Beda Layanan, Beda Ongkirnya


Jenis layanan kurir : regular, YES, Super speed.
Sebelumnya telah dibahas ada 3 jenis ongkos kirim berdasarkan cara penghitungan ongkosnya, yaitu ongkir progresif, ongkir regresif dan ongkir volumetrik. Ternyata ongkos kirim paket barang tidak hanya ditentukan ketiga cara tersebut. Tetapi juga tergantung jenis layanannya. Yaitu ongkos kirim yang dibedakan berdasarkan kecepatan waktu pengantaran atau pengirimannya. 

Tentang penyebutan istilahnya, setiap perusahaan kurir punya istilah yang berbeda-beda. Namun secara umum, kecepatan pengiriman sebuah paket dibedakan antara paket biasa, paket kilat dan paket kilat khusus.



JENIS LAYANAN PAKET JNE


JNE membagi tarif layanan pengiriman dalam 4 kelompok, yaitu :

1. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)


Yaitu layanan pengiriman dari JNE yang menawarkan layanan dengan biaya ekonomis. Layanan ini memanfaatkan transportasi cargo udara dan angkutan darat yang menghubungkan kota-kota besar, ibu kota propinsi sampai Kabupaten. Layanan ini menjanjikan paket sampai tujuan 5-7 hari setelah dikirim. Layanan OKE ini khusus melayani kiriman barang dengan ukuran besar atau berat. Layanan JNE OKE tidak melayani pengantaran pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.

2. REG (Regular)
Layanan Regular JNE adalah layanan pengiriman paket secara cepat, aman dan handal sampai ke pelosok Indonesia. Layanan Regular hanya berlaku pada hari kerja, dan tidak melayani pengantaran paket/dokumen pada hari Minggu dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali. JNE tidak memberikan batasan lamanya waktu pengiriman layanan Regular, namun secara umum paket regular membatasi waktu pengiriman antara 3-5 hari, tergantung lokasi tujuan paket.

3. YES (Yakin Esok Sampai)

Yaitu layanan pengiriman premium yang menjanjikan waktu pengiriman paket sampai tujuan dalam waktu 1 hari setelah dikirim, termasuk pada hari Minggu dan libur nasional. Jadi hari ini kirim, besuk sampai. Sebagai bentuk tanggung jawab atas kualitas layanan ini, JNE memberikan jaminan berupa uang kembali (biaya kirim) jika barang kiriman tidak terantar pada keesokan harinya lewat dari pukul 23.59. 

4. SS (Spesial Service)
Disebut juga Super Speed. Yaitu layanan pengiriman yang menjanjikan waktu pengiriman paket sampai tujuan pada hari yang sama. Layanan ini menggunakan transportasi udara (direct flight) atau darat langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu penyampaian kiriman dengan layanan SS adalah 24 jam sejak saat penjemputan di tempat pengirim.

5. Diplomat Service
Diplomat adalah layanan khusus dari JNE untuk pengantaran peka waktu atas barang berharga/bernilai tinggi, termasuk dokumen penting, yang menuntut pengamanan optimal. JNE menyediakan petugas khusus untuk Layanan Diplomat ini, yang selalu siap mengantarkan sendiri (hand carry) barang kiriman dengan menggunakan moda transportasi tercepat. Petugas khusus tersebut akan menerapkan pengawasan ketat mulai saat penjemputan di lokasi pengirim, pengantaran, hingga serah terima di lokasi penerima.

Bisa dikatakan Diplomat adalah layanan VIP dari JNE yang tentu saja biaya yang dikenakan juga khusus. Untuk mengetahui biaya pengiriman, jadwal dan estimasi waktu pengiriman, konsumen bisa menghubungi contact center atau cabang JNE terdekat.

Baik YES maupun SS hanya bisa melayani kiriman ke kota besar yang mempunyai bandara, biasanya ibukota propinsi, dan mempunyai penerbangan langsung antara kota pengirim dengan kota tujuan paket. Jadi walaupun kota tujuan mempunyai bandara tapi kalau tidak ada penerbangan langsung dari kota pengirim, tidak bisa dilayani. 


Selain layanan yang telah disebutkan, JNE juga mengembangkan layanan kurir dalam kota yang meliputi JESIKA dan PELIKAN.

6. JESIKA 
JESIKA atau jemput ASI seketika adalah layanan inovasi dari JNE untuk melayani kebutuhan ibu-ibu menyusui tanpa menghalangi aktivitas sehari-hari, dengan melakukan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan. Pengantaran JESIKA menggunakan sepeda motor khusus yang dilengkapi tas berpendingin (cooler bag), ice pack, plastik klip bersegel, dan barcode untuk menjaga kualitas ASI dan mencegah tertukar dengan ASI lain selama pengiriman.

Layanan JESIKA sementara hanya berlaku se-Jabodetabek dan tersedia pada hari Senin sampai Jumat. Batas waktu order dan pembayaran pada pukul 09.00-11.00. JNE memberikan garansi gratis penjemputan dan pengantaran hari berikutnya jika ASI diterima lebih dari 4 jam. Jika botol ASI pecah dalam pengantaran, JNE akan menggantikan dengan botol ASI baru plus gratis penjemputan dan pengantaran hari berikutnya.

Layanan JESIKA  menyediakan paket berlangganan harian, mingguan (5 hari) dan bulanan (20 hari). Info JESIKA lebih lanjut dapat menghubungi telepon bebas pulsa di 0 800 1 451 451.

7. PELIKAN 

JNE Pelikan merupakan layanan Amplop Pra Bayar khusus untuk pengiriman dokumen, compact disc (CD) atau kartu undangan dengan berat maksimal 1 kg dan dimensi ukuran maksimal A4 dengan alamat tujuan dalam kota. Layanan JNE PELIKAN hanya berlaku pada hari kerja dan saat ini tersedia di lebih 50 outlet di seluruh Indonesia.

PELIKAN menjanjikan waktu pengiriman pada hari yang sama untuk dokumen yang diterima sebelum pukul 11.00, dengan waktu penerimaan dokumen maksimal pukul 24.00. Namun bila dokumen diterima setelah pukul 11.00, maka akan diantar hari berikutnya dengan maksimal waktu penerimaan pukul 12.00. Layanan PELIKAN dapat ditemukan pada outlet JNE yang berlogo khusus PELIKAN. 
Layanan kurir JNE Pelikan.



JENIS LAYANAN PAKET TIKI


TIKI mempunyai beberapa jenis layanan, yaitu :

1. SDS (Same Day Services)

Yaitu layanan pengiriman yang menjanjikan barang diterima pada hari yang sama.
Dilihat dari waktu pengantarannya, layanan SDS TIKI sejenis dengan layanan SS JNE.

2. ONS (Over Night Services)

Sesuai namanya, layanan pengiriman ini menjanjikan waktu pengiriman dalam semalam, yaitu hari ini dikirimkan dan keesokan harinya paket sudah sampai tujuan. Layanan ini sejenis dengan layanan YES dari JNE, tapi kalau JNE berani menjamin uang kembali jika paket tidak sampai tepat waktu, untuk ONS TIKI sejauh yang saya tahu tidak memberikan garansi ongkos kirim kembali jika terjadi keterlambatan dari yang dijanjikan. 

3. TDS (Two Days Services)

Yaitu layanan waktu pengirimanan paket dalam 2 hari untuk tiga di tempat tujuan.

4. HDS (Holiday Delivery Services)

Yaitu layanan pengiriman khusus pada hari libur.

5. REG (Regular)

Yaitu layanan kiriman yang menjangkau seluruh Indonesia hanya dalam waktu kurang dari 7 hari kerja. Yang dimaksud hari kerja adalah minus Minggu/hari besar. Jadi kalau melewati hari Minggu/besar, tidak dihitung waktunya. Dalam praktiknya layanan REG TIKI berkisar antara 3-5 hari untuk tujuan kota Kabupaten.

Berdasarkan jenis layanan tersebut, ongkos kirim yang dikenakan akan meningkatkan seiring dengan pendeknya waktu pengantaran barang. Artinya makin cepat terkirim makin mahal ongkirnya. Dengan mengambil contoh pengiriman dari Surabaya ke Jakarta dengan berat paket 1 kg, perbandingan ongkos kirim untuk tiap jenis layanan paket, baik JNE maupun TIKI bisa dilihat dibawah ini. Data diambil tanggal 25 Juli 2014 berdasarkan hasil cek ongkos kirim online pada website masing-masing perusahaan.


Perbandingan ongkos kirim layanan paket JNE.
Perbandingan ongkos kirim layanan paket TIKI.
Dari perbandingan tersebut dapat diketahui bahwa untuk tarif layanan Regular, ongkos kirimnya sama-sama Rp 12 ribu/kg. Untuk paket ekonomis, TIKI menarik ongkos kirim Rp 48 ribu/5kg pertama, sedangkan JNE dengan paket OKE sebesar Rp 12 ribu/kg atau Rp 60 ribu/5kg, masih murah TIKI Rp 12 ribu.

Untuk jenis layanan "sehari sampai", ongkos kirim YES JNE Rp 24 ribu, sedangkan ONS TIKI Rp 18 ribu. Demikian juga juga layanan "sampai pada hari yang sama", perbedaan tarif diantara keduanya makin melebar. Same Day Services TIKI tarifnya Rp 140 ribu, sedangkan SPS JNE Rp 250 ribu.


Jadi, kecuali tarif Regular yang sama, tarif layanan JNE lebih tinggi daripada TIKI. 
Namun demikian faktor harga bukan satu-satunya faktor penentu dalam bisnis jasa pengiriman, karena masih ada faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu faktor Kepuasan. Tidak ada artinya ongkos kirim murah kalau pelayanannya buruk dan waktu pengirimannya lebih lama dari yang dijanjikan.

Di sini perlu diberikan catatan untuk jenis layanan Regular. Karena jenis layanan ini yang paling dominan di semua perusahaan jasa pengiriman. Layanan Regular setara dengan layanan standar atau biasa, yang secara umum waktu pengirimannya tidak terikat batasan waktu tertentu secara ketat. Sebagai contoh, untuk jarak pengiriman paket antar kota Kabupaten di Pulau Jawa, dengan tarif regular waktu pengirimannya berkisar 3-5 hari. Tapi kalau alamat tujuan paket di Kecamatan luar kota, waktunya akan lebih lama lagi 1-3 hari, tergantung kondisi geografi dan jaraknya. Jadi layanan Regular tidak cocok untuk paket atau dokumen yang kedatangannya sangat urgen atau dibutuhkan segera. Untuk yang terakhir ini harus menggunakan layanan yang lebih cepat, yaitu YES dari JNE atau ONS dari TIKI.


#updated
loading...

29 komentar

Bagi Anda yang ingin mengirim paket dengan jumlah besar ke seluruh kota di Indonesia dengan harga murah dan cepat, Anda bisa menghubungi di nomor 081363489977. Kami dari Senapati Logistics Klaten bisa melayani kiriman paket, dokumen, mobil, motor, pindahan kost/rumah, buku, cairan, barang project. Kami menyediakan fasilitas jemput barang gratis.

Saya kecewa dengan jasa pengiriman tiki reguler,bilangnya 3 hari sampe ini sudah hampir seminggu ga ada juga,saya sangat dirugikan!!

Apakah sudah dilakukan tracking atas resinya? Dari situ kita akan tahu status paket kita, jika posisinya sudah sampai di kota tujuan, Anda bisa berinisiatif menanyakan ke agenTiki setempat. Mungkin akan kendala di kurir yg mengantarkan. Perlu diketahui yang berhak melakukan komplain adalah si Pengirim. Dan waktu pengiriman dihitung berdasarkan hari kerja, Hari Minggu atau hari libur/besar tidak dihitung. Jadi misalnya Anda kirim hari Sabu dan hari Rabu belum datang, ini bisa dimaklumi, karena waktu pengiriman baru jalan 3 hari (Senin, Selasa dan Rabu).

saya punya online shop dan sudah langganan dengan tiki, untuk wilayah jabodetabek lbh murah dr jne dan cepatnya sama kayak jne, untuk pelosok saya prefer pos :)
cek ig olshop saya: villosa.shop_katjep150rb

mau tanya nih kalau pengiriman antar pulau itu butuh berapa hari ya contoh dari samarinda ke surabaya?

Lamanya waktu pengiriman tergantung faktor spt jenis layanan yang digunakan dan lokasi alamat tujuan. Untuk tujuan luar pulau dg layanan regular waktu pengiriman antara 5-7 hari dihitung dr hari kerja.

Silahkan Kunjungi website kami www.JNEPOS.com Info lengkap seputar jasa Expedisi Paket barang di indonesia

SMUA TRGNTNG AGENNYA MSG2 BRO...CR ORG BNR ZMN SKR SSH..AGENNY LGS STOR APA GAK BRGNY K PST APA DIA NAHAN BRG ORG DL AMPE BYK BR D STOR.....kdg ada jg agen itu yg nuker (maling) brg kita ama brg yg laen.....MNRT ANE, KITA HRS TAU DL SISTEM KRJ MRK BR KITA BERKOMENTAR BRO......

ANE BK AGEN TIKI SDH 10TH D BINTARA JAYA TP SLAMA INI GA PRNH ADA MSLH......ATI2 PILIH AGEN ZMN LG SSH BEGINI

Estimasi paket Oke jne itu 5-7 hari atau 3-4 hari? Di posting tertulis 5-7 hari tapi di tabel tertulis 3-4 hari.

3. YES
"Jika barang kiriman tidak terantar...Uang kembali"
Maksudnya... kalau sampai, uangnya di ambil kembali /atau/ saat barang nya tidak sampai, uangnya baru di ambil kembali... ?
Mohon di jawab...

Layanan reguler, termasuk Oke (JNE) adalah layanan pengiriman yang tidak terikat waktu tertentu atau tidak menjanjikan tepat waktu, tapi sebagai patokan, pihak jasa pengiriman biasanya memberi batasan kurang dari 1 minggu untuk tujuan Pulau Jawa. Tentu tetap dengan memperhatikan jarak dan lokasi/alamat tujuan pengiriman. Tapi prinsipnya, setiap perusahaan jasa pengirimanan ingin secepat mungkin menyelesaikan proses pengiriman. Keterlambatan berarti penumpukan barang dan penundaan pengantaran paket dan ini berarti ada cost tambahan yang ditanggung perusahaan.

Sejauh yg saya ketahui, untuk layanan YES JNE ada garansi ongkos kirim dikembalikan jika paket/dokumen tidak sampai pada hari berikutnya. Toleransi keterlambatan penyampaian paket adalah sampai pukul 23.59 keesokan harinya. Jika lewat dari itu dianggap terlambat.

yang penting sih kita harus sabar, barang pasti sampai juga kok, kecuali ada sebab2 lain yang menyebabkan keterlambatan.

Kenapa barang yang saya pesan melalui jasa JNE tanggal 8juli dengan paket yes belum sampai juga hingga tgl 10 Juli ya? 😞

jika benar tg 8 Juli (sehari setelah Lebaran) kantor JNE sudah aktif dan bahkan berani menerima paket YES, sebaiknya Anda melakukan komplain ke agennya. Seminggu setelah lebaran secara umum layanan jasa pengiriman masih belum normal sebagaimana hari-hari kerja biasanya.

Teman saya ingin mengirim barang dari Jakarta ke Magelang. Apakah bisa menggunakan layanan YES, sementara di kota Magelang tidak ada penerbangan langsung?

Jika barang yg dikirim sangat urgen, dalam arti tidak bisa ditunda harus sampai esuk harinya karena akan segera digunakan, saya sarankan jangan berisiko. Meskipun meskipun pihak Agen berani menjamin bisa sampai esok, harus dipahami bahwa tidak berarti paket /dokumen akan diantar kurir pada pagi atau siang harinya. Karena batasan waktunya itu sampai tengah malam. Jadi kalau kurir mengantar pada pukul 10 malam esok harinya itu masih dalam batasan waktu YES.

Sepengetahuan saya, layanan YES tidak harus antar kota yg memiliki penerbangan langsung. Sebagai contoh dari Banyuwangi pun bisa menerima paket YES ke Jakarta asal dikirim ke agen sebelum pukul 11 siang.

Paket saya dibawah kagen Jne Bandung - belopa,sulsel tanggal 13 juli sya tunggu no,resi,a keluar blom ada" jg,tapi trnyata pengiriman baru dilakukan tgl 19 juli smpai & skrg 23 juli paket,a blom sampai.. Mengecewakan.

Umumnya paket yg dikirim 1mg sblm & sesudah lebaran cenderung mengalami keterlambatan pengiriman. Hal ini karena overload paket menjelang lebaran dan belum pulihnya aktivitas pasca lebaran. Saat lebaran semua jasa pengiriman vakum karena pegawai libur dan menyisakan banyak paket yg baru diproses pasca liburan.

Melayani pengiriman KANTOR POS dari SURABAYA.
Hubungi 08123036306
Trims

MIN MINTA TOLONG kenapa barang saya belum dikirim padahal dekeet ko ke sukajadi (BANJARSARI) nih tgl ane kirim 16 September 2016 22.43 WIB

Sebaiknya Anda tanyakan langsung permasalahannya ke agen tempat Anda mengirim paket.

kalo cek resi ada tulisan penerima tidak di kenal ,, itu tida apa2 min ?

Berarti ketika kurir mengantarkan paket ke alamat tujuan, tidak ada orang dengan nama seperti yg tercantum sebagai penerima paket.

Dalam hal ini Anda harus pastikan, apakah tidak ada kesalahan nama penerima di alamat yg dituju?
Jika memang sudah betul, Anda bisa cek agen tempat Anda mengirim paket untuk menanyakan/menjelaskan masalahnya. Anda juga bisa meminta alamat cabang/perwakilan kantor jasa pengiriman di kota tujuan paket, agar orang yang Anda kirimi paket bisa mengambil sendiri paket tersebut.

Biasanya jika ada kasus seperti "penerima tidak dikenal" atau "alamat penerima tidak diketahui", pihak agen di kota tujuan tsb akan menanyakan ke agen dimana paket tsb dikirim. Selanjutnya agen akan meminta konfirmasi pada si pengirim paket ttg masalah tsb.

Maaf mau tanya nich,Gan,,,Kalau untuk layanan reguler dari Demak ke Denpasar,,,transportasi pengirimannya pakai apa,Gan?

Tergantung jasa pengirimannya. Kalau seperti JNE, TIKI dikirim via udara. Tp kalau spt Dakota, Elteha menggunakan angkutan darat.

mas saya mao nanya misalkan dari jakarta barat ke jakata selatan kira" sampai nya cepet ga ya klo pake Paket Pengiriman Reguler ,, mohon blsan nya mas??

Pengiriman dalam kota yg cepat pakai layanan kurir ojek aplikasi spt Gojek.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top