Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim


Bagaimana jika paket yang kita kirim belum sampai tapi hasil trekking menyatakan paket sudah diterima? Ini keluhan yang saya terima dari seseorang yang bernama Ayu yang dikirim melalui Kontak Form blog ini.
Paket belum diterima tapi treking resi sudah terkirim.
Menunggu paket (Sumber : Gamespot.com)
Ayu menceritakan bahwa ia mengirimkan paket untuk Ibu Sofi yang tidak lain adalah ibunya di daerah Ciledug. Paket tersebut dikirim melalui jasa pengiriman W. Hasil trekking nomer resi menunjukkan bahwa paket yang berisi souvenir pengajian pernikahan sang adik yang sangat dibutuhkan segera, sudah diterima oleh seseorang bernama Sofi. Padahal pihak yang seharusnya menerima, ibu Sofi, belum menerima paket tersebut. Diakhir pesannya, Ayu meminta tolong agar dibantu solusi secepatnya.

Saya ingin menjelaskan dulu bahwa saya dan blog Bisnis Kurir yang saya kelola ini tidak ada hubungan kerjasama dengan pihak perusahaan jasa kurir yang pernah diposting di sini. Blog ini semata sebagai media informasi seputar bisnis kurir/jasa pengiriman belaka. Jadi jika ada permasalahan atau pertanyaan umum tentang bisnis kurir, saya selaku admin blog ini hanya berusaha membantu sebatas pengetahuan dan sedikit pengalaman. Jawaban saya tidak dalam kapasitas mewakili jawaban resmi pihak perusahaan yang bersangkutan.

Sedangkan masalah komplain atau keluhan terhadap layanan yang kurang memuaskan dari perusahaan jasa pengiriman tertentu, sebaiknya LANGSUNG diajukan ke pihak perusahaan yang bersangkutan melalui saluran komunikasi yang ada. Atau jika Anda ingin sharing tentang pengalaman Anda, sebaiknya dituliskan di kolom komentar di bawah artikel yang menyangkut perusahaan tersebut. Hal ini akan lebih efektif.

Kembali ke soal paket yang oleh pihak perusahaan jasa pengiriman dinyatakan sudah terkirim dan ada nama si penerima, tapi kenyataannya orang yang seharusnya berhak menerima paket belum menerimanya.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah ini?

Pertama, si pengirim paket harus memastikan bahwa paket tersebut benar-benar belum diterima dan tidak ada orang didalam rumah alamat tujuan paket yang pernah menerima paket. Dalam kasus alamat tujuan paket dihuni oleh banyak orang (seperti juga tempat kost), ada kemungkinan terjadi seseorang (teman, anggota keluarga atau pekerja di rumah) telah menerima paket tersebut, meletakkan di suatu tempat dan lupa memberitahu pada yang orang yang bersangkutan.

Kedua, jika dipastikan paket memang belum pernah diterima, lakukan komunikasi langsung dengan mendatangi pihak agen dimana si pengirim mengirimkan paketnya tentang kejadian tersebut agar si agen meneruskan ke pihak cabang/perwakilan yang ada di kota tersebut untuk segera ditindaklanjuti ke kantor pusat. Biasanya pihak agen tidak memiliki akses langsung ke kantor pusat perusahaan tanpa melalui kantor cabang/perwakilan di daerah.

Berikutnya, untuk menguatkan komplain, si pengirim paket harus melakukan komplain tertulis ke pihak perusahaan jasa pengiriman dengan menceritakan secara jelas permasalahannya, dengan menyertakan fotokopi bukti pengiriman paket dan print hasil trekking nomer resi paket tersebut. Surat komplain diserahkan ke pihak agen tempat mengirim paket untuk diteruskan ke kantor pusat. Adanya komplain tertulis ini menurut saya sangat membantu memudahkan dan mempercepat pihak perusahaan menyelesaikan kasus.

Bersamaan dengan itu, si penerima paket seharusnya juga melakukan komunikasi ke kantor cabang/perwakilan di daerahnya. Minta penjelasan tentang paket yang dinyatakan sudah terkirim padahal si penerima paket belum menerimanya. Jika mungkin, penerima paket minta dipertemukan dengan petugas kurir yang mengantar paket tersebut, untuk memastikan bahwa si kurir tidak melakukan kesalahan dalam penyerahan paket pada orang dan alamat yang salah. Misalnya minta si kurir menyebutkan ciri-ciri rumahnya dan orang yang telah menerima paket tersebut.

Dalam kasus semacam ini bisa jadi penyelesaiannya tidak bisa cepat. Pihak kantor pusat akan mempelajari laporan tertulis si pengirim paket dan melakukan penelusuran pada pihak kurir yang bertugas mengantar paket ke alamat si penerima di kota tujuan.

Tergantung kebijakan perusahan jasa pengiriman, jika memang terbukti kesalahan ada di pihak kurir, seharusnya jangan berlama-lama apalagi menunda menyelesaikan masalahnya. Lakukan komunikasi dengan si pengirim paket dan segera lakukan kewajiban ganti rugi sesuai ketentuan atau berdasarkan kesepakatan bersama.

Kunci penyelesaiannya tergantung komunikasi dan itikad baik kedua pihak, si pengirim paket dan perusahaan jasa pengiriman yang bersangkutan. 
loading...

Labels: Kurir

Thanks for reading Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Cara Menyelesaikan Paket Belum Diterima, Tapi Hasil Treking Resi Sudah Terkirim"

barang saya kok belum sampe atas nama ilham arpasyah putra

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online