , tp mau nya gaji besar.. satu lg : sangat tidak ramah , kenapa gak pakai robot aja sebagai pelayanan

Min...kira2 kalau pake pos biasa ke luar pulau over load sampai brp lama???saya sebelum puasa 9hari blom nyampai2 dari banyuwangi ke lampung

Dalam tulisan http://www.bisniskurir.com/2017/06/ini-alasannya-mengapa-jangan-kirim-paket-seminggu-sebelum-lebaran.html saya menyarankan agar minimal mengirimkan paket 2 minggu sebelum lebaran, tapi faktanya tahun ini baru masuk minggu pertama puasa, pengiriman paket dari berbagai jasa pengiriman sudah mengalami keterlambatan, termasuk paket lewat Pos. Ini menunjukkan bahwa ecommerce kita benar-benar tumbuh luar biasa.

Paketnya dipantau lewat treking resi saja mas, yg penting ada kemajuan dari hasil ke hari. Untuk mempercepat waktu penerimaan paket, bila hasil treking menunjukkan posisi paket sudah berada di kantor pos tujuan sebaiknya si penerima paket diminta mengambil sendiri di kantor pos. Karena bisa dipastikan hari-hari ini kiriman di kantor pos juga sedang membludak.

Min pos biasa dari solo ke batam berapa hari ya? Paketan dengan resi 16483297610 di tacking gak jalan" kira" bisa sampai sebelum lebaran gak ya min. Makasih

Itu pengiriman dg pos biasa, kemungkinan dikirim lewat darat/truk boks. Menurut info dari petugas Pos yg pernah saya tanya, untuk paket lewat pos biasa ke luar pulau memang perjalanan paket mmg tidak muncul ketika ditracking. Yg penting ada datanya. Nanti saat paket sampai di kota tujuan (dalam hal ini Batam), akan ada manifes serah terima. Saat itu baru ada hasil trackingnya.
Semoga saja paket bisa diterima sebelum lebaran. Yg pasti saat ini semua jasa pengiriman mengalami overload paket/parcel, sehingga akan ada keterlambatan penyampaian paket oleh kurir.

Saya pesen brg tgl 23-5-2018 dari TangerangTangerang dan tujuan alamat saya Kalimantan timur ,kira2 berat 8 kilo n pk POSPOS BIASA ,tp sampai skg tgl 7-6-2018,saya cek resi di google paket msh berada di Tangerang, gmn ini????? ?

Memang pos biasa yg dikirim keluar pulau selama proses pengiriman statusnya stagnan di kota asal. Tapi nanti setelah tiba di kota tujuan, akan ada manifes serah terima, baru ada perubahan status.

Wah, dapat tambahan informasi baru nih. Terima kasih informasinya :)

Samaan nih, paketnya kurang dari sekilo. Di kirim dari tggl 22 juni smpai tggl 13 juli blum tiba. Bisa minta tolong di cekkan 15039561226. Dari jakarta ke gorontalo

Itu paket Kilat Khusus, tg 25 Juni 2018 sdah sampai di kantor Antaran Kantor Pos Gorontalo. Kalau sampai sekarang belum sampai, sebaiknya ditanyakan ke kantor pos setempat.

Informasinya sangat membantu

Min Biasa klo dari kabupaten Bandung ,margahayu Jawa barat ke Kalimantan Selatan kira-kira berapa lama ya waktunya ? Mohon diberi penjelasan min
Terimakasih

Kalau pos biasa tujuan luar pulau antara 2-3 minggu.

Paket aku dikirim dari tanggal 03 kok sampai sekarang belum sampai yaa min. Mohon jawabannya ya min��

numpang tanya admin, kalau paket biasa dari kota bandung ke kota sampit (Kalteng), berapa lama perkiraan sampai nya?

Kalau paket pos biasa ke luar pulau memang lama karena pengiriman lewat laut dan tidak setiap hari ada jadwal keberangkatan kapal ke pelabuhan terdekat di kota tujuan. Menurut info petugas pos yg pernah Saya tanya, perkiraan waktu sekitar 3mg-sebulan.

Paket pos biasa ke luar pulau sekitar 3 minggu. Yg penting resinya bisa ditracking (artinya paket terdaftar, manifest), tinggal ditunggu saja. Kalau lebih 3 minggu belum sampai, sebaiknya pihak penerima diminta menanyakan ke kantor pos setempat.

Numpang tanyak admin,paket saya ko belum sampai ya,uda hampir satu mingguan lbih,kirim dari jatim ke kalbar ko bisa lama ya?


Untuk paket pos biasa tujuan luar pulau memang cukup lama, sekitar 2-3 mingguan,tergantung lokasi tujuan. Karena pengiriman lewat laut.
Secara umum harus diakui, pengiriman lewat pos mmg lebih lama dibanding jasa pengiriman swasta. Tapi memiliki jangkauan area yg lebih luas sampai wilayah terpencil. Jadi ada kekurangan dan kelebihan layanan Pos, tinggal kita sbg pengguna pintar2nya memilih. Untuk tujuan dalam kota sebaiknya pakai jasa pengiriman swasta, tapi untuk tujuan luar kota/dusun , PT Pos lebih bisa diandalkan.

Paket saya dari Surabaya ke Pontianak sudah lebih dari 1 bulan belum sampai juga.

Jadi was was nih padahal nungguin banget nih barang nya nggak nyangka kalo ternyata sampe nya lama banget kalo keluar pulau..
Saya kirim barang dari pare kedir ke manokwari barat kira kira berapa lama ya?duh

paket sy dr pekalongan ke kota bitung sulawesi sudh hmpir 1 bln blm nyampe. (no resi 16270110900)

Paket Pos Biasa ke luar Jawa memang perkiraan waktu 1bulan. Paket dikirim tgl. 10 september 2018, jd perkiraan sampai tg 10 Oktober 2018. Biasanya kurang dr sebulan sudah sampai.

sya kirim pket dr jogja ke asmat papua dr tgl 1 sept smpe skrg belum sampe jg..bisa tolog d cek kan..(no resi 16810575303)..kareja manifest serah belum ad sttus prubahan..kira2 mungkin g brag hilang..berat sekitr 3kg

Hasil tracking menunjukkan paket masih dalam proses pengiriman ke alamat tujuan. Kurang lebih butuh waktu 3 minggu pengiriman untuk paket pos biasa tujuan luar pulau. Status akan berubah saat paket sudah sampai di kota tujuan dan terjadi manifest serah terima.

Mau nanya nih
Om saya ngirim paket dr bangka ke solo,nah katanya masih disimpan digudang
Kira-kira berapa lama ya paket saya akan disimpan digudang?
Terimakasih

Kalau paketnya segera digunakan/dibutuhkan, sebaiknya langsung diambil sendiri di kantor pos setempat.

kirim barang 2,7 kg dari jakarta ke balikpapan dengan paket biasa berapa lama kira 2 sampainya ( balikpapan kota bukan desa ) terima kasih infonya.

Sesuai data Posindo, Jakarta ke Balikpapan kota dengan paket pos biasa membutuhkan waktu pengiriman 7-14 hari.

Saya sudah 2 kali pakai jasa kirim pos. Sangat mengecewakan sekali.saya pakai pos kilat khusus tunggu 11 hari baru sampai. Paket biasa 1 bulan baru sampai. Apakah begini sampai seterusnya pos indonesia ??
Saya pesan dari china 12 hari sudah sampai itu dari china loh

Secara umum sebetulnya saat ini kinerja Pos Indonesia sudah semakin baik, tapi seperti juga jasa pengiriman lain, terdapat perbedaan kinerja kurir di tiap wilayah. Ini juga tergantung faktor kesulitan pengiriman ke alamat tujuan.

saya mesen barang dari jambi ke surakarta (solo) paket biasa sudah 1minggu ga sampai" haduhhhhh

Beberapa hari yang lalu saya memesan barang secara online dngn berat 6.010kg dikirim melalui paket pos biasa. Kira2 berapa lama kiriman dari bandung menuju banjarmasin

Pengiriman Pos Biasa ke luar pulau Jawa saat ini estimasi waktunya 1-2 minggu.

Saya kirim senapan angin lwt pos kilat khusus ttp lwt laut,
Alasan dri pihak kantor posnya karna barang yg saya kirim berupa senapan makanya tidak lwt udara atw pesawat,
Apakah paket yg saya kirim akan sama lama waktunya dengan pos biasa (karena lwt laut)?
Saya harap lbh cepat sesuai dengan pelayanan paket kilat khusus.
Barang kirim dari pekalongan ke medan sumut

Mau tanya nih min kalo dari jawa tengah ke jawa barat kira2 brapa lama yah nympenya?

Sesuai hasil cek tarif di website, pengiriman paket kilat Pos antar kota di Jawa antara 1-2 hari, tapi prakteknya biasanya lebih lama dari perkiraan tsb.

Min mau tanya klo paketan pos biasa dari kediri ke gorontalo membutuhkan jarak berapa hari ya..dg berat 7,8gr

@Dhonny. Paket pos biasa ke luar jawa membutuh waktu pengiriman antara 7-14 hari kerja.

Saya punya paket dari Bandung ke Riau via pos biasa dari tgl 11 Desember sampai 19 Desember belum sampai. Kapan sampai Nya min

@Budi. Saat ini paket pos biasa keluar Jawa lama pengirimannya antara 1-2 minggu. Jika dikirim tgl. 11 Desember 2018, berarti perkiraan sampai antara 18-25 Desember 2018.

Saya punya sudah 18 hari masih manifesh serah trus min,pketan dari kediri ke gorontalo

@Dhonny. Kalau sudah 18 hari belum terantar, sebaiknya ditanyakan ke kantor pos setempat. Siapa tahu ada masalah dalam proses pengirimannya.

min kalo dari purbalingga kirim ke kalbar kec pemangkat berapa lama ya? ini udah 14 hari sya cek resi nya msih manifest serah?

Minta info min, dari Jakarta ke Kalimantan timur, Paser PPU, istimasinya berapa hari baru nyampe. Pakai kantor pos

Sesuai info dari web Pos Indonesia, pengiriman paket Pos Biasa ke luar pulau Jawa membutuhkan waktu 1-2 minggu. Jika waktu tersebut sudah lewat dan paket belum sampai sebaiknya dicek ke kantor pos setempat.

Min saya kirim barang dari cikarang ke bangka belitung pake pos bisasa katanya naympe 10.20 hari lah ini kok g nyampe2

Setelah waktu pengiriman melewati batas waktu yang dijanjikan, sebaiknya dicek ke kantor pos setempat.

min.saya kirim barang di bandung ke kab: tana toraja.tapi saya cek resi nya kok tertulis daterus kan kantor ataran palopo

@yus. Kalau diketahui ada hal yang meragukan, sebaiknya Anda langsung tanyakan ke kantor pos setempat.

min kalau kirim barabran ke toraja dari bandung berapa hari nyampe nya.kira brat 6000.gr

Mskasih min atas pencerahannya,soalnya udah was" dgn paket saya yg udh 21hari blum juga nyampe..alhamdulillah jdi lega 😊

Min kalau paket pos biasa dari Bengkulu ke Jakarta biasanya berapa lama ya? Berhubung kota tujuan ialah Jakarta, apa pengiriman akan lebih cepat?

Paket pos biasa sekarang istilahnya jadi Paket Jumbo Ekonomi, pengiriman dari Bengkulu ke Jakarta membutuhkan waktu 4-5 hari, sesuai hasil cek tarif Pos Indonesia. Berarti sudah ada kemajuan kinerja PT Pos dari waktu-waktu sebelumnya yg membutuhkan waktu pengiriman lebih lama.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Waktu 4-5 hari itu estimasi saja, bisa tepat waktu,bisa juga lebih lama karena kendala pengiriman setiap harinya tidak sama. Secara umum pengiriman dari daerah ke kota besar lebih cepat daripada sebaliknya. Penghitungan waktu pengiriman berlaku untuk hari kerja, hari minggu/besar tidak dihitung. Jika hasil tracking menunjukkan kemajuan ya tinggal ditunggu saja, kecuali tidak ada perkembangan sampai batas waktu normal, bisa ditanyakan ke kantor pos terdekat.

Barusan nyoba cek tarif Bengkulu-Jkt min, hasilnya paket pos biasa dan jumbo ekonomi berbeda?

PAKETPOS BIASA (7-14 HARI)
Rp 52,100
PAKET KILAT KHUSUS (2-4 HARI)
Rp 134,600
PAKET JUMBO EKONOMI (4-5 HARI)
Rp 109,600

Mungkin itu di sistem agen/Pos, kalau cek di websitenya sudah tidak ada Paket Pos Biasa.

Mau tanayak kalu kirim paket dari yogyakarta ke sulawsi selatan brapa hari baru samapi?

Sudah 5th lbi langanan kantor pos,dari jkt-kejateng wonogiri,kata petugas utuk paket biasa sampe ketangan penerima antara 7-14hari tp trnyata 4-5hri sdh sampe👍,cuma akhir2 ini 2x pengiriman sampe ditempt aku kardus dan isinya hancur,cuma dari pihak pos mengakui dan memperbaikiny,,jd bisa dimaklumi,,dan setau aku kalo maketin lwat kantor pos kalu bert dibwh 5kg harga mahal tp kl berat diatas 5kg hrga murah,tp kl lewat agen jne dll,bert dibwh 5kg hrga murah klau diatas 5kg harga mahal,,itu aku sudh cek dan mengalaminya sendiri.😊

Saya kirim paket dr tgl 18 dan 23 april dr jkrta k kab Seruyan Kalteng dg paket pos biasa,, tapi sampai saat ini status paket masih d pos laju tanjung priok,, padahal biasanya 10 hari paket sudah d terima cstmr,, kenapa skrg bisa lama banget ya

@Viana. Untuk saat ini rentang waktu pengantaran Paketpos Biasa untuk tujuan luar Jawa adalah 7-14 hari tergantung lokasi alamat. Ini sudah peningkatan dari sebelumnya yang mencapai 30 hari. Tapi batasan tersebut adalah normatif, tidak menjamin tidak melebihi dari batas waktu. Jika paket melebihi batas waktu yg ditetapkan, sebaiknya si penerima paket proaktif mengecek sendiri ke kantor pos di kotanya untuk memastikan keberadaan paketnya.

Sekedar berbagi pengalaman dengan apa yang terjadi dengan jasa pengiriman yang saya gunakan sekitar 3 bulan yang lalu yaitu kantorpos, hampir 1 bulan 1/2 paket yang saya beli melalui seorang pelapak baru saya terima, berulang kali saya bolak balik kantorpos tetapi jawaban selalu masih dalam perjalanan hingga akhirnya terakhir saya dapat informasi barang tersebut di kembalikan ke kantorpos wilayah pengirim, ternyata yang terjadi kertas yang bertuliskan nama pengirim dan penerima beserta alamat terlepas dari paket. Dalam hal ini saya menilai begitu cerobohnya petugas pos dalam menangani suatu paket sehingga hal semacam itu dapat terjadi. Dan sebenarnya saya juga lagi nungguin paket yang sudah 19 hari dikirim lewat pos, tadinya saya gak mau lagi lewat pos tapi karena penjual sudah terlanjur mengirimkannya tanpa konfirmasi terlebih dahulu kpd saya ya saya cuma menunggu

saya lagi nunggu kiriman dari tanggal 14/05/2019 sampai sekarang tanggal 20/05/2019 belum sampai juga, pake paket pos kilat khusus, kok lama ya datangnya??? 😶

Min ini no resi saya 17315549124 (pos kilat khusus)
17190376718 (pos biasa) kenapa lama banget ya sampainya?

Saya juga bernasib sama...order sejak tgl 17. Hinga 29 blm juga saya terima.
Pos laut

Kak saya order sejak tgl 28 sampai sekarang tgl 15 dr kab bantul ke batam kok belum sampai ya? Dg no resi 17295425907

Saya aktif belanja online sejak 2006, masih zamannya fjb kaskus terus sering juga belanja sparepart pc diweb yg kala itu rame rakitan*****.com dan sudah beberapa alternatif kurir digunakan,walaupun agk didaerah tapi sering juga saya ambil sendiri di kantor cabangnya utk meringankan biaya ongkir,belakangan ecomerse mulai rame dan memulai usaha kecil2an jual barang2 rare., maklum modal kecil tapi pingin margin lebih karena barang tren.ke daerah selisih ongkir gak bgt jauh beda dibanding menggunakan kurir laen yg bisa smape 25 ribu selisihnya/kilo jadi pos merupakan alternatif terbaik.karena cepat dan relatif murah. dari 2014 hitung2 sudah hampir 300an kali pake Pos untuk belanja tentu dengan varian ongkir menyesuaikan berat dan jarak.Akhir Tahun kemarin dapat kasus barang gak lolos xray bandara, nunggu sebulan baru sampe, Bandung-Manado. padahal sebelum2nya barang yg mengandung batere dan liquid dengan quantity sama gk pernah ada masalah. Kali ini kasusnya berulang , tapi sangat disayangkan lebih dari sebulan belum sampe-sampe juga, entah nyangkut dimana tuh barang sementara saya kehabisan alasan untuk pelanggan yg sering bolak balik tanya, dan akhirnya kehilangan pelanggan ... , berulang2 kali tanya ke fb pos indo, berulang2 kali pula dijawab dgn jawaban yang sama dan diganti-ganti "admin" dan tak pernah ada kejelasan.17334318534 dimana kamu ... hopeless

@bang el. Ikut prihatin dengan masalah Anda. Memang masalah aturan pengiriman paket lewat udara banyak dilanggar, spt produk yg mengandung baterai (hp, laptop dll) dan cairan, seharusnya tidak boleh tapi faktanya banyak yg melanggar. Coba cek saja berapa ribuan jenis produk yg mengandung unsur tsb diperjualbelikan di marketplace kita. Dalam hal ini jasa pengiriman ada yg tutup mata atau strict, bahkan antar agen pada perusahaan yg sama bisa berbeda kebijakan. Begitu juga di pemeriksaan bandara, kadang barang yg terlarang itu bisa lolos, kadang tidak. Dan ini membingungkan para online seller maupun pihak agen pengiriman tentang barang yg bisa dikirim/tidak.

Untuk kasus Anda, seharusnya minta kejelasan berulang-ulang ke kantor pos setempat ttg status barang tsb. Apakah barang tsb memang hilang (jika ya, berarti Anda bisa claim), atau ditahan krn melanggar (usahakan minta surat keterangan resmi). Bila perlu datang ke kantor pos besar kabupaten unt meminta bantuan merefund barang tsb plus bayar biaya ongkir baliknya.

Saya mau tanya kenapa pesanan saya dari tģl 10 sampai skarang belum sampai2.

Admin saya mau tanya kpal yg dipakai oleh kurir pos indonesia untuk kirim barang dari surabaya ke bitung kpal ap ya

Kirim barang dari KARAWANG Cikampek tujuan pulau Morotai,dari tgl 22-4-2020 sampai skrng dlm. Proses Mulu,,padahal aku lewat jalur ekspres,ktnya pling lambat 5-6hari..sampai skrng blm nympai,, sebenarnya barang yg saya kirim dh sampai mana,

Tenang, saya juga baru tau ternyaTa pengiriman via pos kilat dr tgl 21 mei 2020 dari pulau jawa ke sulut sudah 13 hari belum sampai. Ditreking ngga bisa, katanya dikirim lewat laut OMG😅 kirain lewat pesawat. Yah jadiin pengalaman aja,.

@Anty Mokoginta. Situasi di tengah pandemi Covid-19 pengiriman via udara khususnya sangat dibatasi, belum lagi kendala jika kota tujuan melakukan PSBB. Salah satu alternatif untuk pengiriman luar pulau Jawa adalah menggunakan kapal laut. Paket bisa terkatung-katung tanpa kepastian jika hanya mengandalkan jadwal pengiriman lewat pesawat.

Paket POS saya malah sudah 2 minggu belum sampai. POS INDONESIA memang luar biasa!

Min klo kiriman surat lewat pos biasa dari Padang ke Karawang berapa hari yaa.tolong di jawab

Saya order sepatu di shopee kirim nya dari batam ke jakarta amazing 1 bulan blm sampe2 katanya ada pemeriksaan cukai. Masa cukai 1 bulan blm kelar2

Paket saya dari denpasar ke palopo sulawesi selatan, dikirim tanggal 22 sampai sekarang belum sampai. Beratnya sekitar 30kg. Di bagi jadi 2 paket. Mohon di cekkan. Resi 17815455256 dan 17815455269

Itu dalam proses pengiriman. Kalau lewat laut, selama paket belum sampai di pelabuhan kota tujuan dan diterima kantor pos setempat, belum ada data trackingnya. Pengiriman lewat laut butuh waktu cukup lama karena menunggu jadwal keberangkatan kapal.

Sampe sekarang masih sama belum berubah

Mau tanya kira kira kapan paket ku sampai tempat tujuan ?
Barang dari kota proProbolin diteruskan ke mimika Papua timika . Paket jumbo ekonoMi no barcode 18129913539

Mau nanya kira kira kapan paketkusampai tujuan no resi 3431025880006

Min teman saya ngirim paket ke saya,melalu pos,dan ongkirnya saya yg bayar,
Stlah teman saya ke pos dan menyerahkan barang itu,pihak pos menghubungi saya melalui wa menggunakan via chat,dan meminta saya untuk mentransfer uang ongkir ke rekening mreka.
Setelah uangnya di kirim,saya minta no resi katanya bisa keluar resinya besok pagi?
Gimana nih min?

Pengiriman dari Kediri ke Merauke lewat pos biasa tgl pengiriman 19april sampai sekarang tgl 27 Mei kok blm nyampai min...?? Pdhl udah sebulan lebih

Kalau sudah lewat sebulan, seharusnya dicek ke kantor pos pengiriman untuk menanyakan status paket tsb.

Resi 18468669447 dari tgl 1 ga berubah, saya pake pos biasa dari kantor pos estimasi 30 hari, tapi bukannya pos biasa sama dengan jumbo ekonomi ya yang estimasi 2 minggu

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.