Paket tidak janji waktu, apa maksudnya?


Kiriman paket Tidak janji Waktu, apa maksudnya? - Pada dasarnya, semua paket yang dikirim melalui jasa kurir atau cargo, mempunyai perkiraan batas waktu pengiriman. Kecuali paket yang dikirim melalui layanan khusus (dan ongkir khusus pula) seperti YES/ONS atau Special Speed yang ada jaminan kepastian waktu sampainya, untuk paket Regular tidak ditentukan secara tepat kapan waktu pengiriman paket sampai tujuan. Tetapi menggunakan perkiraan waktu pengiriman. Artinya ada tenggang waktu dalam beberapa hari.
Paket tidak janji waktu biasanya terjadi karena di tempat tujuan terjadi bencana alam sehingga pengantaran paket terhambat.
Ilustrasi (sumber : Airfotonetwork.wordpress.com)
Bahkan seringkali paket sampai di tangan penerima melebihi perkiraan waktu normal pengiriman. Misalnya perkiraan waktunya 3-5 hari, ternyata baru sampai pada hari ke 7. Hal ini wajar saja karena memang banyak faktor yang mempengaruhi waktu pengiriman barang.

Tapi selain perkiraan waktu /perkiraan batas waktu pengiriman, ada saat-saat dimana ketika kita mengirim paket ke suatu daerah tertentu, si petugas kurir mengatakan : ini paketnya tidak janji waktu ya mas/mbak.

Apa maksudnya paket tidak janji waktu? Apa waktu pengirimannya tidak bisa dipastikan kapan sampainya? Masak waktunya tidak jelas, terus harus menunggu sampai kapan?

Paket dengan status tidak janji waktu maksudnya pihak agen kurir tidak berani menjanjikan waktu pengiriman sebagaimana biasanya. Paket akan mengalami keterlambatan pengantaran ke alamat tujuan disebabkan adanya kendala tertentu yang diluar jangkauan manusia. Dalam hal ini pemberitahuan tidak janji waktu menunjukkan tanggungjawab pihak kurir terhadap pelayanannya. Dengan mengatakan dari awal, pihak konsumen bisa memahami bahwa paket yang dikirimnya tersebut akan mengalami keterlambatan.

Paket tidak janji waktu ini biasanya terjadi karena faktor bencana alam yang diluar kemampuan manusia untuk mencegah dan mengatasinya. Diantaranya :
- Banjir. 
- Gempa bumi. 
- Tanah longsor. 
- Gunung meletus. 
- Tsunami.

Jadi setiap kali terjadi bencana alam di suatu daerah, bisa dipastikan kiriman barang ke daerah tersebut akan mengalami keterlambatan, tergantung seberapa parah dampaknya. Dan agen kurir yang baik pasti akan mengantisipasinya dengan memberitahukan kepada konsumen yang akan mengirim barang dengan tujuan daerah tersebut. Dengan demikian konsumen bisa memaklumi jika barang yang dikirimnya mengalami keterlambatan.

MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Loading...

Labels: Kurir

Thanks for reading Paket tidak janji waktu, apa maksudnya?. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Paket tidak janji waktu, apa maksudnya?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.