Cara Menghitung Waktu Pengiriman Barang


Cara Menghitung Waktu Pengiriman Barang - Bisa dipastikan ketika Anda mengirim paket ke suatu agen kurir, Anda tidak lupa menanyakan kapan paketnya sampai tujuan? Kenapa? Karena pihak yang mendapat kiriman paket berkepentingan mengetahui kapan paket tersebut sampai ditangannya. Apalagi kalau si penerima itu posisinya adalah pembeli barang secara online. Pasti dia akan menanyakan waktunya pada si penjual/pengirim.
Cara menghitung waktu pengiriman barang oleh agen kurir.
Pekerjaan kurir berkejaran dengan waktu (sumber : Pregnancyclinicministry.org)
Anda sendiri mungkin juga pernah mengalami, paket yang dikirim orang lain ternyata tidak tepat waktu Anda terima. Dijanjikan paling lama 5 hari paket sampai tujuan, ternyata baru hari ke 7 Anda menerimanya. Mungkin Anda beranggapan pihak agen kurir hanya basa-basi tentang batas waktu pengiriman. Sekedar lips service untuk menyenangkan konsumen. Bahkan mungkin banyak masyarakat berpikir perkiraan waktu itu tidak benar-benar akan ditepati.

Sebetulnya soal ketepatan waktu pengiriman barang ini menjadi perhatian serius bagi perusahaan kurir, terutama yang bonafid. Mereka tidak asal-asalan merumuskan waktu pengiriman ini. Prinsipnya, semua perusahaan kurir/cargo ingin sesegera mungkin mengirimkan barang ke alamat tujuan, tentu disesuaikan dengan  jenis layanan paket yang dipilih konsumen. Mereka sadar bisnis kurir yang utama adalah kecepatan. Apalagi mereka juga mempunyai pesaing banyak di bisnis kurir ini. Reputasi mereka dipertaruhkan pada layanan kecepatan waktu ini. Pihak kurir tidak mempunyai keuntungan dengan memperlama waktu pengiriman, malah banyak ruginya. Misalnya barang menjadi rusak (pada musim hujan terutama) atau hilang!.

Karena itu sering juga kita mengalami paket yang dikirim secara Reguler, ternyata diterima lebih cepat dari perkiraan. Keinginan untuk mempercepat waktu pengiriman ini harus berhadapan dengan berbagai faktor kendala yang dihadapi di lapangan yang tidak terduga. Misalnya terhambat kecelakaan di jalan raya (bagi cargo darat) atau pesawat mengalami delay (cargo udara). Belum lagi hambatan internal seperti kendaraan pengangkut paket mengalami gangguan, kinerja kurir pengantar barang yang kurang cekatan, dan sebagainya. Selain itu, ada banyak faktor yang menentukan cepat-tidaknya waktu pengiriman paket.

Dalam memahami waktu pengiriman barang ini ada beberapa hal yang perlu diketahui :

Batas waktu pengiriman
Batas waktu pengiriman paket itu ditetapkan berdasarkan pada kondisi normal. Artinya segala proses pengiriman diasumsikan berjalan lancar-normal. Sehingga ketika terjadi gangguan atau masalah pada proses distribusi barang, tentunya akan terjadi keterlambatan, tergantung seberapa besar/parah faktor gangguan tersebut.

Hari kerja kurir
Perkiraan lama pengiriman barang itu dihitung dari hari kerja kantor, yaitu Senin- Sabtu. Jadi kalau paket dikirim hari Kamis dan perkiraan waktu kirimnya 4 hari, maka seharusnya paket akan sampai (maksimal) hari Selasa, bukan Senin. Karena Minggu tidak dianggap hari kerja. Banyak yang salah paham soal ini.  

Waktu penyerahan paket ke agen
Agen kurir punya jam kerja tertentu, katakan sampai pk 5 sore. Paket yang diterima setiap harinya akan diambil petugas atau disetor agen ke kantor Cabang/perwakilan setempat, biasanya sebelum pukul 3 sore, untuk diinput datanya dan selanjutnya diteruskan ke kota tujuan masing-masing. Kalau paket dibawa ke Agen kurir lewat dari jam pengambilan barang (pick up), otomatis paket yang diserahkan pada hari itu baru ikut terkirim esok harinya. Hal ini sudah memperlambat waktu pengiriman sehari. Apalagi kalau paket itu dikirim hari Sabtu sore, sementara jam kerja agen hari Sabtu hanya setengah hari, bisa dipastikan paket tersebut baru terkirim hari Senin. Artinya terlambat 2 hari. Jika ini tidak dipahami baik oleh pengirim maupun penerima paket, yang akan terjadi adalah kekecewaan kedua pihak.

Faktor situasional
Kelancaran pengiriman barang banyak dipengaruhi faktor, baik yang bisa diprediksi maupun yang sifatnya situasional. Faktor terakhir ini yang lebih sulit diperkirakan, karena sifatnya situasional, sehingga cenderung berubah-ubah, dan tidak bisa jadi patokan.

Saya pernah mengirim paket ke kota lain dengan alamat kecamatan yang hanya mencantumkan RT dan RW. Saya sempat pesimis paket tersebut bisa sampai dalam 4 hari seperti yang dijanjikan agennya. Bahkan saya berpikir, kemungkinan baru seminggu sampainyan mengingat kecamatan tersebut lokasinya bukan dalam kota Kabupaten. Apa yang terjadi? Ternyata baru sehari sudah sampai. Benar-benar surprise! Namun ini tidak bisa jadi pegangan. Belum tentu kalau lain kali mengirim paket ke alamat yang sama juga bisa sampai dalam sehari. Karena faktor kendalanya tak sama.

Toleransi
Meskipun lama pengiriman barang ada batas waktunya, namun tidak selalu bisa ditepati secara penuh. Kemungkinan molor dari perkiraan selalu bisa terjadi. Sepanjang bukan karena faktor human error, seharusnya kita sebagai konsumen bisa memaklumi. Ini berbeda dengan kasus paket yang pengirimannya melalui layanan premium (misalnya YES JNE ) , dimana setiap keterlambatan mendapat ganti rugi.

Jika anda mengalami keterlambatan paket lewat 2 hari dari batas waktu yang dijanjikan agennya, sebaiknya lakukan cek ke agen kurir setempat. Jika kebetulan di kota anda tidak ada perwakilan/agen kurir tersebut, tanyakan ke pengirim agar bisa dicek ke agen tempat barang tersebut dikirim. Selanjutnya agen akan menelusuri dimana letak masalahnya.
Mengapa setelah 2 hari dari batas waktu baru ditanyakan? Dengan mengetahui berbagai faktor tadi, katakanlah 2 hari ini dianggap sebagai batas toleransi. Artinya jika lewat dari 2 hari dari perkiraan waktu pengiriman barang belum sampai, kemungkinan ada masalah dengan paket tersebut. Mungkin salah kirim, terselip di agen penerima, atau bahkan hilang!

Kesimpulan

Perusahaan kurir wajib memberikan pelayanan yang baik, salah satunya menyangkut kecepatan waktu pengiriman barang. Tapi jika sering terjadi keterlambatan, hal ini akan mempengaruhi reputasi kurir tersebut di mata masyarakat. Konsumen akan berpikir ulang untuk menggunakan lagi jasa kurir tersebut. 
Loading...

Labels: Kurir

Thanks for reading Cara Menghitung Waktu Pengiriman Barang. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Cara Menghitung Waktu Pengiriman Barang"

Siip boss..
http://www.cargobarang.com/

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.