Cara Cek Resi Atau Tracking Paket


Cara Cek Resi Atau Tracking Paket - Ketika Anda membeli barang secara online pada sebuah toko online, Anda tentu ingin memastikan bahwa barang yang Anda pesan tersebut benar-benar dikirim atau ingin mengetahui status paket Anda sudah sampai dimana. Caranya adalah melakukan Cek Resi yang diberikan oleh pihak penjual atau istilah kerennya Tracking Paket.

Sesuai dengan jasa pengirimanan yang digunakan untuk pengiriman paket, Anda bisa mengunjungi situs perusahaan cargo atau kurir tersebut. Misalnya Tiki, JNE, Pos dan sebagainya. Jika Anda tidak tahu persis nama situsnya, Anda bisa melakukan pencarian lewat mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing.

Setelah masuk di situs yang dimaksud, Anda tinggal cari fitur Tracking, biasanya ditampilkan di halaman depan situs perusahaan cargo tersebut. Masukkan nomor resi paket Anda, lalu tunggu hasilnya. Nomer resi ini adalah istilah yang dipahami secara umum yang berarti nomor pengiriman barang yang tercantum pada lembar/tanda terima atas barang/paket yang dikirim, tiap perusahaan cargo atau kurir biasanya punya istilah khusus. Nomer resi di JNE biasa disebut nomor AWB, Dakota Cargo menggunakan istilah BTT (Bukti Tanda Terima), sedangkan TIKI menyebutnya Connote (consignment note).

Contoh nomor resi TIKI

Contoh hasil cek resi TIKI
Dari contoh di atas terlihat rekaman perjalanan dari paket yang dikirim dari Banyuwangi dengan tujuan Satui, Tanah Bumbu pada saat dilakukan tracking, status paket terakhir masih berada di Banjarmasin.

Jika paket telah diterima, maka hasil tracking akan menunjukkan status SUCCEED disertai keterangan tanggal paket diterima, waktu/jam, lokasi tempat penerima paket dan nama si penerima paket. Untuk JNE   statusnya DELIVERED jika paket sudah diterima.

Perlu diketahui nama penerima paket mungkin saja berbeda dengan nama orang yang tercantum di resinya. Karena bisa jadi pada saat paket diserahkan oleh kurir ke alamat tujuan, orang yang bersangkutan tidak ada di tempat, dan yang menerima orang lain/anggota keluarga.
Hasil tracking TIKI yang menunjukkan status paket telah diterima (Succeed).
Selain melakukan tracking paket pada situs perusahaan kurir yang bersangkutan, Anda juga bisa memanfaatkan widget tracking resi paket di bawah ini. Masukkan saja nomer resi paket dari perusahaan kurir apa saja, termasuk PT Pos, lalu klik CEK RESI. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Cekresi.com yang menunjukkan status kiriman paket tersebut.

Bagaimana jika hasil tracking nomer resi tidak menunjukkan hasil apapun? Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal :
- Paket belum diinput secara online, sehingga hasilnya tidak bisa dilihat.
- Server situs sedang error.
- Internet sedang lemot, sehingga gagal menampilkan hasil tracking.
- Nomor resi yang diberikan salah. Hal ini mungkin saja terjadi, saya sendiri pernah mengalaminya.
- Salah komunikasi nama perusahaan kurir. Misalnya bisa terjadi pengirim mengatakan paketnya dikirim melalui TIKI, padahal yang dimaksud JNE. Maka bila dilakukan tracking di situs TIKI tentu hasilnya nol.
Saya sendiri pernah mengalami kasus dimana penerima paket mengklaim bahwa nomer resi yang saya berikan salah dan tidak bisa ditracking, bahkan menuduh jangan-jangan saya menipunya. Padahal ketika saya cek resinya ada penjelasan. Dia masih ngotot resinya tidak bisa ditracking, karena dia mengecek langsung ke agen kurir di kotanya. Saya bilang kepadanya petugasnya pasti salah. Saya lalu berikan nama situs resminya agar dia melakukan tracking sendiri. Hasilnya dia diam.

Menurut pengalaman, tidak semua paket bisa ditracking nomor resinya. Saya tidak tahu penyebabnya tapi faktanya seperti itu. Jika terjadi kasus semacam ini, untuk memastikan status paket tersebut sebaiknya ditanyakan langsung ke kantor pusatnya. Ada kalanya status paket tidak muncul ketika ditracking, tapi setelah paket diterima, maka hasilnya  muncul saat dilakukan trackking.

Selain itu perlu juga diketahui tidak semua perusahaan kurir/cargo yang mempunyai situs, fitur Tracking paket berfungsi normal dan maksimal.
loading...

Labels: Cek resi

Thanks for reading Cara Cek Resi Atau Tracking Paket . Please share this article.

Share:

15 Komentar untuk "Cara Cek Resi Atau Tracking Paket "

mudah ya untuk tahu pengiriman paket
masih infonya ya

Kalo hari besar (Waisak, Maulid Nabi), apa paket akan tetap dikirim? Kantor cabangnya apa juga buka kalo hari besar?

Minggu/Hari besar kantor tutup/libur, otomatis kurir tidak bekerja. Tapi mungkin untuk kiriman khusus tetap diantar. Anda sebaiknya memastikan hal tsb pada agen ybs.

kalo kita kirim paket, sudah dapat resi tapi gabisa di cek .
dan distatusnya tertera belum ada update status pengiriman dari kurir.
itu kendalanya dimana yaa?
karna masih dikota yg sama, tp udh beberapa hari blm sampai jg.

Biasanya untuk pengiriman paket dg alamat tujuan kota yg sama tidak bisa ditreking, tapi ketika nanti sudah diterima oleh pihak ybs, akan ada laporannya. Kalau sampai beberapa hari belum sampai seharusnya dicek ke agen tempat pengiriman paket.

Saya udah cek resi,barangnya dikirim dari denpasar,tp kok wktu di denpasar sj adanya,trs skrng gak tau barangnya udah sampe dimana,padahal udah dari hari senin dikirimnya,itu gmn yah?

Pada masa peak season seperti menjelang lebaran semua jasa pengiriman mengalami peningkatan kiriman yang cukup banyak, konsekuensinya waktu pengiriman menjadi molor. Jadi sebaiknya bersabar. Yang penting nomer resi sudah masuk data base, soal updatenya tidak harus setiap hari.

alternatif lain juga bisa pake ceknoresi.com gan atau kliktarif.com

sya sudah cex resi kenapa dari kemarin msh di kopo belum di kirim juga

pak saya sudah mencoba cek resi jne saya cuma barang kok belum berubah ya statusnya?

Meskipun pihak jasa pengiriman menjanjikan paket bisa ditracking, namun tidak selalu diupdate secara real time. Biasanya setelah paket diterima baru muncul laporan pengiriman secara lengkap. Yang penting ketika nomer resinya ditracking, muncul data paketnya secara benar. Seperti data asal daerah paket dikirim dan data penerima paket tercantum, berarti paket tsb sudah masuk dalam sistem. Tinggal ditunggu saja paketnya sampai dalam batasan waktu normal. Paket regular normalnya kurang seminggu (4-5hari) sudah sampai, jika lebih seminggu belum sampai, wajib ditanyakan ke pihak jasa pengiriman ybs.

berarti kita harus sering-sering nelepon kesana dong pak, sampe sekarang barannya belum sampai juga pak

Kalau sudah lewat beberapa hari dan status pengiriman belum berubah, sebaiknya dicek ke agen pengirimannya.

kalo status failed,penerima tidak ditempat,apa nanti diantar ulang ya bos?

Prosedur standar yg berlaku scr umum memang begitu unt kurir. Namun waktu unt pengantaran ulang akan menyesuaikan jadwal kurir, khususnya unt alamat kirim yg relatif jauh atau areanya jarang mendapat kiriman paket.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online