-->

Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim


Bagaimana jika paket yang kita kirim belum sampai tapi hasil trekking menyatakan paket sudah diterima? Ini keluhan yang saya terima dari seseorang yang bernama Ayu yang dikirim melalui Kontak Form blog ini.
Paket belum diterima tapi treking resi sudah terkirim.
Menunggu paket (Sumber : Gamespot.com)
Ayu menceritakan bahwa ia mengirimkan paket untuk Ibu Sofi yang tidak lain adalah ibunya di daerah Ciledug. Paket tersebut dikirim melalui jasa pengiriman W. Hasil trekking nomer resi menunjukkan bahwa paket yang berisi souvenir pengajian pernikahan sang adik yang sangat dibutuhkan segera, sudah diterima oleh seseorang bernama Sofi. Padahal pihak yang seharusnya menerima, ibu Sofi, belum menerima paket tersebut. Diakhir pesannya, Ayu meminta tolong agar dibantu solusi secepatnya.

Saya ingin menjelaskan dulu bahwa saya dan blog Bisnis Kurir yang saya kelola ini tidak ada hubungan kerjasama dengan pihak perusahaan jasa kurir yang pernah diposting di sini. Blog ini semata sebagai media informasi seputar bisnis kurir/jasa pengiriman belaka. Jadi jika ada permasalahan atau pertanyaan umum tentang bisnis kurir, saya selaku admin blog ini hanya berusaha membantu sebatas pengetahuan dan sedikit pengalaman. Jawaban saya tidak dalam kapasitas mewakili jawaban resmi pihak perusahaan yang bersangkutan.

Sedangkan masalah komplain atau keluhan terhadap layanan yang kurang memuaskan dari perusahaan jasa pengiriman tertentu, sebaiknya LANGSUNG diajukan ke pihak perusahaan yang bersangkutan melalui saluran komunikasi yang ada. Atau jika Anda ingin sharing tentang pengalaman Anda, sebaiknya dituliskan di kolom komentar di bawah artikel yang menyangkut perusahaan tersebut. Hal ini akan lebih efektif.

Kembali ke soal paket yang oleh pihak perusahaan jasa pengiriman dinyatakan sudah terkirim dan ada nama si penerima, tapi kenyataannya orang yang seharusnya berhak menerima paket belum menerimanya.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah ini?

Pertama, si pengirim paket harus memastikan bahwa paket tersebut benar-benar belum diterima dan tidak ada orang didalam rumah alamat tujuan paket yang pernah menerima paket. Dalam kasus alamat tujuan paket dihuni oleh banyak orang (seperti juga tempat kost), ada kemungkinan terjadi seseorang (teman, anggota keluarga atau pekerja di rumah) telah menerima paket tersebut, meletakkan di suatu tempat dan lupa memberitahu pada orang yang bersangkutan.

Kedua, jika dipastikan paket memang belum pernah diterima, lakukan komunikasi langsung dengan mendatangi pihak agen dimana si pengirim mengirimkan paketnya tentang kejadian tersebut agar si agen meneruskan ke pihak cabang/perwakilan yang ada di kota tersebut untuk segera ditindaklanjuti ke kantor pusat. Biasanya pihak agen tidak memiliki akses langsung ke kantor pusat perusahaan tanpa melalui kantor cabang/perwakilan di daerah.

Berikutnya, untuk menguatkan komplain, si pengirim paket harus melakukan komplain tertulis ke pihak perusahaan jasa pengiriman dengan menceritakan secara jelas permasalahannya, dengan menyertakan fotokopi bukti pengiriman paket dan print hasil trekking nomer resi paket tersebut. Surat komplain diserahkan ke pihak agen tempat mengirim paket untuk diteruskan ke kantor pusat. Adanya komplain tertulis ini menurut saya sangat membantu memudahkan dan mempercepat pihak perusahaan menyelesaikan kasus.

Bersamaan dengan itu, si penerima paket seharusnya juga melakukan komunikasi ke kantor cabang/perwakilan di daerahnya. Minta penjelasan tentang paket yang dinyatakan sudah terkirim padahal si penerima paket belum menerimanya. Jika mungkin, penerima paket minta dipertemukan dengan petugas kurir yang mengantar paket tersebut, untuk memastikan bahwa si kurir tidak melakukan kesalahan dalam penyerahan paket pada orang dan alamat yang salah. Misalnya minta si kurir menyebutkan ciri-ciri rumahnya dan orang yang telah menerima paket tersebut.

Dalam kasus semacam ini bisa jadi penyelesaiannya tidak bisa cepat. Pihak kantor pusat akan mempelajari laporan tertulis si pengirim paket dan melakukan penelusuran pada pihak kurir yang bertugas mengantar paket ke alamat si penerima di kota tujuan.

Tergantung kebijakan perusahan jasa pengiriman, jika memang terbukti kesalahan ada di pihak kurir, seharusnya jangan berlama-lama apalagi menunda menyelesaikan masalahnya. Lakukan komunikasi dengan si pengirim paket dan segera lakukan kewajiban ganti rugi sesuai ketentuan atau berdasarkan kesepakatan bersama.

Kunci penyelesaiannya tergantung komunikasi dan itikad baik kedua pihak, si pengirim paket dan perusahaan jasa pengiriman yang bersangkutan. 

Labels: Kurir

Thanks for reading Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim. Please share this article.

Share:

28 Komentar untuk "Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim"

barang saya kok belum sampe atas nama ilham arpasyah putra

Saya merasa belum menerima barang pesanan saya,tapi ada pemberitahuan bahwa barang sudah sampai dan saya sudah menerimanya,bagaimana ini? Sampai hari ini pesanan saya belum saya terima,padahal saya sudah transfer pembayarannya terlebih dahulu,tolong konfirmasi nya

Segera komunikasikan pada pihak pengirim/seller bahwa Anda belum menerima paket tersebut agar dia dapat menanyakan ke pihak jasa pengiriman. Karena yg bisa melakukan komplain adalah si pengirim paket.

Jika Anda membeli dari marketplace, hubungi juga CS marketplace ybs dan jelaskan permasalahannya. Jangan lupa lakukan Komplain, cari tombol Komplain pada bagian detail transaksi.

Maaf paketab dengan nomor resi014770103196318 knpa bisa statau delivered tpi saya blm terima barang sedangkan alamt saya da di cikarang tpi nyampenya ke bogor tolongkah segera di tindak lanjuti supaya barang bisa saya terima

Bukannya status paket tsb masih On Process ???

Pesanan Saya Telah Sampai, Tapi Saya Belum Menerima Paket Tersebut. Dan Sepertinya Kurir Kesalahpahaman Alamat, Dan Saya Tidak Tau Harus Bagaimana melakukan nya?? Tolong Penjelasnnya...

Yang berhak komplain adalah pengirim paket, jadi mintalah si pengirim agar melakukan komplain ke agen tempat mengirim paket.

Tolong cek resi 010090609368218 , status delivered tapi barang belum saya terima, tolong bantuannya

Apakah itu paket pembelian barang lewat marketplace? Kalau ya, klik tombol komplain dan jelaskan permasalahannya. Minta agar dana ditahan dulu sampai permasalahan clear.

Tapi kalau itu pembelian diluar marketplace, sebaiknya anda hubungi si pengirim untuk melakukan komplain ke agen tempat ia kirim paket. Karena yg bisa melakukan komplain adalah si pengirim.

udah ga aneh lg sama yg nama nya JNE ini,sy udah sering makan korban

barang saya belum sampai , tapi di akun lazada barang udh di terima , padahal saya belum menerima nya , gmna ya ?

Mau nnya brpa lma si pengiriman brang lwt kntor pos dari palembang ke batam.mohn info yaa

@prbti. Tergantung jenis layanan yg digunakan. Sesuai info dari web resmi Pos, Untuk paket kilas khusus lama pengiriman antara 2-4 hari. Namun prakteknya biasanya lebih lama 1-2 hr.

Berapa lama yampe kiriman dari jatim ke padang pake pos biasa.

Saya belum terima paketan dari jnt dg nomor resi JP5232078427 tp kenapa statusnya sudah diterima..gmn nih siapa yg tanggung jawab

Tolong di bantu no resi JB0039142368 notive udah diterima tapi kok saya belom Nerima barangnya, keluarga juga belom ada yg Nerima.

Saya ga menerima barang apapun dari JNE, tp di tracking resi udah sampe dan sampenya bukan di tempat saya Banjarnegara malah sampenya ke tangan orang di Semarang. Mohon untuk JNE pertanggungjawabannya

Paket blm saya terima, tp diketerangan sudah diterima gimana ini ninja express resi SHP2308015452

paket belum sya trma tp ktrngan brng sdah dtrma,bagaimana ini ninja ekspres no resi SHP6262027838

Saya kirim paket dari blora ke kediri tgl 22 juli. Cek status tgl 24 juli sdh diterima. Tp sampai sekarang, 4 agustus, barang blm diterima. Sudah kirim pengaduan ke email jne. Jgankan direspon, dibuka az nggak

@Mamiex Riyan. Gunakan berbagai jalur komunikasi, termasuk DM ke akun Ig JNE Pusat, pihak penerima di Kediri menghubungi kantor cabang JNE Kediri minta klarifikasi dan kirim ulang email.

Saya belum Nerima paket tapi statusnya udh diterima gimana itu? Padahal saya juga udh transfer uangnya, nomor resi barangnya ID209169171887G

paket saya (JNAP-0036755010) belum datang, tapi kemarin malam ada pemberitahuan dari lazada bahwa paket sudah diterima, gimana ya ini, mohon bantuannya, karena paket itu punya orang dan sudah ditunggu lama sekali tapi tidak kunjung datang.

tolong di bantu untuk cek posisi paket kak
karena saya cek paketan sudah di terima tapi saya pribadi blm menerima

Saya kirim paket ke sodara tapi di laporan sudah diterima padahal sodara saya tidak menerimanya . No resinya ini JD0143691784

Tolong bantuannya cek resi ninja exp NLIDAP1279861479 trackinng delevered, tpi penerima blm menerima barang, bgmna ini😑

Paket saya dengan nomer resi JT41967534620 belum saya terima kenapa statusnya sudah delivered. Mohon bantuannya?

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.